Sponsors Link

7 Penyebab Gigi Berlubang Parah Busuk dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi berlubang parah busuk tentu menjadi masalah yang tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Permasalahan gigi seperti ini umumnya menjadi keluhan masyarakat saat ini. Entah itu dari faktor kebersihan gigi ataukah dari pola makanan yang kurang diperhatikan. Yang jelas masalah gigi berlubang busuk parah ini akan terus disertai dengan efek samping yang sangat luar biasa. Seperti gigi berlubang berdarah, sakit gigi yang teramat sangat, tumbuhnya benjolan pada gusi, atau bahkan efek samping yang lebih parah lagi.

ads

Banyak faktor yang mendasari seseorang memiliki gigi berlubang parah busuk. Berikut adalah penyebab gigi berlubang parah busuk yang dapat anda ketahui agar nantinya kerusakan gigi tidak semakin parah lagi:

  1. Kurangnya Menjaga Kebersihan Gigi

Umumnya gigi berlubang disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan gigi yang anda lakukan setiap hari. Gigi menjadi bagian penting yang digunakan untuk mengunyah makanan setiap hari. Apabila tidak rutin dibersihkan, sisa makanan yang menempel di sela gigi akan menyebabkan penumpukan plak yang menjadi sarang berkembangnya sejumlah kuman dan bakteri (baca juga: cara menghilangkan plak pada gigi). Lama kelamaan kuman dan bakteri akan melemahkan lapisan pelindung gigi yang dapat menyebabkan adanya lubang gigi atau karies gigi.

  1. Cara Menyikat Gigi yang Salah

Cara menyikat gigi yang salah ternyata juga berpotensi terhadap kerusakan gigi terutama untuk gigi berlubang. Pada saat anda menyikat gigi, sebaiknya perhatikan cara menyikat gigi dengan benar. Tujuannya agar sisa-sisa makanan dan noda pada gigi terangkat dengan sempurna.

  1. Pola Makan

Pada dasarnya makanan yang anda konsumsi setiap hari sebagian besar menimbulkan permasalahan pada gigi khususnya untuk gigi berlubang besar. Makanan yang menyebabkan gigi berlubang inilah yang menjadi faktor penyebab gigi berlubang parah busuk yang terus bertambah besar. Jika hal ini dibiarkan, maka sejumlah masalah yang lebih berbahaya pun bisa muncul tatkala gigi berlubang besar yang dibiarkan begitu saja.

  1. Gigi Berlubang yang Tidak Teratasi dengan Sempurna

Saat gigi anda menunjukan tanda-tanda akan ada kerusakan, umumnya anda membiarkan begitu saja tanpa ada tindakan yang dilakukan. Dimana kerusakan tersebut akan berpotensi terhadap terjadinya masalah gigi berlubang yang semakin parah. Penggunaan obat sakit gigi menjadi cara terbaik untuk menuntaskan permasalahan gigi berlubang. Namun, penggunaan obat sakit gigi berlubang dan ngilu tersebut hanya akan menghilangkan rasa sakit tanpa menuntaskan gigi berlubang dengan sempurna.

Dari beberapa penyebab gigi berlubang parah busuk di atas, jika dibiarkan dalam waktu yang lama tentu akan menimbulkan masalah baru yang lebih parah lagi. Masalah penyakit gigi pun menjadi momok yang begitu menakutkan apabila gigi berlubang tidak teratasi dengan benar. Berikut akibat gigi berlubang parah busuk yang tidak teratasi dengan baik dan benar:

5. Infeksi Pada Pembuluh Darah

Apabila gigi berlubang berdarah dan besar yang sudah parah dan membusuk dibiarkan begitu saja, tentu akan menimbulkan efek samping yang lebih berbahaya. Salah satunya adalah terjadinya infeksi pada pembuluh darah. Hal ini disebabkan adanya kuman dan bakteri yang terdapat di dalam gigi berlubang yang masuk terinfeksi ke dalam saluran pembuluh darah. Jika hal tersebut terus dibiarkan, tentu akan mempengaruhi organ tubuh lainnya.

Sponsors Link

6. Gangguan Saraf Gigi

Efek samping gigi berlubang parah busuk yang tidak dicabut atau dibiarkan begitu saja juga berdampak pada gangguan saraf gigi. Kemungkinan saat terjadi rasa sakit yang luar biasa, maka saraf di sekitar gigi pun akan terus menegang dan dalam kondisi yang tidak normal. Hal tersebut akan berakibat pada kondisi gigi yang tidak normal dan terus mengalami rasa ngilu yang sangat luar biasa.

7. Penyakit Komplikasi

Akibat terburuk dari gigi berlubang parah busuk yang paling menakutkan adalah terjadinya komplikasi sejumlah penyakit dan jenis-jenis penyakit gigi lainnya. Beberapa gangguan medis seperti kanker gusi stadium satu, tumor, kanker bahkan bisa menyebar ke sejumlah organ lain seperti jantung. Jika hal ini tidak segera dilakukan tindakan yang benar, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kematian secara mendadak.

Di lihat dari permasalan gigi berlubang, ternyata efek sampingnya dapat menyebar kemana-mana. Hal tersebut tentu harus mendapatkan perhatian khusus dari anda. Nah, apabila saat ini anda termasuk orang yang memiliki masalah gigi berlubang yang sudah membesar dan mengalami pembusukan. Maka untuk meminimalisir terjadinya resiko terburuk, anda dapat melakukan perawatan dan pencegahan sedini mungkin.

Sponsors Link

Cara Merawat dan Pencegahannya

Gigi berlubang besar parah dan busuk bermula dari adanya karies gigi yang dibiarkan begitu saja. Saat karies sudah terjadi dan belum terlihat begitu membesar. Anda bisa melakukan sejumlah perawatan atau pencegahan agar gigi berlubang tidak bertambah besar. Salah satu cara yang paling disarankan adalah dengan rutin menjaga kebersihan gigi. Minimal anda harus menggosok gigi 2 kali sehari yakni di pagi dan di malam hari sebelum tidur dengan cara menyikat gigi dengan benar.

Selain itu, jagalah pola makan khususnya untuk makanan penyebab gigi berlubang. Hindari kebiasaan merokok atau minum-minuman beralkohol yang bisa memperburuk kondisi gigi berlubang parah busuk yang anda alami dan cari solusi gigi berlubang parah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini