Sponsors Link

6 Faktor Yang Mempengaruhi Erupsi Gigi (#Wajib Tahu)

Sponsors Link

Erupsi gigi atau yang umum diketahui dengan adanya pertumbuhan dari gigi geligi ini adalah salah satu hal yang akan dialami oreh seseorang seperti faktor genetika. Karena manusia memiliki 20 buah gigi desidui dan 32 gigi permanen yang akan berkembang dari sebuah interaksi dari sel bawah mensenkim dan sel epitel dari rongga mulut. Dan berikut akan kita bahas beberapa faktor yang mempengaruhi erupsi gigi seperti gusi sensitif.

ads

1. Genetika

Gen memainkan peran penting dalam berbagai faktor perkembangan, termasuk erupsi gigi. Beberapa gen anak-anak mungkin mengatakan gigi permanen mereka untuk datang lebih lambat dari anak-anak lain seperti efek tambal gigi sementara. Jika Anda mulai kehilangan gigi bayi terlambat dibandingkan dengan teman sebaya Anda, kemungkinan besar anak Anda juga akan baik.

2. Nutrisi

Gigi anak-anak yang kekurangan gizi maka giginya akan lebih lama mengalami peluruhan lebih lambat dari anak-anak mereka. Di dunia industri, mayoritas anak-anak cukup diberi makan untuk berkembang secara normal. Namun, jika anak Anda adalah pemakan yang sangat pemilih, status nutrisinya dapat mempengaruhi perkembangan gigi permanen.

Faktor sosial ekonomi juga berperan dalam perkembangan gigi. Anak-anak dari orang tua yang miskin cenderung mengembangkan gigi lebih lambat daripada anak-anak dari kelas menengah dan orang tua yang kaya. Ini mungkin karena perbedaan halus dalam kualitas nutrisi, racun lingkungan dan stres seperti bahaya akar gigi yang tertinggal.

3. Jenis kelamin

Kebanyakan orangtua tahu bahwa anak perempuan mulai berbicara dan memasuki masa pubertas lebih cepat daripada anak laki-laki. Gadis juga mengembangkan gigi permanen sedikit lebih awal daripada anak laki-laki. Rata-rata, perempuan mulai kehilangan gigi bayi empat hingga enam bulan lebih awal daripada anak laki-laki seperti faktor genetika.

4. Ukuran badan

Anak-anak yang lebih besar cenderung mengembangkan gigi lebih awal daripada anak-anak yang lebih kecil. Selain itu, bayi yang lahir prematur atau kecil untuk usia kehamilan mereka mengembangkan gigi permanen lebih lambat dari rekan-rekan mereka.

5. Penyakit

Dalam kasus yang jarang terjadi, erupsi gigi yang tertunda dapat memberikan indikasi pertama bahwa seorang anak sakit. Faktor hormonal memainkan peran yang kuat dalam perkembangan gigi, sehingga anak-anak dengan masalah hipofisis atau tiroid sering mengembangkan gigi terlambat.

Malformasi rahang dan defisiensi mineral juga dapat menunda erupsi gigi. Orangtua tidak boleh khawatir tentang seorang anak yang mengembangkan gigi sedikit lebih lambat daripada anak-anaknya. Namun, jika anak Anda belum mulai kehilangan gigi bayi pada usia 7 atau 8 tahun, konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Sponsors Link

6. Karies

Adanya faktor yang mempengaruhi erupsi gigi seperti karies juga akan menyebabkan anak-anak mengalami masalah dalam peluruhan gigi mereka. Dimana karies ini akan menyebabkan adanya masalah erupsi gigi yang meningkat kepada rang yang mendapatkan penyakit tersebut. Inilah mengapa penting dalam mebersihkan gigi anak.

Demikianlah beberapa faktor yang mempengaruhi erupsi gigi yang bisa diketahui dan menjadi hal yang perlu diperhatikan para orang tua untuk sebuah tanda peringatan. Gunakan bantuan dokter gigi jika mendapatrkan masalah yang lebih lanjut dan dapatkan bantuan medis.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi