Sponsors Link

6 Jenis Gangguan Gigi dan Mulut Penderita Bulimia

Sponsors Link

Bulimia nervosa merupakan salah satu bentuk sindrom penyimpangan makan yang sering terjadi pada remaja perempuan. Banyak alasan mengapa seseorang menderita bulimia, namun yang paling sering terjadi adalah rasa tidak percaya diri pada bentuk tubuh yang dimiliki. Seseorang yang memiliki sindrom bulimia nervosa ini biasanya memiliki kebiasaan makan dengan porsi banyak lalu memuntahkan makanan yang sudah dikonsumsi tersebut dan ternyata ada gangguan gigi dan mulut penderita bulimia yang bisa terjadi.

ads

Ciri Ciri Bulimia

Sebenarnya, bulimia terbagi menjadi dua kelompok yakni purging type dan juga nonpurging type.

  • Purging type: Selama mengalami sindrom, penderita secara sengaja akan memuntahkan kembali makanan yang sudah dikonsumsi.
  • Non purging type: Ini merupakan tipe bulimia yang tidak memuntahkan makanan akan tetapi dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang cukup berat atau berpuasa sebagai ganti dari makan besar yang sudah dilakukan sebelumnya.

Masalah Gigi dan Mulut Penderita Bulimia Nervosa

Kebiasaan memuntahkan makanan yang dilakukan penderita bulimia nervosa bisa menyebabkan kerusakan cukup serius pada gigi. Cairan yang dimuntahkan sebetulnya merupakan racun yang terdiri dari zat asam lambung yang semestinya berguna untuk memecah makanan dalam perut agar nantinya bisa dicerna secara baik. Namun ketika dalam mulut, zat asam tersebut berubah sifatnya menjadi korosif dan bisa membuat lapisan enamel gigi yang melindungi enamel gigi semakin terkikis. Menyikat gigi terlalu keras sesudah memuntahkan makanan nantinya juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Berikut adalah beberapa gangguan gigi dan mulut penderita bulimia yang bisa terjadi.

  1. Karies Gigi

Karies gigi merupakan kondisi gigi berlubang yang bisa terjadi karena banyak hal. Ketika memuntahkan makanan, maka zat asam yang ada bersama cairan muntahan ini bisa membuat enamel gigi terkikis. Jika hal ini semakin sering terjadi, maka bagian gigi akan semakin banyak terkikis yang kemudian menyebabkan berlubang seperti yang terjadi pada makanan manis yang juga bisa menyebabkan karies gigi.

  1. Gigi Menjadi kuning dan Rapuh

Karena zat asam lambung bersifat sangat korosif, maka semakin lama gigi terkena asam lambung akan mengubah warna dan juga tekstur gigi. Ini bisa menjadi penyebab gigi cepat kuning serta rapuh. Bahkan ketika seseorang mengalami sindrom bulimia, maka kebiasaan memuntahkan makanan ini bisa mengubah panjang dan juga bentuk gigi.

  1. Pembengkakan Kelenjar Ludah

Asam lambung juga bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada kelenjar ludah. Kelenjar ludah berada pada bagian sisi pipi kanan dan kiri yang berguna untuk memproduksi air ludah yang berfungsi untuk mencerna makanan ketika masuk ke mulut sekaligus membantu makanan agar lebih mudah ditelan. Air liur ini juga berguna untuk melindungi gigi dari kerusakan yang mungkin bisa terjadi dari asupan makanan. Pada saat terjadi pembengkakan kelenjar ludah, maka air ludah yang dihasilkan akan berkurang sehingga bisa berpengaruh pada ciri ciri gigi sehat.

  1. Sariawan

Seperti lapisan enamel yang bisa terkikis karena asam lambung yang naik karena muntah, dinding mulut nantinya juga bisa teriritasi. Iritasi yang terjadi akhirnya bisa berubah menjadi sariawan. Semakin sering seseorang memuntahkan makanan, maka sariawan yang terjadi juga semakin parah.

  1. Mulut Kering

Berkurangnya air liur akan membuat mulut lebih kering dari biasanya. Mulut kering bisa menyebabkan bakteri yang berkembang di sekitar mulut sebab tidak ada air liur yang membersihkan. Selain itu, kurangnya air liur juga membuat penurunan kemampuan merasakan rasa dari makanan dan minuman. 

Sponsors Link

  1. Timbul Rasa Sakit

Kerusakan dan juga penyebab gusi bengkak bisa terjadi pada seseorang yang mengalami bulimia nervosa. Ini juga bisa menyebabkan gangguan saraf gigi dan juga membuat gigi bertambah sensitif. Kerusakan tersebut membuat rasa nyeri muncul saat mengunyah dan juga menelan sesuatu.

Cara Mengatasi

Masalah ini terjadi karena dampak buruk dari asam lambung yang naik. Untuk mencegah kondisi ini bertambah parah, maka sebaiknya penderita melakukan terapi dan juga pengobatan untuk menyembuhkan sindrom bulimia nervosa tersebut. Kebersihan mulut dan juga gigi harus dijaga dengan baik yakni menyikat gigi secara teratur dan juga menggunakan obat kumur.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi