Sponsors Link

4 Gangguan Gigi dan Gusi Menjelang Menstruasi

Sponsors Link

Gangguan yang terjadi antara lain :

ads

1. Sensasi tidak nyaman di mulut seperti sebab mulut dan lidah terasa kering saat bangun tidursebelum menstruasi datang

2. Gigi seperti terasa pegal dan longgar, gusi juga mengalami bengkak dan sensitif sehingga harus makan camilan yang aman untuk gigi sensitif. Tiba-tiba pula,

3. Muncul keinginan untuk menggosok gigi setiap beberapa jam. Gejala ini mungkin akan hilang setelah beberapa hari.

Saat menjelang menstruasi, memang ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh perempuan seperti pengaruh kontrasepsi hormon pada gigi wanita. Salah satunya adalah permasalahan mulut dan gigi yang cukup mengganggu. Mungkin ada banyak dari Anda yang mengalami hal ini. Sebenarnya, gejala ini disebut :

4. Menstruasi gingivitis, yakni peradangan gusi yang biasanya muncul sebelum perempuan menstruasi dan akan hilang setelah menstruasi dimulai karena ada hubungan sakit gigi dengan menstruasi. Menurut dokter kandungan Mary Rosser dari Montefiore Health System, New York, perempuan memang lebih rentan terhadap gingivitis karena fluktuasi alami kadar hormon yang mereka miliki.

Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu dan menghambat aktifitas sehari – hari. Untuk mengetahui hubungan antara sakit gigi dengan menstruasi dan mengapa menyebabkan gigi ngilu berkepanjangan dsb, berikut akan kami jelaskan mengapa hal itu dapat terjadi :

  • Perubahan Hormon pada Wanita

Wanita memiliki hormon yang naik turun yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi terhambat dan bahkan tidak sama sekali. Oleh karena itu setiap akan datang bulan akan timbul gejala yang diakibatkan peningkatan hormon seperti sakit gigi dan gusi.

Hormon yang mempengaruhi peningkatan di sebut dengan progesteron yang sudah pasti memengaruhi seluruh fungsi organ tubuh, khususnya wanita. Pada kondisi menstruasi rongga mulut akan mengalami peningkatan kadar hormon reproduksi. Dimana hal ini akan berdampak pembengkakan gusi dan kelenjar liur.

Tentu hal ini menyebabkan timbulnya gusi berdarah, dan gigi terasa goyah atau rapuh akibat dari gusi yang melunak. Gejala ini dikenal dengan sebutan gingivitis menstruasi. Umumnya kondisi akan berlangsung sekitar 1 Sampai 2 hari sebelum dan setelah menstruasi. Selama proses ini terjadi disarankan agar Anda tetap menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Pada saat Menstruasi Kondisi Gigi dan Gusi Terganggu

Oleh karena faktor hormonal, tentu efek yang dirasakan pada bagian tubuh lain terutama gusi dan gigi sangat sensitif. Pengaruh hormon yang terjadi menyebabkan rapuh dan goyahnya permukaan gigi dan gusi Anda. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk tidak melakukan hal yang membuat gigi dan gusi Anda terasa sakit pada saat sebelum dan sesudah menstruasi.

Jika hal tersebut Anda lakukan maka akan menimbulkan adanya pendarahan dan juga peradangan yang disertai rasa sakit yang teramat sangat. Ada baiknya lakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter specialis gigi untuk mengetahui dampak pada saat gigi dan gusi Anda bermasalah di saat menstruasi.

Sponsors Link

  • Tingkatan Siklus pada Masa Mentsruasi

Siklus reproduktif bulanan pada wanita  memiliki dua tahapan yaitu, tahap pertama disebut dengan fase folikular. Pada saat ini kadar FSH akan meningkat, dan kadar estradiol akan disintesis oleh folikel, dan mencapai puncak selama dua hari sebelum ovulasi. Efek dari estrogen akan merangsang telur bergerak ke tuba falopi dan membuat proliferasi dari sel stroma, pembuluh darah, dan kelenjar pada bagian endometrium.

Tahap dua disebut tahap luteal. Dimana perkembangan korpus luteum mensintesis kadar estradiol dan progesteron. Dimana hormon ovarian dapat meningkatkan gejala jaringan gingiva, dan selama menstruasi hal ini membuat metabolisme folat dan dapat merubah respon imun pada tubuh. Sehingga menyebabkan wanita cenderung rentan akan penyakit seperti pusing, mual, batuk, serta sakit tenggorokan.

Selama tahap hormonal ini tinggi maka tidak salah jika wanita akan cepat sekali moody dan sensitif, bahkan sampai intoleran, karena dampak yang tidak baik terhadap kesehatan lainnya seperti respon terhadap rasa sakit yang berlebihan. Otomatis hal ini berdampak kepada organ tubuh lainnya, terutama pada gusi dan gigi.

ads
  • Jika Anda Dalam Proses Perawatan Gigi Selama PMS

Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi yang berdampak kepada meningkatnya perdarahan gingiva, sehingga membutuhkan perawatan terhadap jaringan periodontalnya. Maka pemeliharaan periodontal dapat dilakukan pada individu atau pasien tersebut.

Disarankan dilakukan dalam  waktu 3-4 bulan, perawatan dengan menggunakan obat kumur antimikroba sebelum terjadinya inflamasi dan selama terjadinya siklus sangat dibutuhkan. Perawatan dan memelihara kebersihan mulut merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya pendarahan gingival.

Bagi Anda yang mengalami perdarahan menstruasi yang banyak, alangkah baiknya untuk dilakukan terapi bedah dengan cara bedah setelah siklus menstruasi. Dan dampak lainnya yaitu penyakit anemia dengan cara melakukan tes laboratorium dan konsultasi ke dokter apabila dibutuhkan jika hal ini terjadi dalam kadar yang parah.

Selama PMS, beberapa wanita memiliki gejala psikis yang parah, seperti capek yang berlebihan, menyukai makanan manis dan asin, rasa kembung pada perut, sakit kepala, nyeri pada payudara, sakit gigi dan gusi, dan rasa tidak enak pada perut. Dalam hal ini dokter gigi harus berhati-hati apabila memberikan obat antiinflamasi nonsteroid, infeksi,

dan makanan asam yang akan memicu inflamasi. Hati-hati juga terhadap pemberian antibiotik dan antifungal, karena dapat berinteraksi dengan obat yang lainnya. Wanita dengan PMS memang cukup sulit untuk diperlakukan, karena keadaan mereka yang emosional dan psikologisnya yang sensitif. Dokter gigi harus merawat gingiva dan

jaringan mukosanya dengan lembut dan berhati – hati. Misalnya dengan membasahi kapas dengan obat kumur sebelum dimasukkan ke dalam mulut, dan membuka mukosa mulut dengan perlahan. Tentu hal ini butuh kesabaran dan kemampuan dari ahlinya, sehingga dampak buruk dapat dihindari.

Untuk menjaga kondisi selama PMS memang sangat penting, dan menjaga hal yag tidak ingginkan. Untuk hal tersebut perlunya konsultasi ke dokter dan menjaga asupan makanan terutama untuk gigi. Nah mulai sekarang rajin-rajinlah untuk membersihkan sisa makanan

serta plak dari sela gigi dengan flossing, dan berkumur dengan larutan antiseptik sesuai dengan indikasinya. Selain itu rajin rajinlah mengunjungi dokter gigi secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dan membersihkan karang gigi secara rutin.

Semoga tulisan yang tidak seberapa ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat buat kita semua. Salam sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini