Sponsors Link

Penyebab Erosi Gigi, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Erosi gigi atau dalam bahasa Inggris disebut dengan dental erosion merupakan peristiwa terkikisnya enamel gigi yang terjadi karena asam. Enamel merupakan lapisan keras pelindung gigi yang melindungi dentin gigi bersifat sensitif. Jika enamel sampai terkikis, maka dentin di bawahnya akan terekspos yang kemudian menimbulkan rasa sakit dan sensitivitas. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan apa saja yang menjadi penyebab erosi gigi, gejala dan juga pengobatan selengkapnya sebagai tambahan informasi anda.

ads

Penyebab Erosi Gigi

Erosi gigi yang merupakan salah satu dari jenis jenis penyakit gigi bisa disebabkan karena banyak hal. Beberapa diantaranya adalah:

  • Mengkonsumsi minuman dari buah sebab beberapa asam pada minuman dari buah bersifat lebih erosif dibandingkan asam baterai.
  • Asam lambung.
  • Gangguan pencernaan.
  • Genetik atau faktor keturunan.
  • Makanan yang tinggi akan gula dan pati.
  • Mulut kering atau air liur sedikit yang disebut dengan xerostomia.
  • Obat obatan seperti aspirin dan antihistamin.
  • Faktor lingkungan seperti keausan, gesekan, korosi dan stres.

Tanda dan Gejala Erosi Gigi

Salah satu tanda dari erosi gigi adalah terkikisnya permukaan gigi yang menyebabkan tampilan halus dan berkilau. Dental erosion juga bisa menyebabkan akar gigi yang terekspos atau dentin gigi menjadi sensitif terhadap panas dan juga dingin.

Tanda tanda dari erosi gigi di bagian belakang gigi diantaranya depresi yang terbentuk pada permukaan penggigit gigi. Selain itu, tambalan bisa jadi menonjol jika permukaan gigi sekitar terkikis karena erosi. Jika enamel terkikis, maka gigi akan lebih rentan terhadap lubang atau kerusakan. Jika kerusakan gigi sudah sampai mempengaruhi enamel, maka kerusakan bisa memasuki bagian utama dari gigi.

Lubang kecil kemungkinan tidak akan menyebabkan masalah pada awalnya. Akan tetapi setelah lubang berkembang dan memasuki gigi, maka lubang bisa mempengaruhi saraf saraf kecil yang kemudian menyebabkan penyakit abses gigi atau infeksi gigi yang akan terasa sangat menyakitkan. Kemungkinan, ada juga tanda dan gejala erosi gigi yang tidak disebutkan di atas. Jika memang anda khawatir memiliki gejala tertentu, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter gigi anda.

Pengobatan Erosi Gigi

Apabila anda mengalami rasa sakit atau ngilu ketika makan, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meringankan rasa sakit tersebut, seperti:

  • Berkumur dengan air hangat untuk mengeluarkan sisa makanan yang masih menyangkut pada lubang. Selain itu, gunakan juga dental floss atau flossing gigi untuk mengangkat makanan yang tersangkut pada lubang atau pada sela sela gigi anda.
  • Jangan meletakkan aspirin pada gigi yang sedang sakit atau jaringan gusi karena bisa berbahaya.

Kapan Harus Periksa?

Anda sesegera mungkin harus berkunjung ke dokter gigi apabila mengalami kondisi abnormal pada gigi atau beberapa tanda dan gejala yang sudah disebutkan di atas.

Pencegahan Erosi Gigi

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk melindungi enamel gigi sekaligus mencegah erosi. Beberapa cara pencegahan tersebut diantaranya adalah:

  • Mengkonsumsi makanan dan minuman asam serta minuman bersoda hanya pada saat makan sebab bisa mengurangi jumlah serangan asam pada gigi.
  • Minum dengan cepat tanpa harus menahan minuman di mulut atau berkumur.
  • Gunakan sedotan untuk membantu mengantarkan minuman ke belakang mulut dan hindari kontak panjang dengan gigi.
    Sponsors Link

  • Akhiri makan dengan keju atau susu supaya bisa mengatasi asam.
  • Kunyah permen karet bebas gula sesudah makan yang bisa membantu produksi air liur untuk membilas asam yang terbentuk pada mulut sesudah makan.
  • Tunggu sekitar 1 jam sesudah mengkonsumsi makanan atau minuman asam sebelum dilanjutkan dengan menyikat gigi untuk memberi waktu pada gigi membangun kandungan mineralnya kembali.
  • Sikat gigi sebanyak dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride serta pakai sikat gigi yang memiliki kepala kecil serta bulu halus hingga sedang.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini