Sponsors Link

Gigi Berlubang Tumbuh Daging – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi berlubang tumbuh daging adalah suatu kondisi di mana gigi yang berlubang telah mencapai kondisi yang paling parah dan dapat menimbulkan bahaya kesehatan. Kondisi di mana tumbuh daging di gigi berlubang ini tidak baru baru ini saja terjadi. Sebelumnya, sudah banyak anggota masyarakat yang menyatakan bahwa pernah mengalami daerah gigi yang berlubang kemudian tumbuh daging.

ads

Kondisi diketahui dapat menimbulkan bahaya karena gejala sakitnya pun tidaklah biasa. Lubang pada gigi memang adalah kondisi gangguan kesehatan gigi yang tergolong cukup banyak diderita masyarakat. Masalah ini terkait dengan bagaimana penyakit gigi berlubang sangat mudah terjadi akibat dari kurangnya ketekunan anda dalam menjaga kesehatan gigi.

Penyebab gigi berlubang, tentu berkaitan dengan bagaimana anda membiarkan sisa makanan menempel di gigi dan merusak lapisannya. Lapisan gigi yang terus menerus kotor akibat makanan ini akan perlahan lahan berlubang. Lubang pada gigi dapat terus melebar. Pada kondisi yang sudah semakin parah anda mungkin akan menemukan keadaan di mana di dalam lubang gigi anda muncul daging atau gusi dari gigi anda itu. Lalu apa sebenarnya penyebabnya dan bagaimana anda dapat mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Gigi Berlubang Tumbuh Daging dan Terasa Sakit

Pada bagian sebelumnya, sudah disebutkan ada banyak jenis gigi berlubang. Jenis gigi berlubang ini dapat dibedakan mulai dari yang sederhana hingga yang cukup kompleks. Perbedaan jenis lubang pada gigi pun dapat membedakan bagaimana cara mengatasinya. Namun, sebelum berbicara mengenai cara mengatasinya anda dapat mengetahui terlebih dahulu penyebab dari salah satu jenis gigi berlubang yaitu tumbuh daging di dalamnya. Berikut ini informasi terkait 5 penyebab gigi berlubang anda dapat tumbuh daging:

  1. Terbentuknya Karies pada Gigi

Penyebab pertama gigi anda dapat berlubang dan muncul daging di antara lubangnya adalah karena adanya karies. Karies pada gigi dapat terbentuk bisa sebagai akibat dari penyebab gigi abrasi karena kebiasaan kurang tekun dalam menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, pastikanlah untuk selalu membersihkan gigi anda dan menghindari karies gigi ini.

  1. Terbukanya Rongga Gigi Akibat Kuman

Kuman yang masuk ke dalam mulut anda diketahui pun dapat menjadi penyebab anda mengalami gigi berlubang. Lebih lanjutnya, kuman ini pun akan membuka rongga di gigi anda dan terjadilah pertumbuhan daging gusi ke antara rongga gigi ini.

  1. Terdapat Gigi yang Patah

Anda pun juga dapat mengalami tumbuh daging di gigi berlubang karena perbedaan tinggi gigi yang normalnya. Artinya, ada bagian dari gigi anda yang kemudian patah dan kepatahan gigi ini kemudian menyebabkan daging gusi tumbuh di antara gigi yang berlubang,

  1. Terjadi Kegagalan dalam Perbaikan Jaringan Gigi

Selanjutnya, anda pun harus mewaspadai adanya kerusakan pada jaringan gigi anda. Gigi yang rusak lapisan jaringannya biasanya akan melakukan upaya perbaikan. Sayangnya, upaya perbaikan ini dapat gagal untuk dilakukan. Kegagalan akan membuat gigi semakin dalam berlubang dan akhirnya membuat daging gusi masuk di antaranya dan menjadi penyebab gigi cenat cenut terasa.

  1. Terjadi Perubahan Produksi Hormon

Sebenarnya, produksi hormon yang berubah pun dapat menjadi penyebab kondisi ini. Kondisi di mana hormon anda terganggu proses produksinya diketahui dapat menyebab gusi rusak dan bengkak lalu pun terpengaruhi juga oleh kondisi gigi yang berlubang.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tumbuh Daging yang Berbahaya

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab dari tumbuhnya daging di gigi berlubang anda, maka selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana keadaan tersebut dapat diatasi. Berikut ini beberapa cara mengatasi yang perlu anda coba lakukan untuk mengobati dan meredakan rasa sakit yang anda alami:

  • Melakukan Operasi atau Pembedahan Kecil

Cara yang paling umum dilakukan dokter untuk mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan operasi kecil.

Sponsors Link

Dokter akan membelah daging gusi untuk mengeluarkan gigi yang berlubang dan kemudian membuat gusi dapat kembali tumbuh bebas.

  • Melakukan Penambalan Gigi

Jika daging tumbuh belum masuk benar ke gigi berlubang, maka cara lain yang dapat dilakukan oleh dokter adalah dengan menambal gigi. Gigi harus segera ditambal agar jangan sampai daging gusi tumbuh dan masuk ke dalam lubang gigi.

  • Melakukan Perawatan pada Akar Gigi

Akar gigi yang telah berlubang sangat penting untuk dipastikan terjaga kesehatannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa gusi di sekitarnya tidak mengalami masalah kesehatan lainnya. Jadi anda harus selalu merawat akar gigi agar tetap sehat dan pastikan tidak ada kemunculan ciri akar gigi tertinggal.

  • Melakukan Pemotongan Daging tanpa Cabut Gigi

Anda pun dapat menjalani upaya pengobatan berupa pemotongan daging yang berupa polip di gigi berlubang anda. Pemotongan polip ini dilakukan untuk menghindari proses pencabutan gigi. Jadi rasa sakit di gigi berlubang anda dapat lebih cepat diatasi.

  • Melakukan Pemasangan Penghalang pada Lapisan Enamel Gigi

Terakhir, upaya yang tergolong cukup asing anda dengar adalah pemasangan penghalang pada enamel gigi ini. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan daging semakin ke dalam lubang gigi anda. Atau cara terakhir anda dapat menggunakan obat penghancur gigi berlubang yang dapat menjadi alternatif penghalan pada gigi sebelumnya.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja penyebab dari gigi berlubang tumbuh daging dan bagaimana anda dapat mengatasinya. Semoga kondisi berupa gangguan kesehatan pada gigi berlubang ini segera dapat anda atasi dan anda pun tidak perlu lagi menderita sakit karena akibat dari daging tumbuh di sela sela lubang ini. Jagalah kesehatan gigi anda mulai dari sekarang sebagai cara mencegah gigi berlubang anda mengalami tumbuh daging.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi