Sponsors Link

Gigi Berlubang Berdarah – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Gigi berlubang besar yang disertai dengan keluarnya darah merupakan sebuah gejala yang disebabkan oleh meningkatnya permeabilitas pada aliran pembuluh darah yang tertelak disekitar ruang pulpa gigi yang mana bagian dari gigi ini terdapat banyak pembuluh darah dan saraf yang sangat sensitif. Pendarahan pada gigi berlubang ini dapat di sebabkan oleh beberapa faktor dan penyebab seperti terjadinyanya sebuah desakan atau gesekan yang mengenai aliran pembuluh darah dalam gigi.

ads

Beberapa penyebab timbulnya gigi berlubang berdarah dapat dipengaruhi oleh iritan dalam gigi seperti iritan mekanik yang disebabkan adanya trauma pada gigi ataupun akibat pergerakan kawat gigi. Iritan lainnya yang dapat menyebabkan gigi menjadi berdarah yaitu iritan mikro organisme, yang tentunya disebabkan oleh infeksi bakteri yang terdapat pada lubang gigi. Cara kerja mikro organisme yang merupakan penyebab gigi keropos pada orang dewasa ini dalam membuat gigi berdarah yaitu dengan menyebarkan toksin ke seluruh pembuluh darah dan saraf gigi. Biasanya gigi berdarah tanpa sebab dapat diakibatan oleh mikro organisme pada gigi berlubang.

Gejala dan Ciri-cirinya

Gigi berlubang berdarah dapat menimbulkan beberapa gejala dan ciri-ciri yang dapat berdampak pada aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Sakit dari gigi yang berlubang dapat menyebabkan pembengkakan dan radang pada gusi sehingga akan terasa nyeri dan sakit ketika gigi bersentuhan dengan makanan. Gejala yang dapat dengan mudah di jumpai pada gigi yang berlubang yaitu terjadinya pembengkakan gusi yang dapat memberikan rasa nyeri yang menjalar hingga kebelakang leher yang disertai dengan keluarnya darah dari dalam gigi. Pada tubuh yang mengalami sakit gigi ini juga akan disertai dengan sakit kepala sebelah akibat beberapa saraf lainnya yang terganggu.

Gigi berlubang berdarah merupakan sebuah penyakit yang harus segera di tangani, karena tak hanya membuat seseorang menjadi kehilangan konsenterasi akibat nyeri pada gigi nya namun dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya beberapa jenis penyakit lainnya seperti kenker gusi dan mulut. Gejala dan dampak dari gigi berlubang yang disertai dengan keluarnya darah ini dapat diatasi dengan menggunakan beberapa pengobatan baik pengobatan dengan bahan alami atau tradisional dan dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat yang di racik khusus untuk mengatasi penyakit yang satu ini.

Jenis pengobatan dengan menggunkan obat non alamiah tentu juga harus berdasarkan diagnosis sejauh mana gigi berlubang mempengaruhi tubuh sehingga pengobatan yang tepat guna menyembuhkan sakit gigi dapat dilakukan secara efektif.

Pengobatan dengan bahan alami

Bahan alami yang digunakan sebagai pengobatan gigi berlubang berdarah banyak di pilih orang karena khasiatnya yang terbukti manjur juga tidak memberikan efek samping apabila di gunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Garam mengandung yodium yang dapat bermanfaat dalam mengurangi dan meredakan nyeri pada gigi yang berlubang dan gusi. Penggunaan garam sebagai pengobatan gigi berlubang ini dapat dilakukan dalam beberapa cara seperti melarutkan sejumlah garam ke dalam air lalu air garam tersebut dikumur pada gigi yang berlubang atau dapat juga langsung menaburkan garam pada gigi yang berlubang walaupun awalnya agak perih ketika gigi menyentuh air garam ini namun khasiatnya dalam meredakan nyeri sakit gigi terbukti efekstif.
  • Bawang putih merupakan jenis bawang-bawangan yang mengandung antibiotik di dalamnya, sehingga banyak orang yang memanfaatkan bawang putih sebagai herbal dalam menjaga kesehatan tubuh. Cara menggunakan bawang putih pada gigi berlubang  dan gingivitis yaitu dengan menghaluskan bawang putih kemudian oleskan pada permukaan gigi yang sakit dan berlubang.
    Sponsors Link

  • Lada, rempah dapur yang satu ini juga dapat digunakan dalam pengobatan gigi berlubang berdarah, caranya yaitu dengan menghaluskan lada menjadi bubur dan masukan ke dalam rongga gigi berlubang yang sakit. Walaupun memberikan rasa perih pada gigi dan gusi dalam pemakaiannya lada juga ampuh dalam mengatasi penyakit
  • Getah daun jarak, getah yang terdapat pada jenis daun ini juga efektif dalam meredakan gejala nyeri akibat gigi dan gusi yang sakit. Caranya yaitu keluarkan getah pada daun dengan cara menghancurkannya dan ambil daun dengan kapas. Kapas dengan getah daun jarak inilah yang digunakan dengan cara measukannya ke dalam gigi yang berlubang dan diamkan beberapa menit maka nyeri pada gigi dan gusi berangsur-angsur akan reda.

Cara mencegah gigi berlubang yang dapat menyebabkan keluarnya darah dapat dilakukan beberapa cara seperti selalu membersihkan gigi dua kali sehari secara rutin, tidak mengesekan makanan terlalu keras pada gigi, menghindari makanan yang bertekstur keras, tidak mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung gula saat sebelum tidur. Jenis makanan yang dapat merusak gigi pada anak merupakan jenis makanan yang dapat merusak gigi dan pemicu gigi berlubang pada anak.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi