Sponsors Link

Gigi Berlubang Berdarah dan Bau – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Gigi berlubang berdarah dan bau adalah gangguan kesehatan yang pastinya sangat mengganggu anda karena rasa sakitnya bukan, tapi anda tidak perlu khawatir lagi karena anda bisa mengatasinya. Masalah gigi memang sangat banyak jenisnya, namun memang ketiga masalah ini selalu berkaitan adanya. Saat seseorang memiliki gigi yang berlubang parah, maka tidak dapat dihindari akan terjadi gigi berlubang dan berdarah, yang akhirnya menimbulkan penyebab gigi bau. Anda tentu ingin sekali mengetahui lebih jauh tentang masalah gigi yang satu ini. Berbagai informasi terkait apa saja penyebab gigi berlubang berdarah dan bau, gejala yang mengikutinya, dan apa cara mengatasinya akan coba dijelaskan pada artikel ini.

ads

Masalah berupa gigi berlubang berdarah dan bau adalah suatu masalah yang terjadi akibat kondisi gigi berlubang sudah benar-benar tidak bisa dikendalikan. Lubang akan terus meluas hingga akhirnya mencapai gusi dan menyebabkan adanya darah keluar secara tiba-tiba dari gigi berlubang tersebut. Apa yang menjadi penyebab gigi berlubang anda bisa sampai pada kondisi seperti ini? Ketahui informasi tersebut pada bagian di bawah ini.

Penyebab Gigi Berlubang Berdarah dan Bau Tidak Sedap

Gigi yang berlubang, kemudian gigi berdarah terus, dan akhirnya menimbulkan bau tidak sedap ternyata dapat terjadi akibat beberapa penyebab yang sering anda sepelekan. Anda perlu mengetahui terkait berbagai penyebab ini untuk menjadi lebih berhati-hati lagi selanjutnya. Semoga anda dapat menggunakan informasi ini untuk pencegahan gigi berlubang juga.

  1. Akibat Infeksi Bakteri di Gigi Berlubang

Penyebab pertama dari gigi yang berlubang lalu berdarah dan menimbulkan bau adalah infeksi. Infeksi ini dapat terjadi karena gigi berlubang tidak segera ditangani sejak dini. Anda membiarkan lubang semakin dalam dan parah bahkan mencapai hingga akar-akar gigi. Jika sudah infeksi hingga ke dalam, maka pengaruh bakteri semakin kuat untuk membuat gusi bengkak, berdarah, dan seperti tumbuh daging di gigi berlubang yang berbau.

  1. Akibat Munculnya Polip Pulpa di Gigi Berlubang

Anda juga dapat mengalami gangguan gigi seperti berlubang, berdarah, dan berbau ini karena pengaruh polip pulpa yang muncul. Polip pulpa adalah kondisi yang sangat terjadi akibat dari gigi berlubang yang kurang terawat. Akan terjadi tumbuh daging di gigi berlubang yang kemudian dapat menimbulkan darah. Darah di dalam mulut inilah yang kemudian menimbulkan bau mulut.

  1. Akibat Terjadinya Kanker Gigi di Gigi Berlubang

Waspadai juga adanya kemunculan kanker gigi di gigi berlubang anda. Kanker gigi sangat mungkin terjadi, khususnya ketika anda tidak memberikan perawatan yang tepat pada gigi berlubang anda ini. Anda diharapkan dapat mencegah terjadinya kanker gigi ini. Pasalnya tidak hanya berdarah dan berbau yang akan ditimbulkan, anda juga dapat mengalami disfungsi mulut dan bagian lain di dalamnya.

Gejala Gigi Berlubang Berdarah dan Bau Timbul Mengganggu

Setelah mengetahui berbagai penyebab gigi berlubang, berdarah, dan bau tidak sedap di atas, selanjutnya anda perlu mengetahui apa saja gejala yang mengikuti kondisi ini. Berikut ini akan coba dijelaskan setidaknya beberapa gejala yang mungkin dirasakan oleh penderita sakit gigi yang berkaitan dengan gigi berlubang, berdarah, dan bau tidak sedap.

Sponsors Link

  • Sakit dan nyeri terasa di gigi yang berlubang
  • Kepala terasa pusing dan badan lemas
  • Mulut terasa sepat dan tidak nafsu makan
  • Bau mulut menyeruak dari dalam mulut anda

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Berdarah dan Bau dengan Tepat

Kondisi berupa permasalah gigi yang berlubang, mengeluarkan darah, lalu bau ini harus segera diatasi. Berikut ini informasi mengenai beberapa cara mengatasinya yang dapat anda coba lakukan dan rasakan sendiri manfaatnya!

ads

  1. Mengatasi Gigi Berlubang dengan Berhenti Merokok

Cara pertama ini adalah dengan menghindari kebiasaan anda merokok. Rokok akan menyebabkan pembusukan disekitar gigi dan gusi manusia dan menyebabkan gigi yang berlubang semakin parah. Akan terjadi pembengkakan gusi dan kemudian keluar darah saat pecah. Itulah ketika masalah dengan gigi berlubang anda belum juga sembuh, sebaiknya anda mencoba untuk berhenti merokok. Paling tidak hentikanlah kebiasaan merokok hingga tidak terjadi lagi pendarahan dari gigi berlubang anda.

  1. Mengatasi Gigi Berlubang dengan Mengonsumsi Vitamin C

Cara kedua untuk mengatasi gigi berlubang yang keluar darah dan menjadi bau adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C secara rutin. Makanan yang mengandung vitamin C ini adalah obat alami gigi berlubang dan berdarah yang diketahui dapat memperlambat proses peradangan yang disertakan bau mulut setiap hari. Anda perlu menggunakan khasiat dari kandungan dalam vitamin C ini untuk memberikan khasiat penyembuhan dalam menghentikan pendarahan di gigi anda. Rasa segar dari kandungan vitamin C pun dapat membuat mulut terasa segar dan baunya menghilang dengan cepat.

  1. Mengatasi Gigi Berlubang dengan Rutin Menjaga Kebersihannya

Cara ketiga ini adalah mencoba mengurangi efek sakit dan keparahan dari gigi berlubang yang berdarah dan berbau dengan selalu menggosok gigi. Kebiasaan anda dalam menggosok gigi ini harus dilakukan setidaknya 2 kali dalam satu hari.  Langkah berupa cara mengatasi ini sudah terbukti akan membuat bakteri yang masuk ke gusi dapat diusir dan tidak membuat lubang semakin parah. Pendarahan pun dapat dicegah dan tidak ada bau mulut lagi sebagai akibatnya.

  1. Mengatasi Gigi Berlubang dengan Mengonsumsi Pepper Mint

Cara terakhir atau kelima ini dilakukan dengan menggunakan khasiat dari permen mint. Konsumsi pepper mint ini sebanyak 2 kali dalam sehari yang dapat membantu membersihkan gigi lebih menyeluruh. Gigi anda pun dapat kembali menghilangkan bakteri yang menyebabkan pendarahan. Wangi khas dari pepper mint pun akan menjadi cara menghilangkan bau mulut anda lebih cepat.

Sudah dijelaskan secara lengkap informasi terkait penyebab, gejala, dan cara mengatasi gigi berlubang berdarah dan bau di atas. Semoga anda dapat menemukan manfaat dari informasi di atas untuk masalah gigi anda. Mulai dari sekarang, cobalah untuk selalu memberikan perawatan terbaik untuk gigi berlubang anda. Jadi anda tidak perlu merasakan masalah gigi berlubang hingga berdarah dan berbau lagi. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini