Sponsors Link

Apakah Benar Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Kematian?

Sponsors Link

Masalah gigi berlubang seperti gigi taring berlubang masih menjadi salah satu masalah gigi masyarakat Indonesia sebab kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi masih sangat minim meski sudah begitu banyak edukasi yang disebarkan. Memang tidaklah mudah untuk membangun kesadaran menjaga kebersihan gigi namun hal ini tetap penting untuk dilakukan karena gigi berlubang bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti infeksi pernapasan, diabetes, penyakit jantung, sedangan stroke, masalah kehamilan dan bahkan kanker.

ads

Akibat Gigi Berlubang

Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang gigi berlubang sehingga kebiasaan buruk tidak membersihkan gigi dengan baik sebaiknya harus segera diubah secepatnya. Gigi berlubang bisa menyebabkan banyak masalah seperti beberapa gangguan berikut ini.

  • Gigi berlubang yang tidak segera ditangani nantinya bisa mengakibatkan infeksi gigi atas bagian belakang dan menyebar hingga ke sinus belakang mata. Bakteri akan masuk ke otak dan bisa menyebabkan kematian.
  • Gigi berlubang disebabkan karena bakteri yang memproduksi asam sehingga membuat lubang pada gigi sehingga timbul rasa sakit, infeksi bahkan sampai penyebab gigi tanggal di usia muda.
  • Gigi memiliki 3 lapisan yakni dentin yang merupakan lapisan tengah, enamel yang merupakan lapisan luar dan pulp yakni bagian tengah gigi yang terdiri dari pembuluh darah dan saraf. Jika lapisan yang diserang bakteri semakin banyak, maka kerusakan gigi yang terjadi juga semakin parah.
  • Plak yang terbentuk di gigi dan juga gusi mengandung banyak bakteri dan bisa menyebabkan gigi berlubang. Namun semua itu bisa tetap terkontrol dengan menyikat gigi secara baik dan benar serta menggunakan flossing gigi.
  • Bakteri akan memakan gula dari makanan yang kita konsumsi sehingga nantinya akan menghasilkan asam dan akan menyerang gigi sekitar 20 menit sesudah makan. Enamel gigi akan menjadi lapisan pertama yang dihancurkan karena asam yang dihasilkan bakteri tersebut.
  • Saliva atau air liur berguna untuk menetralisir asam di area mulut. Untuk masalah gigi berlubang, saliva atau air liur yang berkurang nantinya menyebabkan bakteri terakumulasi sehingga tingkat keasaman di area mulut akan semakin tinggi.

Alasan Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Kematian

Gigi berlubang awalnya akan terlihat dari berubahnya warna pada gigi seperti kelainan gigi berwarna coklat, abu abu atau hitam dengan bentuk seperti garis atau titik yang semakin lama akan semakin besar. Jika tidak segera diobati, maka lapisan pulp gigi akan terinfeksi kemudian membentuk abses di sekitar tulang gigi dan akan menyebabkan rasa sakit bahkan bisa menimbulkan demam.

Abses gigi yang tidak diobati ini akan semakin menyebar ke dalam jaringan sehingga wajah dan kulit akan terlihat membengkak. Abses gigi juga nantinya akan menyebabkan infeksi ruang, sesak nafas, sulit menelan dan juga kematian. Kasus gigi berlubang bisa menyebabkan kematian memang terbilang jarang terjadi namun bisa tetap terjadi ketika infeksi dari gigi berlubang sudah menyebar ke otak. 

Sponsors Link

Hal ini juga disebabkan gigi berlubang berkaitan dengan penyakit jantung. Para ahli mengatakan jika sakit pada gusi atau abses gusi karena gigi berlubang bisa menyebabkan kondisi jantung akan semakin memburuk yang juga bisa menyebabkan penyakit stroke. Infeksi oral pada penderita cerebrovascular ischemia yakni aliran darah yang dibawa menuju otak tidak mencukupi nantinya bisa memicu stroke iskemik dan kedua penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian.

Masalah gigi berlubang juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya seperti rheumatoid yakni gangguan autoimun yang akan berdampak pada sendi sehingga membuat penderita harus menyingkirkan gigi yang abses karena dengan menghilangkan jaringan yang sudah terinfeksi, maka kesehatan penderita bisa dikembalikan seperti semula. 

Sponsors Link

Dari penjelasan diatas sudah bisa dibuktikan jika masalah gigi berlubang bisa menyebabkan kematian memang benar adanya sebab gangguan pada gigi nantinya bisa membuat berbagai organ seperti jantung dan otak ikut terinfeksi dan kematian pada penderita bisa terjadi sekaligus menyebabkan jenis jenis penyakit gigi yang lainnya. Untuk mencegah hal tersebut, maka langkah pencegahan gigi berlubang menjadi cara terbaik untuk dilakukan. Rutin menyikat gigi dua kali sehari, tidak mengkonsumsi cemilan sebelum tidur dan menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi menjadi beberapa pencegahan gigi berlubang yang cukup mudah anda lakukan mulai dari sekarang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi