Sponsors Link

Erupsi Gigi Permanen – Gejala – Proses – Faktor – Tahapan

Sponsors Link

Anda pernah mengalami gejala erupsi gigi ?, bagi sebagian Anda mungkin masih awam dengan erupsi gigi. Sebenarnya erupsi gigi merupakan suatu proses dari rangkaian lingkaran tumbuh kembang gigi, terdiri atas beberapa fase inisiasi, proliferasi, kalsifikasi, dan juga erupsi. Contoh salah satu kasus pada kelainan gigi fusion penyebab dan pengobatan.

ads

Contoh kejadiannya pada gigi sulung apabila sesudah erupsi akan diikuti dengan proses eksfoliasi, sedangkan pada gigi permanen erupsi merupakan fase terakhir. Erupsi merupakan salah satu indikasi pertumbuhan dan perkembangan gigi. Pengetahuan mengenai erupsi gigi normal sangatlah penting untuk mengetahui apakah proses keterlambatan atau percepatan erupsi gigi itu disebabkan oleh faktor lokal atau genetik atau faktor lainnya. Berikut masalah pada kelainan gigi pada kelinci penyebab dan pengobatannya.

Untuk mengetahui sejauh apa erupsi gigi permanen dapat terjadi dan timbul pada Anda, berikut beberapa penjelasannya :

Gigi Permanen

Gigi permanen hampir sama atau mirip dengan gigi sulung, namun gigi permanen memiliki jumlah sebanyak 32 gigi. Dimana terdiri dari,  yaitu 16 gigi pada mandibula dan 16 gigi lainnya pada maksila. Pada masa pertumbuhan gigi sulung mengalami pergantian menjadi gigi permanen dan mengalami proses pertambahan gigi disamping atau kaninus yaitu gigi premolar dan gigi molar ke tiga. Contoh dari kasus kelainan gigi akibat pertumbuhan dan perkembangan paling fatal.

Fungsi gigi premolar untuk menghancurkan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil sebelum proses pengunyahan dilakukan oleh gigi molar. Pada proses eruspsi setelah premolar gigi molar yang pertama, kedua dan ketiga juga akan mulai erupsi. Hal ini secara alami akan terjadi pada siapapun termasuk Anda. Kasus dari kelainan gigi pada anak Down Syndrome penyebab dan cara pengobatan.

Proses Erupsi Gigi Permanen

Umumnya pembentukan dan proses erupsi yaitu sekitar umur 6 tahun, pada gigi molar tetap pertama mulai tumbuh atau proses erupsi pada rahang atas dan bawah. Jadi sekitar umur 6 sampai 12 tahun anak-anak akan mempunyai gigi geligi yaitu campuran antara gigi susu dan gigi tetap. Setelah mencapai umur 12 tahun ke atas kebanyakan dari anak-anak telah mempunyai semua gigi tetap, kecuali gigi geraham bungsu. Penyebab salah satu kelainan gigi geraham gejala dan pengobatan.

Gigi permanen yang pertama erupsi ialah gigi m1, yang posisinya dari gigi m2, pada usia 6 tahun. Gigi ini adalah gigi yang terbesar di antara gigi geligi susu, dan proses gigi ini baru akan mengalami erupsi setelah pertumbuhan dan perkembangan rahang sudah cukup dalam memberi tempat untuk gigi tersebut.

Gigi susu harus tetap dipertahankan karena merupakan penuntun proses erupsi bagi gigi permanen. Jika gigi susu copot sebelum waktunya, maka gigi geligi akan bergeser mengisi sebagian area yang kosong. Akibatnya, gigi tumbuh tidak pada tempatnya alias bertumpuk dan berantakan. Berikut contoh gigi depan keropos dan patah penyebab dan pencegahannya.

Proses rrupsi gigi permanen umumnya terjadi antara usia 5 sampai 13 tahun kecuali gigi permanen molar  tiga dapat erupsi antara 17 sampai 21 tahun. Dan juga seiring dengan faktor pertumbuhan dan perkembangan pubertas dari masa remaja.

Sponsors Link

Faktor Yang Mempengaruhi Erupsi Gigi Permanen

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan erupsi pada gigi permanen Anda, berikut ini beberapa faktor pencetusnya :

  • Akibat pernah kehilangan ruangan akibat tanggal dini gigi susu.
  • Posisi gigi abnormal, umumnya ditemukan pada gigi molar ketiga.
  • Posisi gigi berjejal sehingga ruang yang tidak cukup merupakan faktor penyebab umum dari keterlambatan erupsi gigi, terutama gigi molar tiga.
    ads
  • Pertumbuhan gigi yang berlebih yang menempati ruang untuk gigi normal.
  • Adanya kista yang menyebabkan pergeseran dan mencegah gigi untuk erupsi. Contoh dari manfaat kalsium terhadap kesehatan gigi yang wajib diketahui untuk gigi erupsi.
  • Adanya faktor retensi pada gigi susu.
  • Proses resorbsi akar gigi sulung yang lambat akibat infeksi.

Tahapan Perkembangan Gigi Erupsi

Ada beberapa tahapan perkembangan gigi erupsi, antaranya yaitu seperti penjelasan di bawah ini :

  • Tahap inisiasi merupakan tahap permulaan terbentuknya benih gigi pada lapisan basal dari epitel mulut. Hasilnya merupakan lapisan epitel yang menebal di  lengkung gigi. Dalam tahap ini terjadi penebalan jaringan ektodermal, merupakan gambaran pertama dari perkembangan gigi.
  • Tahap proliferasi adalah proses dimana proyeksi dari lamina gigi meluas sampai ke dasar mesenkim pada tempat khusus dan membentuk gigi primer. Sel-sel mesenkim yang berada di daerah sekeliling organ gigi dan papila gigi akan memadat yang disebut kantong gigi. Salah satu penyebab gigi cepat rusak dan tidak kuat pengobatan dan pencegahannya.
  • Tahap histodiferensiasi adalah rangkaian proses perubahan bentuk dari organ enamel yang khas untuk gigi susu dan gigi tetap. Pada tahap ini terjadi diferensiasi seluler pada gigi.
  • Tahap morfologi merupakan bentuk dasar dan ukuran relatif dari gigi yang akan dibentuk pada tahap morfodiferensiasi. Sel pembentuk pada gigi tersusun sedemikian rupa dan dipersiapkan untuk menghasilkan bentuk dan ukuran gigi berikutnya. Salah satu masalah pada kelainan struktur gigi penyebab dan pengobatannya.
  • Tahap aposisi adalah pengendapan dari struktur jaringan keras gigi. Pertumbuhan aposisi dari enamel dan dentin adalah pengendapan yang berlapis-lapis dan ditandai oleh pengendapan yang teratur dan berirama untuk pertumbuhan gigi yang akan datang.
  • Tahap kalsifikasi adalah suatu tahap pengendapan dimulai di dalam matriks dari satu bagian ke bagian lainnya. Tahap ini tidak sama pada setiap individu, dipengaruhi karena faktor genetik atau keturunan sehingga mempengaruhi pola kalsifikasi, bentuk mahkota dan komposisi gigi.
  • Tahap erupsi gigi merupakan suatu proses yang berkesinambungan dimulai dari awal pembentukan melalui beberapa tahap gigi sampai gigi muncul ke rongga mulut. Ada dua jenis fase yang penting dalam proses erupsi gigi, yaitu erupsi aktif yaitu adalah pergerakan gigi yang didominasi oleh gerakan ke arah vertikal. Dan Fase pasif adalah pergerakan gusi ke arah apeks yang berdampak mahkota bertambah panjang dan akar klinis bertambah pendek. Penyebab pada kelainan gigi pada pasien Osteogenesis Imperfecta yang wajib diketahui.

Sekian penjelasan mengenai erupsi gigi permanen, semoga menjadi manfaat untuk Anda untuk menambah referensi mengenai proses dari erupsi gigi permanen.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi