Sponsors Link

Gigi Bergaris : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, gigi merupakan sebuah komponen dalam mulut yang fungsinya sangat vital dalam sistem pencernaan manusia. Apabila gigi anda mengalami masalah pastinya akan menambah beban organ perut anda untuk bekerja keras dalam pengolahan makanan yang tidak dikelola dengan sempuran oleh gigi yang bermasalah tadi.

ads

Nah sobat semua tentunya anda bisa membayangkan ya apabila gigi anda bermasalah seperti misalnya tumbuh daging di gigi berlubang, selain mengganggu sistem pencernaan juga pastinya akan mengurangi indahnya senyum anda ya sobat, karena pada kebanyakan orang keberadaan gigi ini sangat berpengaruh pada indahnya senyum seseorang ya sobat, karena memang gigi yang rapih, putih, bersih dan terhindar dari noda adalah gigi impian semua orang.

Namun pada kenyataanya, cara merawat gigi agar tetap putih dan sehat tidaklah segampang yang  kita pikirkan tentunya, jadi tidak heran gigi anda sering mengalami kerusakan seperti gigi berlubang berdarah, gigi yang dipenuhi oleh flag atau karang gigi, gigi yang berlubang, gigi bergaris dan bahkan gigi yang keropos. Masalah seperti penyebab karang gigi hitam wajib anda perhatikan ya sobat, agar nantinya tidak semakin mengganggu.

Nah sobat semua pada kesempatan kali ini penulis akan membahas salah satu dari kerusakan gigi tersebut ya sobat yaitu mengenai gigi bergaris. Apabila anda seorang yang memang memiliki gigi bergaris, ada baiknya sobat menyimak ulasan berikut ini, agar anda mengetahui penyebab dan cara mengatasi gigi bergaris tersebut, atau mungkin bagi sobat yang ingin mendeteksi gigi bergaris tersebut sejak dini. Yuk sobat semua mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adanya garis yang terdapat pada gigi, baik itu garis putih maupun garus hitam biasanya disebabkan oleh hilangnya kandungan mineral dipermukaan atau email gigi. Kerusakan seperti ini disebut dengan hipokalsifiaksi, hal inilah yang menjadi pertanda bahwa gigi anda sudah mengalami kerusakan. Seperti halnya candidiasis mulut, hipokalsifiaksi juga perlu penanganan yang tepat.

Jika gigi anda sudah mengalami hal seperti ini sobat, yakni seolah terdapat garis pada gigi anda, itu menandakan bahwa gigi anda akan lebih gampang berpotensi mengalami karies gigi ataupun gigi rapuh. Adapun penyebab gigi bergaris ini pada umumnya disebbakan oleh terkikisnya lapidan email pada gigi anda.

Dan hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai faktor, bisa saja faktor kebiasaan yang buruk pada cara makan atau minum pada anda, ataupun faktor penggunaan kimia pembersih atau perawata mulut atau gigi yang lainnya. Berikut ini beberapa faktor yang mengakibatkan gigi bergaris

1. Makanan atau Minuman yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Tanpa anda sadari sobat, makanan dan minuman yang terlalu panas dan terlalu dingin sangatlah tidak bagus untuk kesehatan gigi anda. Salah satu penyebab timbulnya garis digigi anda anda adalah faktor kebiasaan anda mengonsumsi makanan dan minman yang terlalu dingin dan terlalu panas tersebut, karena makanan dan minuman tersebut akan langsung mengenai email gigi dan merusak email gigi tersebut.

Sponsors Link

Selain itu juga bisa menjadi penyebab gigi sensitif ya sobat. Apabila email gigi anda sudah rusak atau terkikis, maka potensi gigi anda rusak pun akan semakin tinggi. Dengan mengurangi bahkan menghindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin, sama halnya anda ikut mencegah timbulnya gigi bergaris serta membantu mencegah gigi sensitif agar tidak terjadi.

ads

2. Minuman yang Bersoda 

Selain minuman yang terlalu panas dan dingin, penyebab lainnya yang membuat gigi anda seolah bergaris adalah karena faktor minuman bersoda. Pada umumnya minuman bersoda sangatlah banyak mengandung gula. Tidak usah penulis jelaskan lagi ya sobat bahasanya gula yang berlebihan juga musuh utama gigi ini. Nah apabila anda terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda ini, maka potensi gigi anda rusak pun akan semakin terbuka lebar, salah satu contoh kerusakan tersebut adalah seperti gigi yang bergaris.

3. Terlalu Sering Membersihkan Karang Gigi

cara membersihkan karang gigi merpakan salah satu perawatan yang baik untuk anda lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anda. namun hal penting yang tidak boleh anda lupakan adalah anda tidak boleh terlalu sering melakukakan pembersihan karang gigi tersebut.

Pasalnya apabila terlau sering akan mengakibatkan email gigi anda akan etrkikis, selain itu gigi anda akan terlihat tipis karena terlalu sering dilakukan pembersihan karang hal ini lama kelamaan akan membuat gigi anda rusak seolah ada garid di gigi anda, yang nantinya akan berujung pada keroposnya gigi tersebut.

4. Efek Pemutihan Gigi

Apabila anda melakukan perawatan gigi dengan cara melakukan pemutihan, itu sah –  sah saja ya sobat. Namun satu hal yang harus anda ketahui, bahwa bahan kimia yang digunakan untuk memutihkan gigi tersebut jika digunakan terlalu sering maka akan berpotensi merusak email gigi anda. Jika email gigi ini sudah rusak  maka akan diikitu oleh kerusakan gigi yang lainnya, seperti gigi bergaris dan nantinya akan diikuit oleh gigi yang keropos.

Oke sobat semua itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab gigi bergaris. Selain anda mengetahui penyebab gigi bergaris, ada baiknya juga anda mengetahui cara mengatasinya agar anda terhindar dari gigi bergaris yang sangat mengganggu ini. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Konsumsilah makanan yang kaya akan kalsiuml yang dapat mengembalikan mineral gigi. Jenis makanan yang kaya akan kalsium adalah seperti susu, keju, kacang –   kacangan, avokad dan berbagai makanan yang mengandung kalsium yang lainnya. Dengan rajin mengosumsi makanan seperti ini maka diharapkan mineral gigi anda akan kembali normal yang nantinya akan berpengaurh pada email gigi anda.
  • Oleskan sari lemon kegigi anda. Sari lemon dikenal baik untuk menjaga email gigi dan menjadikan gigi anda kuat. Belilah sari lemon ini diapotik dan olesakan lah secara teratur ke gigi anda secara merata agar email gigi anda kembali seperti semua. Jika email gigi anda sudah kembali seperti semula, diharapkan gigi bergaris anda pun kaan berangsur hilang.
  • Rajinlah menjaga kebersihan mulut dan gigi. Hal utama dan sederhana yang sebenarnya yang harus anda lakukan adalah rajin menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi anda. Sikat gigi paling minimum dua kali sehari, setelah itu berkumurlah dengan obat kumur agar kebersihan gigi dan mulut anda bersih secara keseluruhan.

Sekian informasi yang penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat mengenai gigi bergaris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan  tentunya bisa menjadi refrensi buat anda. Sampai ketemu diartikel selanjutnya. Salam hangat, salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini