Sponsors Link

Gigi Bungsu : Penyebab, Gejala, Efek Samping, Pengobatan

Sponsors Link

Gigi bungsu merupakan salah satu Macam Macam Gigi geraham, yaitu gigi geraham terakhir yang biasanya muncul pada usia remaja atau dewasa muda. Gigi geraham bungsu tumbuh pada usia belasan atau di awal usia dua puluhan tahun. Semua orang akan mengalami pertumbuhan gigi geraham bungsu ini. Biasanya pertumbuhan gigi geraham bungsu disertai oleh rasa sakit. Rasa sakit itu akan terus terjadi jika gigi geraham bungsu tumbuh tidak sempurna.

ads

Penyebab

Pada dasarnya gigi geraham bungsu bukanlah sebuah masalah. Namun yang menjadi masalah adalah jika pertumbuhannya tidak sempurnya. Penyebab tidak sempurnanya pertumbuhan gigi geraham bungsu ini sendiri adalah karena ruang rahang yang sudah sempit, sehingga gigi geraham ini tidak memiliki celah lagi untuk menempati ruang dari gusi tersebut. Kondisi inilah yang menyebabkan sakit dan tidak nyaman pada rongga mulut.

Gejala dari tidak sempurnanya pertumbuhan gigi bungsu adalah munculnya rasa sakit atau nyeri pada bagian gigi geraham. Selain itu, tidak sempurnanya gigi  geraham bungsu tumbuh ini juga membuat bagian gigi geraham bungsu tersebut sulit untuk dibersihkan. Akibatnya, sisa makanan yang menumpuk bisa menyebbakan plak pada gigi. Plak yang bercampur dengan bakteri bisa menyebabkan berbagai Jenis Jenis Penyakit Gigi itu sendiri, seperti misalnya:

  • Gigi berlubang
  • Infeksi pada jaringan lunak di sekitar gigi
  • Selulitis
  • Abses gigi
  • Pembusukan gigi
  • Kista atau tumor gigi (jarang terjadi)

Tentu saja kondisi di atas tidak diinginkan untuk terjadi. Maka dari itu, pengobatan perlu untuk dilakukan. Jika gigi geraham bungsu yang tumbuh mengalami rasa sakit dan rasa sakitnya tidak kunjung hilang, maka coba periksakan ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

Pengobatan

Masalah pada gigi geraham bungsu ini bisa diperiksakan ke dokter gigi untuk mengetahui apakah perlu dilakukan perawatan khusus gigi bungsu atau tidak. Dokter gigi akan melaukan diagnosis terlebih dahulu dengan memeriksa gigi secara fisik, baik posisi, maupun strukturnya. Bahkan pemeriksaan ini kadang juga ditunjang dengan rontgen untuk melihat struktur gigi yang lebih detail.

Jika muncul masalah lain pada gigi geraham bungsu seperti yang dijelaskan di atas, maka pembersihan dengan antiseptik bisa dilakukan. Pengobatan akan ditunjang dengan antibiotik untuk mengurangi efek dari aktivitas bakteri di dalam rongga mulut. Pada dasarnya perawatan ini adalah untuk mencegah masalah gigi yang lebih parah. Namun jika memang gigi geraham bungsu sudah menyebabkan berbagai masalah, hal ini bisa menjadi satu Alasan Gigi Harus Dicabut. Pencabutan gigi bungsu perlu dilakukan sebagai pengobatannya agar tidak terus menerus menyebabkan masalah pada rongga mulut.

Sponsors Link

Efek samping

Pencabutan gigi geraham bungsu diawali dengan pemberian obat bius lokal pada gusi. Proses pencabutan gigi ini bisa berlangsung 20 menit lamanya. Setelah pencabutan gigi geraham bungsu dilakukan, bisa jadi akan muncul efek samping yang perlu diketahui. Misalnya:

  • Rasa nyeri
  • Pembengkakan pada wajah atau mulut
  • Rasa geli pada mulut
  • Kekakuan rahang

Jika efek samping di atas terjadi, biasanya pasien akan direkomendasikan untuk menghindari rokok dan alkohol, serta menghindari aktivitas berat lainnya. Sebaliknya, pasien akan direkomendasikan untuk bisa mengonsumsi makanan lembut serta bisa juga mengonsumsi obat pereda rasa sakit jika diperlukan. Masa pemulihan setelah pencabutan gigi ini adalah kurang lebih 2 minggu.

Sponsors Link

Selain beberapa efek samping di atas, pencabutan gigi geraham bungsu juga bisa menyebabkan beberapa komplikasi yang perlu diwaspadai. Bahaya Cabut Gigi Geraham Atas tersebut antara lain seperti:

  • Demam
  • Bengkak dan nyeri berkepanjangan
  • Keluar cairan putih atau kuning
  • Alveolar osteitis (Bekuan darah terlepas atau tidak adanya bekuan darah sehingga menyebabkan rasa sakit pada gusi dan bau mulut, bahkan rasa tidak nyaman pada kekosongan gigi)
  • Cedera saraf (Gejalanya adalah rasa kesemutan atau kebas pada rongga mulut dan pipi disertai rasa nyeri berkepanjangan. Kondisi ini bisa menciptakan Bahaya Mematikan Syaraf Gigi yang perlu diwaspadai.)

Namun, beberapa komplikasi di atas biasanya hanya terjadi dalam hitungan hari atau minggu setelah prosedur pencabutan gigi geraham bungsu dilakukan, sehingga rasa tidak nyaman tersebut adalah rasa tidak nyaman sementara. Namun jika memang komplikasi terjadi dan menyebabkan rasa tidak nyaman selama berminggu-minggu, ada baiknya segera berkonsultasi kembali dengan dokter yang bersangkutan untuk mengatasi masalah tersebut.

Itulah penjelasan mengenai masalah gigi pada gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna. Jika memang gigi Anda mengalami masalah di atas, segera konsultasikan dengan dokter gigi agar segera mendapatkan pertolongan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi