Sponsors Link

Gigi Anak Tumbuh Berantakan – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Selain menjadi masalah yang menganggu penampilan, gigi tumbuh berantakan atau tidak sejajar dapat menyebabkan komplikasi serius dan masalah kesehatan jangka panjang jika dibiarkan tanpa perawatan seperti ciri-ciri gigi anak tonggos. Untungnya, ada solusi untuk anak-anak ataupun orang dewasa yang terkena masalah gigi yang berantakan. Dengan perawatan, pasien dapat menikmati gigi yang lurus dan sehat dan senyuman yang lebih menarik.

ads

Gigi anak tumbuh berantakan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Paling umum, gigi menjadi berantakan selama masa kanak-kanak ketika gigi susu copot dan digantikan oleh gigi dewasa permanen. Karena mereka tumbuh di satu per satu dan dipengaruhi oleh gigi lain di mulut, gigi permanen ini sering berantakan sejak awal seperti gigi anak rusak semua.

Masalah Terkait dengan Gigi Anak Tumbuh Berantakan dan Penanganan

Gigi yang selaras memberikan dukungan untuk satu sama lain dan untuk seluruh mulut, membuat kegiatan sehari-hari yang normal, seperti makan dan berbicara. Gigi berantakan tidak memberikan dukungan yang cukup dan dapat menyebabkan rahang dan ketegangan otot, membuat mulut rentan terhadap cedera seperti gigi anak tumbuh tidak beraturan. Orang-orang yang memiliki gigi berantakan juga dapat menderita sakit gigi atau kepekaan dan mungkin pada peningkatan risiko untuk kerusakan gigi dan gingivitis. Berikut beberapa Penanganan umum:

1. Kawat gigi tradisional

Perawatan ini menggunakan kawat logam tradisional, yang terdiri dari kurung logam standar, dan ideal untuk anak-anak dan remaja dengan masalah pelurusan yang berat. Selain kawat gigi logam, Anda juga dapat mempertimbangkan kawat gigi keramik yang jelas, atau kawat gigi untuk diri sendiri untuk anak Anda seperti gigi anak tumbuh dibelakang.

2. Invisalign Teen (kawat gigi jernih)

Invisalign Teen adalah pilihan yang luar biasa untuk para anak yang bertanggung jawab untuk perawatan gigi meluruskan kekuatan kawat gigi, tetapi lebih baik karena tidak terlihat. Kawat gigi ini sebenarnya adalah seperangkat pelurus yang jelas, dan paling cocok untuk pasien dengan masalah ringan hingga sedang. Kunci untuk Invisalign Teen adalah konsisten. Anak Anda harus bersedia mematuhi semua pedoman Invisalign Teen, jika tidak, perawatan tidak akan seefektif mungkin.

3. Positioner

Positioner digunakan menjelang akhir perawatan dari masalah ortodontik. Mereka biasanya dipakai selama 4-8 minggu, dan membantu menyelesaikan pergeseran akhir pada gigi anak Anda seperti penyebab diskolorasi pada gigi anak.

4. Headgear

Jenis perawatan ini dengan lembut menarik gigi Anda untuk membantu memperbaiki overbite sedang atau berat. Dalam banyak situasi, anak-anak dan remaja tidak ingin menggunakan perawatan ini, tetapi ini adalah perawatan umum yang telah bertahan dalam ujian waktu. Jika anak Anda menderita underbite atau overbite, mereka akan berterima kasih beberapa tahun dari sekarang bahwa Anda dapat memberikan mereka perawatan ortodontik headgear.

Sponsors Link

5. Spacer

Pemisah atau spacer adalah bagian dari opsi perawatan ortodontik yang lebih besar, dan digunakan untuk menciptakan ruang di antara gigi sehingga pita elastis dapat ditempatkan. Penting untuk dicatat bahwa sebaiknya Anda menghindari makanan lengket saat memakai spacer atau pemisah.

Demikianlah masalah gigi anak tumbuh berantakan beserta solusi perawatan medis yang sering digunakan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini