Sponsors Link

Gigi Anak Tumbuh Di Belakang Gigi Susu – Penyebab – Pengobatan

Sponsors Link

Anak-anak mulai kehilangan gigi susu mereka di sekitar usia 4 atau 5 tahun, dan proses itu berlanjut selama beberapa tahun seperti erupsi gigi susu. Biasanya itu terjadi dengan lancar, dengan gigi susu copot dan penggantian permanen mereka tumbuh ke ruang kosong yang ada. Terkadang ada masalah kecil dengan prosesnya. Salah satu yang paling umum adalah kondisi yang disebut “gigi hiu”, yang berarti gigi permanen datang sebelum gigi bayi copot atau gigi anak tumbuh di belakang gigi susu seperti kelainan gigi susu.

ads

Pengertian Gigi Anak Tumbuh Di Belakang Gigi Susu

Gigi hiu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi ketika gigi permanen seorang anak mulai tumbuh sebelum dia kehilangan gigi susu nya. Jika gigi susu masih ada, gigi permanen hanya tumbuh di belakangnya seperti penyebab gigi susu belum tanggal. Ini memberi anak dua baris gigi sekaligus. Nama panggilan berasal dari fakta bahwa hiu juga memiliki dua baris gigi. Meskipun gigi hiu paling umum dengan gigi seri bawah, gigi ini juga dapat terjadi ketika gigi seri atas atau molar primer tumbuh.

Penyebab Gigi Anak Tumbuh Di Belakang Gigi Susu

Ketika anak-anak tumbuh, gigi permanen mereka biasanya membuang akar gigi susu mereka. Setelah akar hampir habis, gigi susu menjadi kendur. Akhirnya itu akan rontok, dan banyak anak mempercepat proses dengan menggeliat dan menariknya. Maka gigi permanen bisa tumbuh di tempat yang kosong. Dengan gigi hiu, akarnya tidak cepat luntur seperti penyebab gigi susu berlubang. Gigi susu tetap di tempatnya, dan gigi permanen bekerja naik di ruang di belakangnya.

Jangka waktu

Gigi hiu bisa terjadi kapan saja, tetapi gigi ini paling sering terjadi selama dua periode dalam perkembangan anak. Pertama kali sekitar usia 6 tahun, ketika gigi depan bawah biasanya tumbuh. Yang kedua adalah sekitar usia 11 tahun, ketika geraham belakang atas muncul.

Idealnya, gigi permanen si kecil Anda akan berada tepat di belakang gigi utama mereka. Jika gigi benar-benar sejajar, gigi permanen secara bertahap akan mendorong ke arah akar gigi susu, menyebabkan gigi menjadi longgar dan akhirnya copot sehingga gigi permanen dapat menggantikannya.

Namun, jika gigi si kecil Anda terlalu penuh atau tidak sejajar, gigi permanennya mungkin tumbuh di belakang atau ke samping gigi utama, menciptakan tampilan seperti hiu. Ini kadang-kadang juga dapat terjadi jika, karena alasan apa pun, gigi permanen tidak secara efektif melarutkan akar gigi bayi cukup cepat, memaksanya untuk tumbuh ke arah yang berbeda.

Kapan Anda Harus Datang Menemui Dokter Gigi?

Anda harus membawa anak Anda untuk meminta bantuan dari dokter gigi jika:

  • Gigi susu nya tidak mengendur, bahkan setelah beberapa waktu berlalu
  • Gigi hiu menyebabkan ketidaknyamanan fisik anak Anda atau kesulitan dalam bentuk apa pun
  • Salah satu gigi yang terlibat tampaknya mengalami pembusukan
  • Gusi anak Anda teriritasi, meradang, atau terinfeksi di sekitar gigi hiu
    Sponsors Link

Ketika Anda membawa anak Anda untuk perawatan gigi hiu, dokter gigi akan terlebih dahulu menilai mulut anak Anda untuk memeriksa tanda-tanda infeksi periodontal, gigi berlubang, atau masalah kesehatan mulut lainnya di sekitar gigi yang terkena.  Jika ini ada, dia akan membuat rencana perawatan untuk mengatasinya.

Untuk membantu gigi permanen anak Anda tumbuh dengan benar, dokter gigi akan menggoyangkan gigi susu untuk membantu mengoyahkannya. Ini akan membantu proses erupsi bersama sehingga anak Anda dapat kehilangan gigi susu nya secara alami. Untuk kasus yang lebih parah, ia mungkin perlu melakukan ekstraksi, menghilangkan gigi sulung sehingga gigi permanen dapat berkembang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini