Sponsors Link

8 Efek Tambal Gigi Sementara dan Faktor Penyebabnya

Sponsors Link

Efek tambal gigi sementara adalah bahaya yang mungkin terjadi dan dirasakan oleh penderita, ketika tambalan gigi yang sementara tersebut mengalami kelainan atau kerusakan karena kesalahan perawatan. Tambal gigi sementara adalah salah satu jenis tambal gigi yang diketahui pasti dilakukan oleh dokter gigi untuk menjadi awalan sebelum dilakukannya tambal gigi permanen.

ads

Kondisi tambal gigi sementara ini yang akan menentukan apakah gigi anda sudah siap untuk ditambal permanen. Tidak dapat dengan mudah dokter memutuskan untuk melakukan tambal permanen, sehingga dibutuhkanlah tambal gigi sementara untuk meminimalisir efek bahaya.

Sayangnya, tambal gigi sementara pun tidak terlepas dari resiko efek samping gigi tambalan dan bahayanya. Ada banyak kondisi yang mungkin anda alami karena kesalahan dalam perawatan gigi berlubang yang baru ditambal sementara ini.

Tahukah anda apa saja resiko tersebut? Resiko tersebut kemudian dikenal dengan nama efek tambal gigi sementara. Ketahui informasi mengenai apa saja efek tersebut pada bagian di bawah ini. Selamat mempelajarinya dan semoga anda semakin waspada dalam menjaga kesehatan gigi anda walau sudah ditambal sementara.

Efek Tambal Gigi Sementara

Seperti dijelaskan sebelumnya, diketahui ada beberapa efek dari tambal gigi sementara yang perlu anda ketahui untuk dapat diwaspadai. Sayangnya, informasi ini mungkin sulit untuk anda temukan. Agar memudahkan anda maka berikut ini informasi mengenai apa saja efek dari tambal gigi sementara yang tidak anda rawat dengan tepat. Pelajari beberapa informasi di bawah ini karena setidaknya ketiganya adalah efek yang paling sering terjadi pada penderita gigi berlubang yang ditambal sementara.

  1. Tambal Gigi Sementara Membuat Gigi Tidak Rata

Efek samping gigi ditambal yang pertama diketahui adalah adanya kondisi kelainan pada permukaan gigi yang baru ditambal. Anda yang tidak menjaga tambalan dengan baik diketahui dapat menyebabkan ada bagian tambalan yang lepas. Tambalan yang lepas ini hanya sedikit atau sompel saja. Jadi hal ini membuat gigi anda menjadi tidak rata permukaannya dan anda mengalami kesulitan untuk mengonsumsi makanan lagi selanjutnya.

  1. Tambal Gigi Membuat Gigi Terasa Nyeri

Selanjutnya, efek tambal gigi yang sementara ini yang dapat terlepas ini diketahui dapat membuat gigi berlubang terasa nyeri. Anda sudah mengetahui tentunya bahwa dengan melakukan tambal gigi sementara maka ada resiko tambalan gigi akan lepas. Ada pantangan gigi tambalan sementara agar tambalannya tidak lepas. Lepasnya tambal gigi ini membuat bagian yang tidak tertutup menjadi sarang bakteri. Akhirnya, bakteri tersebut akan menginfeksi dan membuat nyeri terasa di seluruh bagian gigi berlubang tersebut.

  1. Tambal Gigi Membuat Gusi Bengkak dan Berdarah

Saat melakukan tambal gigi sementara tanpa perawatan yang tepat, diketahui bahwa akan terjadi kesulitan dalam memastikan bahwa tambal gigi tidak menyebabkan gangguan pada gusi. Ada banyak kondisi di mana gusi seseorang yang habis melakukan tambal gigi sementara ini dapat bengkak dan berdarah. Gusi bengkak dan berdarah ini terjadi karena tambal gigi mengalami kerusakan dan kemudian membuat adanya penumpukan bakteri di gusi dan menginfeksi gusi. Lama kelamaan gusi yang bengkak dan berdarah ini pun menjadi berbau.

Sponsors Link

5 Faktor yang Menyebabkan Efek Tambal Gigi Sementara

Anda sudah mengetahui apa saja efek yang dapat anda alami akibat dari tambal gigi sementara tersebut. Tentunya berikutnya anda perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan hal itu dapat terjadi pada anda. Penyebab dari efek ini dapat anda ketahui untuk anda gunakan sebagai informasi pencegahan. Hindari berbagai penyebabnya berikut ini untuk membuat anda tidak terkena efek dari tambal gigi sementara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

ads

  • Tambal Gigi Lepas karena Konsumsi Daging

Anda perlu berhati hati dalam mengonsumsi daging setelah melakukan tambal gigi sementara. Seperti diketahui jenis bahan tambal gigi sementara adalah semen halus. Jadi jika terlalu kuat mengunyah daging atau menarik daging, maka mungkin saja lepas.

  • Tambal Gigi Infeksi karena Dipegang Menggunakan Jemari

Anda juga dapat mengalami masalah dari tambal gigi sementara ini ketika anda seringkali menggunakan jari untuk menyentuhnya. Jari anda sangat mungkin kotor dan membuat gigi mengalami infeksi akibat bakteri yang masuk.

  • Tambal Gigi Retak dan Cepat Rusak

Jika anda tidak berhati hati menjaga kesehatan tambalan anda, maka mungkin saja tambal gigi ini dapat retak. Keretakan tambal gigi ini kemudian akan membuatnya cepat rusak. Jika sudah rusak, maka tidak menunggu waktu lama tambal gigi pun akan lepas sepenuhnya.

  • Tambal Gigi yang Sakit karena Akar Gigi yang Sensitif

Ketahui bahwa gigi yang sakit setelah tambal gigi bisa dipengaruhi oleh akar gigi anda yang tergolong sensitif. Gigi dengan akar gigi sensitif ini dapat mengalami kesulitan untuk digunakan khususnya ketika baru saja dilakukan penambalan gigi. Jadi berhati hatilah dengan kondisi penyebab akar gigi rusak, yang salah satunya adalah tambal gigi.

  • Tambal Gigi Sakit karena Alergi Bahan

Terakhir, faktor yang menyebabkan gigi anda sakit karena tambalan gigi adalah karena anda alergi dengan bahan tambalan. Anda pun akan mengalami pembengkakan gusi dan mulut. Akhirnya, anda pun akan menderita karena rasa sakitnya.

Itulah tadi informasi mengenai efek tambal gigi sementara yang seringkali dikeluhkan oleh para penderita gigi berlubang. Hal inilah juga yang mungkin membuat anda menjadi enggan untuk melakukan tambal gigi sebelumnya. Tapi anda tidak perlu merasaka panik lagi sekarang. Cobalah anda mulai dari sekarang melakukan pencegahan gigi berlubang jika memang memungkinkan.

Namun jika sudah terlanjur berlubang, anda penting untuk melakukan upaya penambalan secepatnya. Jangan ragu karena akan menimbulkan efek samping. Asalkan anda tidak melakukan hal hal yang membuat tambal gigi lepas maka tambal gigi tidak akan menimbulkan bahaya apapun.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini