Sponsors Link

4 Fungsi Tambalan Gigi Sementara yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Fungsi tambalan gigi sementara diketahui adalah berbagai kegunaan dari tambalan sementara yang dilakukan pada gigi berlubang anda, sebagai upaya mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Sebelumnya, tentu anda sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah tambalan gigi sementara? Tambal gigi sementara ini pasti anda lakukan setiap kali anda akan menambal gigi. Pasalnya, tambal gigi sementara adalah langkah awal dari tambal gigi permanen yang akan anda lakukan.

ads

Diketahui bahwa sesuai namanya, tambal gigi sementara ini dilakukan dengan tujuan menutup lubang gigi yang membuat nyeri dan infeksi. Selain itu, anda yang melakukan tambal gigi pastinya ingin gigi anda kembali normal dan tidak menimbulkan kesulitan saat digunakan untuk makan. Akan tetapi, anda tentu bertanya tanya apa saja fungsi dari tambalan gigi sementara ini, sedangkan sudah ada tambal gigi permanen. Itulah mengapa artikel kali ini dibuat untuk membantu anda mengetahui perbedaan tambal gigi sementara dan permanen dari fungsinya.

Sebenarnya, tambal gigi sementara dilakukan untuk melihat kondisi gigi berlubang anda. Apakah gigi berlubang anda sudah benar benar tidak sakit dan apakah ukuran lubang gigi cukup ditutup dengan sejumlah besar semen? Tentu anda sudah mengetahui bahwa bahan tambalan gigi sementara adalah semen. Namun jangan samakan semen ini seperti semen yang digunakan untuk bahan bangunan.

Semen untuk tambal gigi ini berfungsi untuk menutupi seluruh lubang-lubang gigi dengan sangat kuat dan merata. Hanya dalam hitungan beberapa bulan kemudian, tambalan gigi sementara ternyata harus melalui proses pergantian dengan tambal gigi permanen. Informasi ini yang membuat semakin banyak orang ingin mengetahui apa manfaat tambal gigi yang sementara dan akan diganti dengan yang permanen.

Fungsi Tambalan Gigi Sementara yang Perlu Diketahui

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, ada banyak hal yang perlu diketahui terkait tambalan gigi sementara ini. Tidak selalu hanya efek samping  gigi ditambal sementara, tetapi juga perlu diketahui apa saja jenis manfaat yang anda dapatkan dari melakukan perawatan gigi jenis ini. Lalu sudahkah anda tahu apa saja diantaranya? Ketahui informasi mengenai berbagai fungsi dari tambalan gigi sementara dengan mempelajari informasi berikut ini.

  1. Mencegah Infeksi pada Gigi

Fungsi yang pertama dari dilakukannya tambal gigi sementara tentunya adalah berkaitan dengan kondisi gigi anda. Terkadang gigi berlubang pun ada yang tidak parah dan tidak terasa sakit. Karena ini anda seringkali lengah. Anda mengira tidak ada infeksi yang akan terjadi.

Saat inilah sebenarnya anda membutuhkan tambal gigi sementara. Tambalan gigi sementara akan menjaga kesehatan gigi anda untuk membuat lubang yang hanya kecil tersebut tidak menimbulkan infeksi. Cobalah anda lakukan upaya untuk menjaga gigi dari infeksi ini dengan tidak menganggap sepele lubang kecil. Jika memang lubangnya hanya kecil, cobalah gunakan tambalan gigi sementara terlebih dahulu.

Sponsors Link

  1. Memudahkan Perawatan Gigi

Selanjutnya, ketahui juga bahwa dengan melakukan tambal gigi yang bersifat sementara diketahui bahwa perawatan gigi anda dapat dilanjutkan tanpa masalah. Sebelumnya, saat gigi anda berlubang pasti anda akan mengalami kesulitan untuk dapat menggosok gigi dengan nyaman. Seringkali anda merasa nyeri, perih, dan sakit saat sikat gigi karena gigi berlubang ini. Tidak tanggung tanggung bahkan mungkin saja gigi berlubang akan mengeluarkan darah. Hal ini membuat anda tidak dapat melakukan perawatan gigi dengan mudah.

ads

Itulah mengapa anda sebaiknya segera melakukan tambalan gigi sementara. Menambal gigi sementara membuat anda dapat mencegah terjadinya gangguan dalam perawatan gigi. Tambalan gigi sementara pun dapat dengan cepat mengembalikan kondisi normal gigi anda seperti sebelumnya. Silahkan mencoba tambal gigi sementara sekarang juga dan jangan tunggu lama lagi.

  1. Menjaga Kesehatan Akar Gigi

Menggunakan tambal gigi sementara diketahui baik juga untuk menjaga kesehatan akar gigi anda. Membiarkan gigi berlubang tanpa tambalan sangat beresiko membuat akar gigi dapat tersenggol dan terinfeksi. Infeksi akar gigi sangat membahayakan anda. Jadi pencegahan ini akan dapat anda lakukan dengan menambalnya. Tambalan gigi sementara ini yang dapat membuat akar gigi anda tidak lagi dapat tersenggol dan terinfeksi penyakit seperti yang sering dikeluhkan oleh para penderita gigi berlubang. Namun perhatikan juga jenis bahan tambal gigi yang anda gunakan, jangan sampai menimbulkan alergi pada akar gigi.

  1. Melengkapi Struktur Gigi

Terakhir, anda pun dapat menggunakan tambalan gigi sementara ini untuk melengkapi struktur gigi dan fungsinya. Anda tentu sudah mengetahui bahwa dengan adanya gigi berlubang, maka gigi telah kehilangan struktur lengkapnya. Struktur lengkap gigi ini perlu anda perbaiki dengan menambal gigi. Tambalan gigi sementara ini yang akan membuat gigi anda tidak kehilangan struktur normalnya lagi. Jadi pastikanlah untuk menggunakan tambalan gigi sementara sesegera mungkin, seketika anda menemukan adanya gigi yang berlubang.

Demikianlah informasi mengenai apa saja fungsi tambalan gigi sementara yang wajib anda ketahui, sebelum melakukan perawatannya. Jadi anda tidak perlu lagi mempertanyakan mengapa dokter tidak langsung saja menambal gigi anda secara permanen. Hal ini juga membuat anda lebih berhati hati selanjutnya, setelah mengetahui bahwa untuk memiliki gigi yang sehat adalah suatu keuntungan.

Anda tidak perlu mengalami permasalahn sakit gigi dan kesulitan untuk mengunyah lagi seperti yang anda alami akibat dari gigi berlubang ini. Jadi mulai dari sekarang, jagalah kebersihan gigi anda dan jauhkan gigi dari resiko berlubang akibat kotoran mulut dan bakteri pengerusak.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini