Sponsors Link

Penyebab Gigi Berlubang karena Makanan Asam

Sponsors Link

Hampir semua orang sangat menyukai makanan yang asam. Selain karena dianggap nikmat, makanan dan minuman dengan rasa asam juga dianggap bisa menyegarkan mulut serta tenggorokan. Akan tetapi, apakah anda mengetahui jika gigi berlubang karena makanan asam bisa terjadi jika dikonsumsi terlalu berlebihan khususnya bisa memicu masalah gigi sensitif yang membuat gigi terasa ngilu atau bahkan gigi berlubang?. Lalu, mengapa makanan dan minuman yang asam bisa menyebabkan masalah gigi berlubang?, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

ads

Penyebab Masalah Gigi Berlubang

Gigi berlubang atau karies adalah proses ketidakseimbangan antara pelepasan mineral dari dalam gigi dan juga pengembalian mineral ke dalam gigi. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi proses ini, seperti:

  • Frekuensi konsumsi karbohidrat.
  • Akumulasi plak pada gigi.
  • Frekuensi paparan asam.
  • Kualitas dan juga kuantitas air liur yang kurang baik dan kurang memadai.
  • Asupan fluoride yang kurang.

Makanan Asam Menyebabkan Gigi Berlubang

Gigi berlubang karena makanan asam terjadi karena mineral mineral yang terkandung di dalam gigi akan lebih cepat hilang dan mengawali terbentuknya masalah gigi berlubang seperti gigi taring berlubang. Beberapa contoh paparan asam diantaranya adalah mengkonsumsi minuman energi, minuman soda, jus buah, kuah pempek dan juga perasan air lemon.

Penjelasan singkatnya adalah pH rongga mulut akan turun secara drastis ke tingkat terendah serta akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Kondisi mulut yang sangat asam tersebut memungkinkan terjadinya pelepasan mineral mineral dari dalam gigi dan akhirnya lubang pun mulai terbentuk.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 209 disimpulkan jika pasien yang mengkonsumsi minuman bersoda dan juga jus buah dengan volume total 1.5 liter per hari selama 6 tahun akan menyebabkan masalah gigi berlubang bahkan hingga gigi berlubang tembus gigi di hampir semua bagian leher gigi.

Sedangkan penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2006 menyebutkan jika minuman berkarbonasi dan juga jus buah bisa menyebabkan gigi kehilangan mineralnya hingga mencapai 50 persen pada menit pertama.

Untuk itu, dalam kasus pencegahan masalah gigi berlubang yang bisa anda lakukan adalah dengan mengurangi frekuensi konsumsi asam khususnya kuah pempek dan juga perasan air lemon. Selain itu sesudah anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam, maka tunggu sekitar 40 menit kemudian baru dilanjutkan dengan menyikat gigi memakai pasta gigi yang mengandung fluoride serta tingkatkan asupan air mineral hingga 2 liter per hari yang juga bisa menjaga pH rongga mulut agar bisa tetap normal.

Namun jika anda sudah terlanjur mengalami masalah ggii berlubang, mak sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan langsung sehingga anda bisa memperoleh perawatan non invasif atau invasif yang tepat.

Makanan Asam Penyebab Gigi Sensitif

Selain bisa menyebabkan gigi berlubang, makanan dan minuman asam juga bisa menyebabkan gigi sensitif. Makanan dan minuman yang mengandung kadar asam tinggi seperti buah mengandung citrus, minuman soda, wine, yogurt dan cuka bisa menyebabkan erosi email gigi.

Gigi sensitif bisa terjadi karena lapisan dentin gigi yang sudah terbuka. Sedangkan makanan dan minuman yang memiliki rasa asam sangat rentan memicu masalah gigi sensitif selain juga bisa disebabkan karena makanan yang panas atau dingin.

Sponsors Link

Untuk mencegah hal ini, sebaiknya usahakan untuk menghindari gosok gigi langsung sesudah mengkonsumsi makanan yang asam. Jika anda memang ingin menggosok gigi, maka tunggu hingga minimal 30 samapi 60 menit sesudah makan sebab jika anda langsung menggosok gigi sesudah mengkonsumsi sesuatu yang asam, maka hanya akan mengikis email dentin yang akhirnya membuat gigi anda mengalami abrasi.

Meski beberapa pencegahan untuk gigi berlubang karena makanan asam yang sudah kami berikan di atas terdengar sangat sederhana, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak melakukan berbagai anjuran dan larangan tersebut dengan teratur dan akhirnya masalah gigi berlubang pun terjadi. Semoga ulasan kali ini bisa banyak menambah informasi anda khususnya tentang dampak asam pada gigi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi