Email Gigi : Penyebab Kerusakan dan Cara Perawatannya

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang senantiasa setia memberikan ulasan demi usalan menarik buat anda semua melalui artikel dengan berbagai pembahasan yang berbeda satu dengan yang lainnya dan tentunya bisa memberikan tambahan informasi buat anda. Penulis juga berharap kebiasaan membaca ini bisa anda tularkan kepada rekan – rekan dan orang – orang yang ada di sekitar anda ya sobat.

Oke sobat semua, agak berbeda dengan pembahasan yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan seputar kesehatan gigi buat sobat semua. Jika berbicara menegnai gigi, tentunya hak ini sangatlah penting peranannya dan bisa dikatakan tergolong vital, terutama fungsinya dalam proses pencernaan. Dimana gigi ini akan berfungsi sebagai komponen pertama yang mengolah makanana dalam mulut sebelumnya nanti diteruskan ke proses pencernaan selanjutnya.

Adapun gigi tersebut terdiri atas beberapa bagian atau lapisan. Salah satu lapisan yang memang lapisan terluar disebut dengan email gigi. Tentunya sobat semua sudah tidak asing lagi dengan email gigi ini ya sobat. Email gigi meruapkan lapisan terluar gigi yang tipis namun keras yang menutupi lapisan dentin pada gigi atau bagian utama dari gigi.

Email gigi ini sendiri, melindungi gigi secara keseluruhan dari suhu yang terlalu panas atau suhu yang terlalu dingin dari kerusakan akibat penggunaan sehari – hari. Karena berfungsi sebagai pelindung gigi, maka tidak jarang email gigi ini menjadi rusak atau terkikis. Adapun penyebab terkikisnya atau rusaknya email gigi ini terdiri atas beberapa faktor.

Apabila email gigi ini sudah mengalami kerusakan, maka bagian atau lapisan gigi yang lain nantinya akan rentan dengan berbagai kerusakan karena bagian atau lapisan pelindung gigi tersebut yakni email gigi sudah mengalmai kerusakan.

Jika sudah mengalami kerusakan, maka fungsinya sebagai pelindung gigi tidak akan bisa maksimal. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kerusakan email gigi tersebut beserta cara mengatasinya, ada baiknya sobat menyimak ulasan berikut ini. Yuk sobat langsung saja kita simak dengan seksama.

Penyebab Kerusakan Email Gigi

Adapun faktor penyebab kerusakan email gigi antara lain adalah sebagai berikut :

1. Makanan Atau Minuman Yang Terlalu Asam

Faktor penyebab kerusakan email gigi yang pertama adalah karena makanan atau minuman yang asam. Nah sobat, bagi anda yang sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam berlebih, sebaiknya mulai sekarang dikurangi ya sobat karena zat asam tersebut bisa membuat erosi pada email gigi anda yang nantinya akan merusak email gigi anda secara keseluruhan.

2. Makanan atau Minuman Yang Mengandung Gula Berlebih

Faktor penyebab kerusakan email gigi yang kedua adalah karena makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih. Zat gula yang belebih yang terdapat pada makanan atau minuman anda juga akan turut serta merusak email gigi anda sobat, apalagi pada saat setelah mengonsumsi makanan aau minuman tersebut anda tidak gosok gigi, nah pada saat itulah bakteri akan dengan mudah berekasi untuk merusak enamel gigi anda. Ingat pentingnya menggosok gigi wajib anda perhatikan sobat, jangan sampai anda meremehkannya.

3. Kebiasaan Merokok

Faktor penyebab kerusakan email gigi yang ketiga adalah karena kebiasaan merokok. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, di dalam rokok terdapat zat yang bukan hanya berbahaya pada gigi anda namun berbahaya pada semua aspek dalam tubuh anda, zat yang dimaksud adalah zat nikotin.

Zat nikotin ini adalah salah satu senyawa yang bsa mengikis lapisan email gigi anda sobat, sehingga sudah tidak dipungkiri orang yang merokok pada umumnya email giginya sudah rusak yang sering diikuti oleh perubahan warna gigi yang seolah kuning atau kecoklatan.

4. Terlalu Sering Melakukan Perawatan Gigi Dengan Obat Kimia

Faktor penyebab kerusakan gigi yang keempat adalah karena terlalu sering melakukan perawatan gigi dengan obat kimia. Jika anda melakukan perawatan dengan bahan kimia tentunya hasilnya memang langsung bisa kelihatan membuat gigi anda menjadi putih bersih.

Namun dibalik itu sobat, hal tersebut bila terlalu sering dilakukan akan berdampak buruk pada gigi anda. Salah satunya adalah merusak email gigi anda dan bahkan gigi rapuh tidak bisa dihindari. Untuk itu jangan terlalu sering mengguakan bahan kimia pada gigi anda ya sobat.

Cara Perawatan Email Gigi

Adapun cara perawatan email gigi antara lain adalah sebaai berikut :

  • Gunakan Pasta Gigi Berfluroida

Cara perawatan email gigi yang pertama adalah guankanlah pasta gigi yang mengandung fluoride . Gosoklah gigi anda paling sedikit duda kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yan mengandung fluorida. Zat fluorida yang terdapat pada pasta gigi dapat membuat gigi anda lebih tahan terhadap zat asam yang datang dari makanan atau minuman yang anda konsumsi. Untuk itu pastikan anda menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride ini ya sobat.

  • Berkumur Dengan Obat Kumur Fluroida

Cara perawatan email gigi yang kedua adalah berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluroida. Setelah anda sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluroida sobat, maka sebaiknya akhiri dengan berkumur mengguakan obat kumur yang mengandung fluroida juga.

Hal ini perlu anda lakukan karena pada umumnya jika hanya mengguankan sikat gigi kebersihannya tidak akan makasimal karena tidak menjangkau area yang sulit dijangkau. Untuk itu gunakanlah obat kumur fluroida juga ya sobat.

  • Konsumsi Sayur Dan Buah Segar

Cara perawatan email gigi yang ketiga adalah dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah segar. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sayur dan buha segar sangat kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan  mulut dan salah satunya adalah email gigi anda. Untuk itu sebisa mungkin setiap hari anda harus konsumsi buah dan sayur segar ya sobat. Mengingat bahwa manfaat vitamin c untuk gigi sangatlah baik.

  • Berhentilah Merokok

Cara perawatan email gigi yang keempat adalah dengan berhenti dari kebiasaan buruk anda, yaitu merokok. Zat nikotin yang ada dalam rokok akan mengikis lapisan email gigi anda, sehingga membuat email tersebut mengalami erosi. Untuk itu berhentilah merokok ya sobat. Karena merokok merupakan kebiasaan yang membuat gigi kuning dan bisa memicu radang gusi berkepanjangan.

Itulah informasi mengenai email gigi yang bisa penulis share buat anda semua. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa, salam hangat selalu  sobat. Salam hangat selalu dari penulis.