Sponsors Link

Gigi Berlubang Tembus Gusi – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Gigi berlubang tembus gusi diketahui adalah salah satu efek bahaya jika anda tidak mengobati gigi berlubang anda, oleh sebab itu baiknya anda mengetahui berbagai informasi terkaitnya pada bagian di bawah ini. Gigi berlubang adalah suatu kondisi yang dapat anda alami akibat dari mengalami penumpukan bakteri. Bakteri ini kemudian menyebabkan kondisi gigi melemah dan mudah rusak.

ads

Perlahan-lahan, lapisan gigi pun dapat berlubang. Penyebab gigi berlubang ini yang kemudian dapat menimbulkan banyak efek samping lainnya. Salah satu efek gigi berlubang yang berbahaya adalah lubang tersebut tembus hingga ke gusi. Jika sudah sampai ke gusi, biasanya akan tumbuh daging di gigi berlubang anda. Akhirnya, gigi berlubang anda pun akan mengeluarkan bau. Itulah mengapa gigi berlubang termasuk dalam penyakit yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

Penyebab Gigi Berlubang Tembus Gusi

Perihal penyakit dan masalah gigi yang satu ini anda tentu perlu mengetahuinya lebih lengkap. Mulai dari apa penyebabnya, gejalanya, hingga cara mengobatinya perlu anda ketahui. Pertama-tama, cobalah anda mengetahui apa saja penyebab gigi berlubang dapat tembus hingga ke gusi dengan mempelajari bagian di bawah ini.

  1. Gigi Berlubang sudah Melebar dan Tidak Pernah Anda Tambal

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan gigi berlubang tembus hingga ke gusi adalah karena selalu dibiarakan dan tak diobati. Pengobatan ini sebenarnya cukup sederhana yaitu dengan tambal gigi. Sayangnya anda sering menyepelekannya. Akhirnya, gigi anda terus semakin dalam berlubangnya. Lubang terus menyentuh hingga ke bawah dan kemudian bahkan dapat melubangi gusi gigi anda juga menyebabkan bahaya gigi berlubang berdarah. Jadi berhati-hatilah dengan penyebab yang satu ini.

  1. Gigi Berlubang Merusak Struktur Tulang dan Rahang Anda

Anda juga perlu mewaspadi penyebab kedua dari gigi berlubang yang melebar hingga menembus gusi. Alasannya adalah karena anda selalu membiarkan dan tak mengobati gigi berlubang, maka akan mempengaruhi struktur tulang dan rahang anda. Jadi gigi berlubang dapat meluas ke bagian laiinya sampai sebagian permukaan gusi menjadi terinfeksi. Sehingga membuat kerusakan sistem rahang gigi berlubang anda pun terasa semakin nyeri dan keparahannya sudah semakin tinggi.

  1. Gigi Berlubang Membuat Lapisan Gigi Terus Semakin Keropos

Selanjutnya, penyebab yang ketiga ini sudah dipastikan kalau sakit gigi berlubang dapat membuat gigi anda rusak dan sekaligus menembus hingga ke gusi. Pasalnya, gigi berlubang terjadi karena pengaruh dari bakteri. Jika anda tidak langsung mengatasinya maka bakteri ini akan terus merusak dan merusak lapisan gigi dan menyebabkan banyak lagi jenis jenis penyakit gigi. Lapisan gigi pun menjadi keropos dan lebih mudah berlubang. Tanpa butuh waktu lama maka gigi berlubang anda pun akan sampai  menembus gusi anda yang tidak terjaga kesehatannya.

Sponsors Link

  1. Gigi Berlubang Membuat Gusi Rusak dan Melemah Hingga ke Bagian Akarnya

Terakhir, penyebab dari gigi berlubang anda dapat hingga menembus gusi adalah karena gusi memang sudah rusak dan melemah hingga ke bagian akarnya. Hal ini sangat mungkin terjadi, khususnya karena memang pengaruh bakteri yang sangat kuat dalam merusak kesehatan mulut anda yang kurang terjaga. Jadi pastikanlah untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda untuk dapat mencegahnya.

ads

Berbagai Gejala Gigi Berlubang Tembus Gusi yang Perlu Diwaspadai

Anda juga perlu mengetahui apa saja gejala dari kondisi ini. Mengetahui gejala sejak awal akan membantu anda dapat mendeteksinya lebih cepat. Akhirnya, gigi berlubang yang tembus gusi ini lebih cepat dapat anda tangani. Berikut ini beberapa gejalanya yang perlu anda waspadai mulai dari sekarang.

  • Rasa nyeri di gigi berlubang yang tak tertahankan
  • Keluarnya darah dari lubang gigi anda
  • Munculnya daging tumbuh di gigi berlubang yang tidak terawatt
  • Nafas dan bau mulut menjadi tidak mau hilang lagi

Cara Mengobati Gigi Berlubang Tembus Gusi dengan Efektif

Sudah setelah mengetahui apa saja penyebab dan gejala dari gigi berlubang yang tembus gusi, anda kali ini akan diberitahu bagaimana cara yang tepat untuk dapat membantu mengobatinya. Anda tentu tidak akan tahan berlama-lama dengan rasa nyerinya, belum lagi bau mulut yang dihasilkannya. Jadi cobalah anda selalu mengingat beberapa cara mudah di bawah ini untuk membantu penyembuhannya.

  1. Mengobati Gigi Berlubang yang Tembus Gigi dengan Perawatan dan Pemeriksaan Dokter

Pengobatan pertama ini dapat anda lakukan dengan rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan ke dokter gigi. Perawatan dan pemeriksaan ini dapat mengobati gigi berlubang yang sudah meluas hingga ke gusi. Langkah ini dilakukan agar seluruh gusi yang terkena efek gigi berlubang tersebut dapat diselamatkan dengan cara dicabut menggunakan perhatian yang tepat dari dokter. Sekaligus perawatan ini pun dapat menjadi cara mencegah gigi berlubang muncul kembali.

  1. Mengobati Gigi Berlubang yang Tembus Gigi dengan Menyikat Gigi secara Rutin

Pengobatan kedua selanjutnya dapat anda lakukan dengan selalu mengupayakan kebiasaan buruk yaitu melakukan sikat gigi secara rutin. Alasannya sikat gigi ini dapat mengeluarkan penumpukan kotoran di dalam gigi berlubang yang menjadi sumber bakteri. Akhirnya, lama kelamaan bakteri tersebut akan hilang dengan sendirinya. Saat gusi anda sudah membaik perawatan gigi berlubang anda pun dapat dilakukan kembali.

  1. Mengobati Gigi Berlubang yang Tembus Gigi dengan Menggunakan Obat Kumur Alami

Pengobatan terakhir untuk sakit gigi berlubang yang tembus hingga ke gusi dapat anda lakukan dengan menggunakan obat kumur secara alami. Obat kumur alami dapat anda buat menggunakan baking soda. Kandungan dari baking soda ini akan membantu anda mengusir sarang bakteri yang ada di gigi berlubang. Jadi gunakanlah obat kumur untuk gusi bengkak ini untuk dapat membersihkan gigi berlubang anda secara lebih menyeluruh.

Itulah tadi informasi yang dapat disampaikan mengenai apa saja penyebab, gejala, dan cara mengobati gigi berlubang tembus gusi yang dapat membahayakan kesehatan anda. Saat ini cobalah untuk selalu menjaga kesehatan gigi anda. Jangan lagi anda malas menjaga kesehatan dan membuat gigi anda semakin parah. Khususnya untuk gigi berlubang, pastikan untuk segera melakukan pertolongan pertama. Jangan sampai kondisinya semakin parah dan menimbulkan gigi berlubang, berdarah dan bau meruak dari dalamnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi