Sponsors Link

Gigi Bayi Kuning dan Keropos – Penyebab – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Memiliki bayi diusia belia tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Sayangnya, hal tersebut sedikit melelahkan ketika bayi Anda mengalami permasalahan gigi. Gigi bayi keropos menjadi salah satu masalah yang cukup banyak ditemui. Selain karena faktor gigi yang masih rentan. Biasanya masalah seperti ini juga dapat ditimbulkan oleh beberapa kesalahan termasuk kurangnya menjaga kebersihan gigi bayi.

ads

Meskipun masih berusia sangat kecil, pertumbuhan gigi bayi juga penting untuk dijaga kebersihannya. Hal tersebutlah yang nampaknya kurang begitu diperhatikan bagi sebagian orang tua. Selain karena bayi sering rewel saat dibersihkan giginya. Terkadang setiap orang tua juga bingung memilih cara terbaik untuk membersihkan gigi bayi. Lantas, adakah faktor penyebab gigi bayi yang kuning dan keropos selain masalah kebersihan yang kurang diperhatikan?

Penyebab Gigi Bayi Kuning dan Keropos

Ada beberapa penyebab gigi bayi menjadi kuning dan keropos, mulai dari kebersihan gigi bayi yang kurang terjaga hingga masalah gigi lainnya. Berikut penyebab gigi bayi menguning dan keropos yang harus and ketahui dan waspadai:

  1. Pemberian Susu Formula

Tidak sedikit para orang tua yang memberikan susu formula sebagai pendamping ASI. Meskipun dapat digunakan untuk menambah asupan susu ASI yang kurang. Namun pemberian susu formula dapat berdampak pada kerusakan email gigi bayi. Dimana kandungan laktosa yang terdapat di dalam susu formula lebih tinggi dibandingkan susu ASI. Sehingga sangat rentan menimbulkan kerusakan gigi pada bayi.

  1. Kebiasaan Menghisap Dot Setiap Hari

Pemberian susu formula yang dilakukan dengan wadah dot juga dapat menjadi pengaruh dot pada gigi bayi. Selain karena kandungan laktosa yang terdapat di dalam susu formula. Kebiasaan ini juga dapat menimbulkan gigi bayi menjadi kuning dan keropos meskipun usianya belum memasuki 1 tahun.

Hal tersebut dikarenakan kebiasaan menghisap dot susu dilakukan saat bayi mau menjelang tidur. Saat bayi sudah tertidur, secara otomatis gigi tidak dibersihkan dan membuat penumpukan plak menjadi lebih banyak pada gigi susunya. Saat usianya mulai bertambah, gigi susu akan berwarna kuning dan menjadi keropos. Bahkan kebiasaan menghisap dot susu juga dapat menimbulkan terbentuknya penyebab karies gigi pada bayi.

  1. Kebersihan Gigi yang Kurang Diperhatikan

Sebagian orang tua enggan membersihkan gigi bayi karena menganggap jika bayi tidak akan mengalami masalah gigi separah orang dewasa. Namun anggapan tersebut sangat salah. Dimana bayi memiliki lapisan email gigi yang masih sangat rentan untuk mengalami kerusakan. Jika lapisan emailnya masih lemah, maka kemungkinan rusaknya gigi susu akan bertambah lebih besar.

Sponsors Link

  1. Cara Membersihkan Gigi yang Salah

Umumnya masalah gigi kuning dan keropos pada bayi juga dapat disebabkan karena cara membersihkan gigi yang salah. Kebanyakan orang tua akan membersihkan gigi bayi dengan caranya sendiri. Namun karena area mulut bayi masih sangat lunak, maka cara terbaik untuk membersihkan gigi bayi adalah dengan cara mengelap atau mengusap gigi dengan kain halus yang sudah dicelupkan dengan air hangat.

ads

  1. Penumpukan Plak

Penumpukan plak terjadi akibat sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh bayi. Selain itu penumpukan plak yang paling banyak terjadi karena kebiasaan minum susu yang dilakukan di malam hari. Biasanya bayi sangat identik dengan minum susu sebagai penghantar tidur mereka. Saat bayi sudah tidur, maka kebanyakan orang tua tidak membersihkan gigi bayi sehingga terjadi penumpukan sisa susu yang menempel pada lapisan email gigi.

  1. ASI

Selain pemberian susu formula, penyebab gigi kuning dan keropos pada bayi juga dapat disebabkan oleh pemberian ASI (Air Susu Ibu). Meskipun kandungan laktosanya tidak sebanyak susu formula dan juga memiliki dampak baik ASI ekslusif terhadap gigi bayi, namun pemberian asi yang dilakukan setiap hari dapat menyebabkan adanya penumpukan plak gigi yang akan mengikis lapisan email gigi bayi. Jika tidak rutin dibersihkan, maka akan menyebabkan gigi bayi menjadi keropos dan berubah warna.

  1. Rusaknya Email Gigi

Rusaknya email gigi mungkin dapat dipicu kurangnya asupan gizi dan nutrisi pada bayi. Biasanya saat masa kehamilan, setiap ibu diharuskan mencukupi asupan makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang cukup. Selain untuk mendukung perkembangan janin, asupan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi juga dapat mempengaruhi kesehatan gigi bayi. Dimana kurangnya asupan gizi dan nutrisi dapat menimbulkan kerusakan pada gigi bayi termasuk lemahnya lapisan email gigi yang dapat memicu timbulnya karies gigi.

Cara Mengatasi Gigi Bayi Kuning dan Keropos

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan para orang tua untuk mengatasi gigi bayi yang mulai menguning dan keropos. Berikut cara terbaik untuk mengatasi dan merawat gigi bayi yang sudah menguning dan keropos:

  • Rutin Membersihkan Gigi Bayi

Rutin menjaga kebersihan gigi bayi menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Anda dapat membersihkan gigi bayi dengan cara mengelap atau mengusap gigi dengan kain halus yang sudah dicelupkan dengan air hangat.

Sponsors Link

  • Kurangi Kebiasaan Memberikan Dot Susu

Kebiasaan menghisap dot susu dapat menyebabkan gigi bayi menjadi kuning dan keropos. Anda bisa mengurangi kebiasaan tersebut dengan pemberian susu ASI secara langsung karena tanda gigi anak rusak akibat botol susu. Hal ini dirasa cukup baik untuk kesehatan bayi.

  • Perbanyak Asupan Gizi dan Nutrisinya

Asupan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi bayi. Anda bisa memberikan asupan makanan pendukung ASI, seperti jus buah, sayur, dan lainnya. Agar gigi mereka tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Itulah beberapa penyebab gigi bayi kuning dan keropos beserta cara mengatasinya. Lakukan tindakan di atas untuk mencegah kerusakan gigi bayi yang lebih parah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi