Sponsors Link

Gigi Anak Tumbuh Double – Efek dan Pengobatannya

Sponsors Link

Jika anak Anda memiliki gigi yang tumbuh di balik gigi lain, jangan panik. Ini adalah kejadian yang relatif umum pada anak-anak, dan meski terlihat menakutkan, mudah untuk diobati dan biasanya tidak ada masalah yang terus berlanjut. Kebanyakan anak akan mulai kehilangan gigi bayi mereka dan mendapatkan gigi tetap antara usia lima dan tujuh tahun.

ads

Bila gigi permanen meluncur langsung di bawah gigi bayi, ia menyerap akar gigi bayi, menyebabkannya menjadi kendur dan rontok sehingga gigi permanen bisa menggantikannya. Kadang-kadang,  gigi permanen tidak akan tumbuh secara langsung di bawah gigi bayi, dan akar gigi bayi akan tetap utuh dan tidak akan “terdorong keluar” dan pelajari juga efek gigi goyang yang dicabut dengan benang.

Ketika itu terjadi, gigi permanen biasanya akan mulai masuk tepat di belakang gigi bayi, memberi anak itu penampilan “gigi hiu” atau gigi ganda. Tempat yang paling umum untuk hal ini terjadi adalah gigi depan bawah dan atas, tapi bisa terjadi di mana saja. Jika anak Anda memiliki gigi di belakang gigi, Anda perlu memeriksa seberapa longgar gigi bayi Anda pelajari juga gigi gingsul apakah harus dicabut.

Jika sangat longgar, mendorong anak Anda untuk bekerja menggoyang-goyangkan gigi. Jika dia bisa mendapatkannya sendiri, itu selalu yang terbaik. Setelah gigi bayi keluar, lidah anak Anda secara alami akan mendorong gigi tetap ke depan.

Gigi anak tumbuh double adalah kondisi gigi dimana gigi anak saling terhubung satu sama lain. Ini mungkin disebabkan oleh gemination atau fusion. Gemination terjadi saat satu gigi terbagi menjadi dua sedangkan fusi terjadi saat dua gigi terpisah terhubung satu sama lain. Orangtua harus membawa anak mereka ke dokter gigi anak untuk memantau dan merawat kondisi gigi ini.

Efek Dari Gigi Anak Tumbuh Double

Gigi ganda bisa menyebabkan ruang berkembang di antara gigi anak. Hal ini juga bisa menyebabkan crowding pada gigi atau menyebabkan erupsi gigi permanen tertunda. Hal ini membuat penting bagi dokter gigi anak-anak untuk memantau gigi ganda dan membuat tindakan yang diperlukan untuk merawatnya.

Langkah Pengobatan

1. Ekstraksi

Sebelum melakukan tindakan korektif, dokter gigi anak harus memeriksa apakah gigi ganda adalah gigi sulung. Jika mereka adalah gigi sulung, mereka mungkin keluar sendiri. Tapi jika tidak keluar, akan perlu untuk mengekstraknya dan ketahui efek samping gigi atas dicabut.

2. Mencabut dan Merapikan

Mencabut dan merapikan gigi adalah pilihan lain yang bisa digunakan dokter gigi. Perawatan ini terutama digunakan untuk membuat gigi ganda tidak mencolok. Tapi prosedur ini tidak bisa dilakukan jika pulpa sangat dekat dengan permukaan seperti manfaat cabut gigi berlubang.

3. Memotong Gigi Menjadi Dua

Mungkin ada kejadian ketika dokter gigi anak-anak akan melakukan operasi untuk memotong gigi leburan menjadi dua. Ini adalah prosedur yang baik untuk digunakan jika gigi yang menyatu memiliki ruang dan akar pulpa yang terpisah. Ini juga diperlukan untuk saluran akar untuk dilakukan pada kedua gigi.

Sementara gigi ganda tidak memiliki efek langsung pada kesehatan anak-anak, orang tua harus tetap memonitor mereka oleh dokter gigi untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan perawatan gigi yang tepat yang layak mereka dapatkan. Hal ini untuk mencegah adanya masalah yang mungkin muncul di masa depan ketahui juga efek samping cabut akar gigi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini