Sponsors Link

Gigi Berlubang Pada Anak 2 Tahun – Penyebab dan Pencegahannya

Sponsors Link

Orangtua memiliki banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam kesehatan balita mereka, tapi gigi berlubang pada anak 2 tahun sering diabaikan. Rongga disebabkan oleh kerusakan gigi, yang merupakan salah satu masalah kesehatan masa kanak-kanak yang paling umum. Faktanya, 42 persen anak-anak memiliki gigi berlubang pada gigi bayi mereka dan 21 persen anak di bawah usia 11 tahun mendapatkan gigi berlubang di gigi permanen mereka seperti gigi bungsu berlubang.

ads

Apa Penyebab Gigi Berlubang pada Balita?

Salah satu cara yang paling umum bayi dan balita mendapatkan gigi berlubang adalah dari botol, perawatan, dan minuman mereka. Meskipun semua ini dimaksudkan untuk memberi nutrisi bagi anak-anak, gula tersebut dapat memiliki efek bertahan pada gigi mereka seperti gigi taring berlubang. Anak-anak yang tertidur saat menyusui atau dengan botol di mulut mereka berisiko lebih besar mengalami kerusakan gigi karena gula yang bersentuhan dengan gigi mereka dalam jangka waktu yang lama.

Bagaimana Gigi Berlubang Mempengaruhi Balita?

Bakteri dari rongga bisa masuk ke sistem saraf balita dan menyebabkan gigi yang terserang , reaksi yang menyakitkan pada akar gigi. Bakteri kemudian bisa masuk ke aliran darah dan dalam kasus yang jarang terjadi, bisa memiliki efek kesehatan yang parah seperti bahaya gigi berlubang berdarah.

Tips Pencegahan 

Mengobati gigi anak-anak Anda dengan benar adalah langkah pertama membantu balita menghindari gigi berlubang. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu mencegah gigi berlubang pada balita Anda:

  • Orang tua sebaiknya tidak membiarkan anak-anak mereka tertidur saat menyusui atau dengan botol.
  • Anak-anak hanya diperbolehkan membawa-bawa gelas sippy yang diisi air daripada jus manis.
  • Orang tua harus menyikat gigi anak-anak mereka dua kali sehari dan mulai membersihkan gigi setelah gigi mereka saling bersentuhan.

Kapan Haruskah Saya Bawa Anak Saya ke Dokter Gigi?

Anak-anak harus dibawa ke dokter gigi sekitar hari ulang tahun pertama mereka, atau sekitar enam bulan setelah gigi pertama mereka masuk. Bawa anak Anda ke dokter gigi dapat membantu balita Anda tetap bersih dari gigi berlubang dan memiliki seperangkat gigi bersih dan sehat seperti manfaat kunyit untuk gigi berlubang.

Orangtua sering berasumsi bahwa anak-anak mendapatkan rongga karena mereka lemah dalam menyikat gigi dan flossing. Itu benar sampai batas tertentu, tapi yang sedikit orang ketahui adalah bahwa kerusakan gigi adalah penyakit yang dikenal sebagai karies gigi yang disebabkan oleh kuman tertentu, menyebar dengan mudah di dalam keluarga, dan bisa bertahan seumur hidup. Terlebih lagi, ini lebih sering terjadi pada anak-anak daripada penyakit kronis lainnya, termasuk asma dan diabetes.

Pembusukan gigi dimulai dengan sekelompok kuman yang disebut mutans streptococcus. Bakteri juga menciptakan plak – film kekuningan yang terbentuk di gigi dan mengandung lebih banyak asam perusak email. Begitu area tanpa kalsium menjadi cukup besar, permukaan gigi roboh, dan itu adalah rongga. Bayi lahir tanpa bakteri berbahaya ini di mulut mereka, dan penelitian telah membuktikan bahwa ibu biasanya menginfeksi anak-anak mereka sebelum usia 2 tahun. Hal itu terjadi saat Anda mentransfer air liur Anda ke mulut anak Anda  dengan berulang kali makan dari Sendok yang sama dengan bayi Anda seperti cara mencegah karang gigi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini