Sponsors Link

Gigi Anak Tumbuh Tidak Beraturan – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Ada beberapa alasan mengapa gigi anak tumbuh tidak beraturan : tumbuh bengkok, tumpang tindih atau miring. Beberapa mulut anak terlalu kecil untuk gigi mereka, yang membuat banyak gigi dan menyebabkan mereka bergeser. Dalam kasus lain, rahang atas dan bawah seseorang tidak memiliki ukuran yang sama atau salah bentuk, sehingga terjadi overbite, bila ada tonjolan rahang atas yang berlebihan, atau gigitan bawah, saat rahang bawah menonjol ke depan menyebabkan semakin rendah. rahang dan gigi menyebar melampaui gigi bagian atas seperti gigi anak tumbuh miring.

ads

Gigi yang paling sering bengkok , overbites, dan underbites adalah sifat yang diwariskan seperti warna mata atau ukuran tangan Anda. Penyebab lain dari gigitan yang tidak sejajar adalah hilangnya gigi susu mendadak. Kesesuaian restorasi gigi yang tidak semestinya (misalnya tambalan atau mahkota), gingivitis ( penyakit gusi ), Tekanan yang tidak semestinya pada gigi dan gusi, misalignment rahang setelah cedera, Tumor mulut atau rahang, atau masalah kesehatan mulut yang umum pada anak – anak seperti mengisap jempol, menyodorkan lidah, penggunaan dot melampaui usia tiga tahun, atau penggunaan botol yang terlalu lama seperti bahaya gigi bungsu tumbuh miring.

Bagaimana Orang Tua Tahu Jika Gigi Anak Tumbuh Tidak Beraturan?

Sementara Anda bisa melihat sendiri apakah gigi anak anda bengkok, dokter gigi Anda bisa menentukan apakah masalah tersebut memerlukan perawatan. Dokter gigi Anda akan mencari tanda-tanda berikut ini:

  • Penyelarasan gigi yang tidak normal
  • Tampilan wajah yang tidak normal
  • Kesulitan atau ketidaknyamanan saat mengunyah atau menggigit
  • Kesulitan bicara, termasuk cadel

Dokter gigi Anda biasanya akan mengarahkan Anda ke ahli ortodontik: dokter gigi yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan perawatan gigi bengkok dan rahang yang tidak sejajar bahaya gigi geraham tumbuh miring.

Tes apa yang bisa dilakukan di Orthodontist?

Ahli ortodontik kemungkinan akan memakai sinar-X , foto wajah anak Anda, dan kesan gigi untuk menentukan apakah dan jenis perawatan apa yang dibutuhkan. Sinar-X memberikan informasi tentang posisi gigi dan akar Anda dan jika ada gigi yang belum masuk melalui gusi. Cephalometrik khusus atau panorama sinar-X menunjukkan hubungan gigi dengan rahang dan rahang ke kepala.

Ahli ortodontik Anda mungkin juga ingin memotret wajah Anda secara teratur untuk memeriksa lebih lanjut hubungan antara gigi, rahang, dan kepala. Akhirnya, kesan bisa dibuat dari gigi Anda. Hal ini dilakukan dengan meminta Anda menggigit bahan lembut yang kemudian digunakan untuk membuat salinan gigi Anda persis seperti perawatan gigi valpast.

Bagaimana Gigi Bengkok dan Gigi Anak Tumbuh Tidak Beraturan Diperlakukan?

Begitu diagnosis dibuat, ahli ortodontik Anda dapat menentukan pengobatan terbaik untuk gigitan gigi atau deretan gigi yang tidak sejajar. Bagi beberapa orang, sebuah pendempetan gigi yang dapat dilepas (untuk menstabilkan posisi gigi baru) akan menjadi semua yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah ini.

Sponsors Link

Penghapusan satu atau lebih gigi mungkin diperlukan jika kepadatan penduduk adalah masalah utama. Bagi kebanyakan orang, kawat gigi diperlukan untuk memperbaiki masalah. Dalam kasus yang jarang dan ekstrim, seperti overbite atau underbite yang ekstrem, operasi mungkin diperlukan seperti menangani penyebab gigi susu belum tanggal sampai dewasa.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini