Sponsors Link

Gigi atau Gusi Bernanah: Penyebab – Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Semua orang tentu akan sangat khawatir ketika melihat ada nanah pada gigi atau gusi. Seringkali, gusi bernanah juga disertai dengan rasa sakit dan juga pembengkakan. Nanah bisa saja terlihat jelas mengalir pada sela sela gigi atau tersembunyi di dalam gusi yang bengkak. Nanah tersebut bisa terbentuk dari proses tubuh yang sedang melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh akan melawan bakteri serta proses akhir sehingga nanah terbentuk.

ads

Nanah yang tidak dapat keluar dan tersimpan di dalam rongga jaringan atau penyakit abses gigi kemudian bisa menimbulkan masalah. Abses gigi ini bisa terbentuk di hampir semua bagian tubuh khususnya mulut seperti gusi, gigi atau akar gigi. Berikut akan kami berikan ulasan tentang penyebab gigi atau gusi bernanah lengkap dengan gejala dan pengobatannya.

Penyebab Gigi atau Gusi Bernanah

Gigi atau gusi bernanah bisa terjadi karena bakteri yang berkumpul di mulut. Ada beberapa kondisi yang membuat bakteri mudah masuk ke dalam mulut dan menjadi faktor pemicu dari gusi bernanah dan bengkak, seperti:

1. Penyakit Gusi

Penyakit gusi bisa terjadi karena penumpukan plak pada gigi dan gusi. Peradangan akibat bakteri dalam plak bisa menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan gusi membengkak, merah dan berdarah. Ini juga bisa menyebabkan pembusukan gigi dan gusi menjadi lebih sensitif yang disebut dengan gingivitis.

Jika gingivitis tidak segera diobati, maka penyakit gusi bernanah atau abses gusi bisa terjadi. Rongga kecil pada lapisan terluar gigi atau enamel gigi umumnya tidak menyebabkan rasa sakit, namun jika pembusukan menembus melalui email gigi dan mempengaruhi lapisan bagian dalam gigi, maka bisa menyebabkan gigi sensitif.

2. Oral Fistula

Oral fistula merupakan rongga atau saluran abnormal di sekitar gigi sampai ke dalam gigi yang terjadi karena gigi berlubang  seperti gigi berlubang tembus gusi atau peradangan gigi. Dalam kasus gigi berlubang, infeksi bakteri dan juga sisa makanan yang masuk ke dalam gigi berlubang bisa menyebabkan peradangan di sekitar akar gigi dan gusi sehingga fistula terjadi. Gigi berlubang mengandung bakteri akan menyebabkan gusi bernanah atau penumpukan nanah di bagian mulut.

Gejala Gigi atau Gusi Bernanah

Gejala utama dari gigi atau gusi bernanah adalah nyeri berdenyut yang tidak reda. Awalnya, gigi sensitif terhadap panas dan tekanan ketika mengunyah akan terjadi yang kemudian bisa diikuti dengan demam. Kelenjar getah bening di bawah rahang atau di leher juga mungkin akan sakit dan membengkak. Anda kemungkinan juga akan merasa nyeri di area sinus sekitar pipi depan dekat hidung.

Selain itu, gusi juga akan terlihat merah dan membengkak. Sesudah beberapa hari, gusi yang membengkak tersebut juga akan terasa lunak ketika diraba yang menandakan ada cairan nanah di balik gusi.

Pengobatan Gigi atau Gusi Bernanah

Pengobatan untuk gigi dan gusi bernanah bisa dilakukan dengan cara menghubungi dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Dokter gigi kemungkinan juga akan memberikan obat penghilang nyeri dan antibiotik untuk sakit gigi. Selain itu, berikut ini adalah beberapa perawatan yang biasanya juga akan diberikan oleh dokter gigi.

Sponsors Link

1. Drainase Abses

Nanah harus disayat agar terbuka sehingga nanah yang mengandung bakteri bisa keluar dan kering yang biasanya membutuhkan bius lokal.

2. Perawatan Akar Kanal Gigi

Perawatan saluran akar kanal gii dilakukan apabila infeksi akibat gigi berlubang atau kematian gigi terjadi. Gigi yang mati nantinya akan dilubangi supaya nanah bisa keluar. Sedangkan untuk jaringan yang rusak akan disingkirkan dari pulpa gigi dan bagian yang berlubang akan ditambal untuk mencegah infeksi.

3. Mencabut Gigi yang Terinfeksi

Pencabutan gigi yang terinfeksi dilakukan jika perawatan akar kanal gigi belum berhasil atau ketika gigi sudah mengalami pembusukan dan rusak sehingga pencabutan gigi harus dilakukan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi