Sponsors Link

Fungsi Mematikan Saraf Gigi dan Bahaya Mematikan Saraf Gigi

Sponsors Link

Sakit gigi akibat gigi berlubang menjadi satu permasalahan yang cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Selain menimbulkan rasa sakit ayng luar biasa, permasalahan gigi berlubang juga dapat menimbulkan adanya permasalahan yang berkelanjutan dan menyebabkan efek samping yang lebih parah bagi organ gigi maupun organ tubuh lainnya.

ads

Kebanyakan saat orang menderita sakit gigi, terutama yang diakibatkan oleh gigi berlubang akan melakukan berbagai macam cara. Mulai dari mengkonsumsi obat pereda sakit gigi berlubang, melakukan cara mencabut gigi berlubang besar, hingga melakukan cara mematikan saraf gigi.

Cara mematikan saraf gigi merupakan cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang parah secara menyeluruh. Biasanya cara seperti ini bisa dilakukan secara alami atau bahkan dengan tindakan medis. Namun, di samping fungsinya untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang. Tahukan anda fungsi mematikan saraf gigi?

Untuk mempermudah pemahaman anda, berikut adalah fungsi dan manfaat mematikan saraf gigi yang bisa anda ketahui:

  1. Menghilangkan Rasa Sakit Pada Gigi yang Bermasalah

Mematikan saraf gigi dianggap sebagai cara untuk menghilangkan rasa sakit apada gigi yang bermasalah. Biasanya, saat orang menderita gigi berlubang besar dan gigi sensitif, mereka akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa. Di samping mengkonsumsi obat pereda sakit gigi berlubang yang hanya memberikan efek sementara. Ternyata cara mematikan saraf gigi menjadi alternatif lain untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi secara menyeluruh.

  1. Menghentikan Efek Peradangan

Inflamasi atau peradangan tentu akan terjadi saat anda mengalami gigi berlubang. Biasanya peradangan akan terjadi di sekitar gigi berlubang dan timbul di permukaan gusi. Untuk menghentikan efek peradangan yang lebih parah, tentu gigi berlubang harus dituntaskan dari akarnya. Selain bisa dengan cara mencabut gigi berlubang secara tradisional, efek peradangan juga dapat anda lakukan dengan mematikan saraf gigi untuk menghentikan rasa sakit akibat gigi berlubang.

  1. Memberikan Rasa Nyaman Karena Gigi Sudah Tidak Sakit Lagi

Fungsi mematikan saraf gigi berikutnya yaitu akan memberikan rasa nyaman karena gigi sudah tidak sakit lagi. Dimana mematikan saraf gigi merupakan cara yang dilakukan untuk mematikan jaringan pendukung gigi (jaringan lunak dan jaringan keras). Jika jaringannya sudah dimatikan, tentu rasa sakit pun akan hilang dan tidak akan muncul kembali.

Namun yang perlu diketahui, dalam mematikan saraf gigi anda harus memperhatikan prosedurnya. Selain dapat menimbulkan bahaya dan efek samping yang lebih parah. Cara mematikan saraf gigi, juga dianggap memberikan bahaya lain. Lantas, apakah bahaya mematikan saraf gigi yang biasa dilakukan pada penderita gigi berlubang?

Sponsors Link

Bahaya Mematikan Saraf Gigi

Di samping memberikan fungsi, mematikan saraf gigi ternyata juga menimbulkan bahaya yang lebih parah. Berikut adalah bahaya mematikan saraf gigi yang perlu anda ketahui:

  • Dapat Mematikan Jaringan Lunak dan Jaringan Keras Pada Gigi

Dalam proses mematikan saraf gigi, biasanya akan menggunakan arsen yang terbilang cukup berbahaya. Arsen akan dimasukan ke dalam bagian gigi berlubang yang kemudian akan ditutup dengan penambalan gigi. Apabila tambahan gigi bocor, maka akan beresiko lebih parah terutama untuk ibu hamil. Dimana kebocoran arsen akan mengakibatkan matinya jaringan lunak (gusi) dan jaringan keras (tulang gigi).

  • Menimbulkan Rasa Sakit

Meskipun memberikan fungsi untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang, namun mematikan saraf gigi akan menimbulkan rasa sakit selama proses pematian saraf dilakukan. Biasanya, rasa sakit akan timbul selama 1 hari 1 malam. Namun kondisinya akan berbeda-beda setiap pasiennya.

  • Infeksi

Jika mematikan saraf gigi dianggap bisa menghentikan rasa sakit selama-lamanya. Namun anggapan tersebut belum sepenuhnya benar. Dimana saat dilakukan penutupan saluran akar gigi dengan menggunakan cairan khusus. Maka bakteri yang menyerang area gigi akan bermutasi (berpindah) ke area gigi lainnya. Biasanya dalam prises pemutasian, bakteri akan bersifat lebig ganas yang dapat memproduksi cairan ganas yang dapat merusak gigi lain lebih parah lagi. 

Sponsors Link

  • Komplikasi Gigi Mati

Bahaya mematikan saraf gigi lainnya juga dapat menimbulkan adanya komplikasi gigi mati. Dimana saat mematikan saraf gigi, maka pembuluh darah dan pembuluh saraf yang terdapat pada ruang pulsa tidak bisa menerima kaposan makanan. Hal tersebut, selain akan menyebabkan gigi rapuh tentu akan menimbulkan komplikasi lainnya, misalnya saja gigi terasa sakit saat digunakan untuk mengunyah makanan, area sekitar gigi rapuh menjadi bengkak, menimbulkan penyebab bau mulut dan juga masalah lainnya.

  • Gigi Hitam dan Rapuh

Selain mengakibatkan bahaya di atas, melakukan pematian pada saraf gigi juga dapat menimbulkan adanya gigi hitam dan rapuh. Hal terebut terjadi karena jaringan keras (tulang gigi) telah dimatikan dengan pemberian cairan khusus yang dapat merusak gigi.Biasanya dalam waktu lama, gigi akan berubah menjadi gelap kecoklatan atau bahkan hitam.

Itulah beberapa fungsi mematikan saraf gigi yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang dan juga permasalahan gigi lainnya. Namun sebelum melakukan pematian saraf gigi, anda juga perlu mempertimbangkan tindakan tersebut karena selain memberikan fungsi ternyata mematikan saraf gigi juga menimbulkan bahaya bagi kesehatan gigi anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini