Flossing Gigi : Manfaat, Efek Samping Jangka Pendek dan Panjang

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, gigi merupakan salah satu piranti atau asset penting yang ada dalam tubuh kita yang sudah seharusnya  kita rawat dan jaga kebersihan dan kesehatannya . Setuju ya sobat? Gigi ini memiliki peran yang cukup penting khususnya pada sistem pencernaan, dimana gigi ini berperan penting dalam proses pengolahan makanan di dalam mulut sebelum nanti akan di proses lebih lanjut ke sistem pencernaan berikutnya.

Selain itu sobat, fungsi lain yang tidak kalah penting dari fungsi tersebut, ada manfaat lain dari gigi tersebut, yakni untuk memperindah senyuman yang ada di dalam wajah anda. Dimana dengan adanya gigi yang indah, putih bersih dan rapih akan mendukung cantik dan indahnya senyum anda.

Oleh karena peranan gigi yang sangat penting tersebut sobat, maka tidak jarang diantara kita yang seral menghabiskan sejumlah uang demi mendapatkan gigi yang sehat serta gigi yang putih, bersih dan rapih. Salah satu perawatan yang sering dilakukan untuk mendapatkan gigi dambaan adalah dengan rajin melakukan flossing gigi.

Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar atau bahkan melakukan flossing ini sobat. Jika belum, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena penulis akan menjelaskannya secara terperinci buat sobat semua. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan flossing adalah sebuah metode yang digunakan untuk membersihkan gigi dengan menggunakan sepotong benang tipis yang disisipkan diantara gigi yang satu dengan yang lainnya. Namun sobat, tali atau benang yang digunakan ini bukanah sembarang benang atau tali, melainkan tali atau benang yang dibuat khusus yang bertekstur lembut dan halus dan memang khusus untuk gigi.

Dengan menggunkan teknik flossing ini, maka kotoran atau sisa makanan yang etrdapt di dalam gigi atau di sela –  sela gigi khususnya, bisa tersapu oleh tali ini baik ke atas maupun ke bawah permukaan gigi tersebut. Adapun gerakan flossing ini diarahkan untuk memindahkan partikel kotoran dan makanan yang tersisa di dalam gigi dan dibawa keluar melalui tali flossing gigi tersebut.

Pada umumnya kativitas fossing ini bisa membersihkan sela –  sela gigi mencapai tingkat efektivitas hingga 40 % dalam perannnya membunuh bakteri atau kuman yang teradapa di dalam gigi ataupun di dalam sela – sela gigi tersebut yang nantinya apabila tidak dibersihkan akan menimbulkan plak pada gigi serta karang gigi yang bisa merusak penamilan gigi anda juga kesehatan gigi anda tentunya. Selain itu plak yang menumpuk tersebut juga dapat mengakibatkan radang gusi atau iritasi pada gusi anda.

Manfaat Flossing Gigi

Adapun manfaat dari flossing gigi antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Terbentuknya Tartar Pada Gigi

Ketika sisa makanan menempel dan menumpuk pada gigi, biasanya kita akan menyebutnya dengan nama plak. Namun ketika plak tersebut tidak segera dihilangkan dari gigi anda, nantinya plak tersebut akan berubah menjadi semakin menumpuk dan mengeras. Seperti halnya karang gigi sobat, cara mencegah karang gigi bisa dilakukan sejak dini

Karang yang terlalu keras inilah yang disebut dengan tartar. Tartar ini bersifat keras dan sulit untuk dihilangkan dari gigi karena berasal dari tumpukan plak demi plak yang tidak dibersihkan. Nah sobat, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tartar tersebut adalah dengan menggunakan flossing. Namun ada juga yang senang menggunkan implan gigi. Tetap saja anda wajib mempertimbangkannya terlebih dahulu. Karena implan gigi pun tidak sepenuhnya baik.

2. Mencegah Gigi Berlubang

Alasan terbesar adanya gigi berlubang diakibatkan oleh sisa makanan yang menempel pada sela – sela gigi. Nah sobat semua, untuk menghindari hal ini lakukanlah teknik flossing agar sisa makanan tersebut bisa hilang dan tidak membuat gigi berlubang berdarah dan bau. Untuk memaksimalkannya ya tetap anda wajib menjaga kebersihan sobat.

3. Mencegah Bau Mulut

Ketika makanan tersisa di dalam gigi atau mulut, makanan tersebut tanpa kita sadari akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap akan kelaur dari mulut anda. Hal seperti inilah yang seirng menyebabkan bau mulut seseorang tidak sedap. Oleh karena itu lakukanlah teknik flossing ini untuk menghindari bau mulut tersebut. Flossing bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut akut yang cukup ampuh sobat.

4. Mencegah Yang Lainnya

Kesehatan gigi dan mulut seyogianya berpengaruh pada kesehatan tubuh selcara menyeluruh. Bakteri yang terbentuk dalam mulut bisa mneyebar ke seluruh tubuh yang bsia saj menyebabkan penyakit seperti diabetes, jantung, serta penyakit pernapasan yang lainnya.

Efek Samping  Jangka Pendek Penggunaan Flossing

Berikut adalah efek sampung jangka pendek penggunaan flossing.

  • Karena menggunkan benang, maka akan berpotensi mmebuat gusi berdarah
  • Akan berpotensi merusak epitel gigi atau gusi apabila tidka melakukan teknik flossing dengan benar
  • Walaupu sudah menggunkan teknik flossing ini maka tidaka menjamin smeua bakteri atau sisa makanan yang terdapat pada sela gigi bersih secara menyeluruh
  • Karena teknik flossing ini harus menggunakan teknik kehati – hatian, maka  akan membuat waktu anda menjadi boros

Efek Jangka Panjang Penggunaan Flossing

Berikut adalah efek sampung jangka panjang penggunaan flossing.

  • Jika gus berdarah dibiarkan secara terus – menerus maka akna membuat radang gusi yang dapat mengakibatkan penyakit serius dan lebih parah pada gigi anda
  • Karena menggunakan tali atau benang gigi secara terus – menerus maka kan berpotensi membuat gigi anda renggang, apalagi pada saat melakukan teknik flossing tersebut anda mengguakan tenaga yang kuat.
  • Jika pda saat melakukan flossing gigi namun tidak dengan teknik yang benar, maka akna berpotensi membuat sisa makanan akan terdorong ke saku gusi, yang mnegakibatkan karies pada akar gigi juga terbentuknya “ kantung makanan “ jika tidak dilakukan dengan benar. Jika hal seperti ini terjadi, maka sisa makanan akan lebih banyak masuk ke sela – sela gigi anda.
  • Karena penggunaan tali flossing ini hanya untuk sekali pemakaian, maka pada saat anda melakukan teknik flossing tersebut, anda harus menggantinya dengan yang baru. Nah sobat anda harus bersedia mengelurakan kocek yang ebih besar ya sobat untuk perawatan gigi anda.

Oke sobat semua, sekian informasi mengenai flossing gigi yang bisa penulis utarakan pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi refrensi buat sobat yang sudah membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis. Salam gigi sehat.