Sponsors Link

Manfaat dan Efek Samping Fluoride Varnish Untuk Mencegah Kerusakan Gigi

Sponsors Link

Perawatan gigi dan mulut seringkali tidak diperhatikan banyak orang. Namun sebenarnya, merawat mulut dan gigi sama sama penting seperti menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Salah satu perawatan yang mungkin akan diberikan atau disarankan dokter adalah fluoride varnish. Varnish gigi atau vernis dengan zat fluor ini sudah sejak lama digunakan untuk mencegah karies gigi. Akan tetapi, apa sebenarnya manfaat perawatan dengan memakai fluoride varnish untuk kerusakan gigi?, apakah terbukti efektif untuk anak dan orang dewasa?. Sebelum melakukan perawatan ini di dokter gigi, ada baiknya anda mengetahui beberapa fakta selengkapnya berikut ini.

ads

Apakah Fluoride Varnish

Fluoride varnish gigi merupakan perawatan dengan memakai zat khusus serupa dengan kalsium yang diaplikasikan untuk menguatkan lapisan email gigi. Zat ini juga sudah dibuktikan aman dipakai oleh Badan Kesehatan Dunia [WHO] dan juga sudah dipakai oleh dokter gigi seluruh dunia termasuk juga Indonesia. Zat ini berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi dan karies gigi. Dalam beberapa kasus, dokter gigi juga mungkin akan menyarankan perawatan ini ketika anda memiliki masalah gigi sensitif. Fluoride Varnish terdiri dari fluoride konsentrasi tinggi. alkohol dan berbasis resin. Selain itu, sebagian besar Fluoride Varnish juga mengandung natrium fluorida, difluorsilane dan beberapa bahan lainnya.

Fluoride varnish untuk mencegah kerusakan gigi ini akan dioleskan dokter gigi ahli kebersihan gigi, ahli perawatan kesehatan lain sebagai jenis terapi fluoride topikal sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan. Zat ini tidak butuh waktu terlalu lama agar bisa diserap gigi sehingga tidak perlu khawatir jika zat tersebut akan tertelan. Ini juga bisa diterapkan pada enamel gigi, sementum gigi, dentin, mencegah pembusukan, remineralisasi permukaan gigi serta untuk mengatasi hipersensitivitas dentin.

Manfaat dan Efek Samping Fluoride Varnish Untuk Anak

Perawatan vernis gigi dengan zat fluor dianjurkan untuk anak anak usia 2 hingga 14 tahun. Dari beberapa penelitian juga sudah dibuktikan jika fluoride varnish memiliki tingkat keberhasilan hingga 43% untuk mencegah karies dan penumpukan plak pada gigi sebab anak anak memang lebih rentan terkena karies gigi jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Dari ajuran beberapa badan kesehatan resmi seluruh dunia seperti Australia, Inggris dan juga Amerika Serikat, anak anak sebaiknya mendapatkan perawatan fluoride varnish gigi dengan teratur. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap bisa dilakukan dengan mengunjungi dokter gigi anak sekaligus mengetahui seberapa sering anak harus melakukan perawatan dengan memakai fluoride varnish tersebut. Namun biasanya, dokter akan menyarankan anak anak divernis sebanyak 2 kali per tahun.

Meski begitu, perawatan ini juga kemungkinan bisa menyebabkan beberapa efek samping bagi anak anak, seperti:

  • Sakit perut.
  • Sakit kepala.
  • Perubahan warna gigi seperti penyebab gigi cepat kuning, coklat atau menghitam.
  • Alergi dengan gejala seperti lidah, bibir dan wajah membengkak, gatal atau kesulitan bernapas. 
    Sponsors Link

Manfaat dan Efek Samping Fluoride Varnish Untuk Dewasa

Orang dewasa atau lanjut usia sebenarnya tidak diharuskan melakukan perawatan fluoride varnish. Akan tetapi anda tetap bisa mendapatkan beberapa manfaat dari perawatan ini. Seorang spesialis kesehatan gigi dan kecantikan Amerika Serikat mengatakan jika orang dewasa rentan mengalami erosi atau pengikisan gigi serta masalah gigi sensitif. Sementara lansia akan lebih rentan terkena karies akar gigi yang semuanya bisa diatasi dengan fluoride varnish gigi.

Akan tetapi berbeda dengan anak anak, tidak ada anjuran berapa kali orang dewasa dan lansia harus melakukan perawatan ini. Konsultasikan juga dengan dokter gigi sesudah melakukan pemeriksaan. Sementara efek samping yang bisa terjadi pada orang dewasa dan lansia ketika melakukan perawatan ini sama seperti efek samping pada anak. Selain itu, perhatikan juga beberapa resiko overdosis fluorida seperti mual dan muntah, diare, otot kaku dan juga kejang. Sedangkan untuk wanita hamil atau menyusui sebaiknya juga memberitahu dokter terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan ini.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini