Enamel Gigi : Penyebab, Pencegahan dan Cara Perawatannya

Hello guys, jika berbicara mengenai gigi tentunya kita semua tau ya sobat bahwasanya komponen atau bagian dari mulut yang satu ini merupakan komponen yang sangat penting fungsinya dalam tubuh kita. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila terdapat suatu masalah dalam gigi anda akan berpotensi membuat fungsi bagian tubuh anda yang lainnya akan bermasalah tentunya.

Fungsi gigi ini dikatakan cukup berperan penting karena memang gigi ini merupakan salah satu komponen pencernaan yang pertama kalinya menyentuh dan mengolah makaanan sebelum nantinya akan dilanjutkan ke proses atau sistem pencernaan yang selanjutnya.

Bisa anda bayangkan ya sobat apabila gigi anda sudah tidak berfungsi secara maksimal maka bagian tubuh anda atau anggota pencernaan anda tentunya akan membutuhkan tenaga yang lebih keras untuk bisa mengolah makanan tersebut sebagaimana mestinya.

Tidah hanya itu sobat, satu hal yang perlu anda ketahui dari keberadaan gigi ini, bahwasanya gigi ini juga memiliki peran penting untuk mengukir indahnya senyuman di wajah anda. Hal ini boleh anda bukaitkan ya sobat, coba anda bayangkan atau perhatikan senyum seseorang yang memiliki gigi yang putih dan bersih dan bandingkan dengan senyum yang giginya berlobang, jorok atau yang lain sebagainya, pasti akan sangat berbeda. Nah sobat semua, bagaimana dengan anda? Silahkan diperhatikan sendiri ya sobat.

Oke sobat semua adapun yang akan menjadi pembahasan atau materi yang akan kita kaji pada kesempatan kali ini yaitu mengenai enamel gigi. Sobat semua tentunya sudah paham ya sobat akan lapisan gigi yang satu ini. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya enamel gigi ini merupakan lapisan terluar dari gigi yang berfungsi secara khusus untuk melindungi semua lapisan atau struktur gigi tersebut.

Atau dengan kata lain enamel gigi ini merupakan materi tipis dan keras yang menutupi dentin gigi, atau badan utaman gigi. Enamel gigi ini melindungi gigi dari suhu yang terlalu panas ataupun yang terlalu dingin atau kerusakan yang diakibatkan oleh oenggunaan gigi sehari –  hari yang bisa mengikis enamel gigi tersebut hingga mengalami erosi.

Nah sobat semua, karena tergolong bagian atau struktur gigi yang penting, oleh sebab itu sudha seayaknya kita untuk menjaga kesehatan enamel gigi tersebut. Karena seyogianya enamel gigi ini sangat rentan sekali dengan kerusakan. Untuk lebih jelasnya mengenai enamel gigi tersebut, berikut ulasannya untuk anda.

Penyebab Kerusakan Enamel Gigi

Adapun beberapa penyebab kerusakan enamel gigi antara lain adalah sebagai berikut .

1. Makanan Atau Minuman Yang Terlalu Panas

Penyebab kerusakan enamel gigi yang pertama adalah karena terlalu sering makan atau minum yang panas. Sering kali tanpa kita sadari pada saat akan makan atau minum yang panas, kita tidak ingat atau mungkin bahkan tidak atau bahwasanya hal tersebut bisa membuat enamel gigi anda mengalami kerusakan karena paparan yang panas tersebut terhadap permukaan yang seyogianya adalah enamel gigi anda.

2. Makanan Atau Minuman Yang Terlalu Asam

Penyebab kerusakan enamel gigi yang kedua adalah karena makanan atau minuman yang terlalu asam. Zat asam yang terlalu sering adan konsumsi tanpa anda sadari ternyata juga tidak baik buat kesehatan enamel gigi anda sobat. Hal ini dikarenakan zat yang terdapat pada rasa asam tersebut bisa membuat enamel gigi anda mengalami erosi yang tentunya lama kelamaan akan membuat enamel gigi anda akan rusak.

3. Kebiasaan Buruk Merokok

Penyebab kerusakan enamel gigi yang ketiga adalah karena kebiasaan anda merokok. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya zat nikotin yang terdapat apda rokok bukan haya merusak bagian gigi anda, namun akan merusak semua organ tubuh anda secara keseluruhan. Zat nikotin tersebut bisa merusak enamel gigi anda yang biasanya mengalami perubahan warna pada gigi tersebut.

4. Karena Perawatan Gigi Yang Terlalu Sering

Penyebab kerusakan enamel gigi yang keempat adalah karena anda terlalu sering melakukan perawatan gigi. Pada saat anda melakukan perawatan gigi, hasilnya memang langsung kelihatan dan memang terlihat memuaskan. Namun satu hal yang harus anda ketahui, bahwasanya  apabila anda melakuakn perawatan dengan menggunakan bahan kimia terlalu sering, maka hal ini kan berpotensi untuk merusak enamel gigi anda.

Cara Pencegahan Kerusakan Enamel Gigi

Adapun cara pencegahan yang bisa anda lakukan untuk mencegah kerusakan enamel gigi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Konsumsi Sayur dan Buah Segar

Cara pencegahan kerusakan enamel gigi yang pertama adalah dengan rajin mengnsumsi buah dan sayur yang segar. Hal ini anda lakukan bukan hanya menjaga enamel gigi anda agar tetap sehat, namun untuk menjaga mulut, gigi dan gusi anda secara keseluruhan dari penyakit mulut yang mungkin saja menyerang kesehatan mulut anda.

  • Gunakan Pasta Gigi Berfluroida

Cara pencegahan kerusakan enamel gigi yang kedua adalah dengan menggunakan pasta gigi berfluroida. Pastikan anda menyikat gigi anda paling sedikit dua kali dalam satu hari dan sebelum mau tidur ya sobat. Zat fluroida yang terdapt pada pasta gigi yang anda gunakan bisa membuat enamel gigi anda lebih kuat dan sehat.

  • Berhentilah Merokok

Cara pencegahan kerusakan enamel gigi yang ketiga adalah dengan menghentikan kebiasaan buruk anda yaitu merokok. Jika anda terus menerus merokok, itu sama saja artinya dengan anda membuat atau merusak enamel gigi anda secara terus menerus pula. Bahkan bukan Cuma enamel gigi anda saja sobat, namun hal ini akan merusak serta membuat gigi anda keropos nantinya.

Cara Perawatan Enamel Gigi

Cara perawatan enamel gigi antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan Gel Fluroida,Gel fluroida ini bisa memperkuat enamel gigi anda serat bisa mengurangi resiko terjadinya gigi keropos atau berlobang.
  • Kunjungilah dokter gigi anda, agar dokter bisa melakuakn tindakan perbaikan terhadap menamel gigi anda yang sudah rusak.

Sekian informasi mengenai enamel gigi yang bisa penulis sajkan buat sobat semua dalam postinagn kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis