Sponsors Link

Gigi Bungsu Atas Berlubang – Penyebab – Gejala – Pengobatan

Sponsors Link

Gigi bungsu atas berlubang pernahkah anda mengalaminya dan merasa tersiksa karena gejala yang ditimbulkannya pada kesehatan anda? Seperti yang sudah pasti anda ketahui, gigi berlubang adalah kerusakan pada lapisan enamel gigi yang tergerus oleh bakteri. Bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang ini disebabkan oleh sisa makanan yang tidak langsung anda bersihkan setiap waktu. Tahukah anda bahwa sisa makanan yang tertinggal selama dua jam sudah dapat menyebabkan awal dari lubang gigi? Jadi anda pun harus mewaspadai resiko bakteri di gigi ini untuk mencegah gigi berlubang.

ads

Bagian gigi yang paling mudah mengalami masalah berlubang adalah gigi geraham. Alasannya adalah karena gigi geraham merupakan gigi yang berfungsi untuk menghancurkan makanan. Jadi setiap makanan yang anda makan akan dihancurkan di gigi geraham. Jadi kebanyakan sisa makanan pun akan tinggal di gigi geraham ini. Anda harus mewaspadai gigi geraham ini berlubang, pasalnya gigi geraham bungsu akan muncul dan biasanya menyebabkan celah antara gigi geraham di sampingnya. Itulah mengapa sisa makanan sangat mungkin tertinggal di celah ini dan membuat anda harus menderita gigi berlubang.

Anda tentu ingin mengetahui segala informasi mengenai gigi bungsu bermasalah pada bagian atas karena berlubang ini, seperti mengetahui apa penyebabnya, bentuk gejalanya, cara pengobatannya, upaya pencegahannya, hingga perawatan. Seluruh informasi tersebut dapat diketahui pada penjelasan di bawah ini. Jadi terus simak penjelasannya pada bagian berikut.

Setiap masalah kesehatan pasti ada penyebabnya, seperti juga masalah gigi bungsu bagian atas yang berlubang ini. Berbagai kondisi dapat melemahkan lapisan enamel gigi, sehingga akhirnya gigi menjadi rapuh dan lama kelamaan berlubang. Berikut ini penjelasan mengenai 5 penyebab gigi bungsu anda yang atas berlubang:

  • Sisa Makanan Membusuk di Gigi

Pertama, anda dapat mengalami gigi berlubang dan mudah sakit karena adanya sisa makanan yang membusuk di gigi. Pembusukan makanan di gigi ini adalah sarang bakteri dan penyebab utama gigi berlubang.

  • Jarang/ Terlalu Sering Menggosok Gigi

Ternyata terlalu jarang atau terlalu sering menggosok gigi dapat membahayakan kesehatan gigi. Jika terlalu jarang, maka gigi akan kotor dan penuh bakteri. Lalu jika terlalu sering, lapisan email akan terkikis.

  • Terlalu Banyak Makan dan Minum Asam

Penyebab lain dari gigi bungsu atas berlubang adalah kandungan asam yang terlalu tinggi. Kandungan asam akan bercampur dengan lidah yang pH berbeda, dapat membuat gigi rapuh dan akhirnya berlubang.

  • Kebiasaan Merokok

Kandungan racun dalam rokok ada yang tidak baik untuk kesehatan gigi. Racun-racun ini akan membuat lapisan gigi anda rusak dan lebih mudah untuk terkikis. Akhirnya gigi anda pun akan berlubang kecil dan lama-lama berlubang besar.

  • Kebiasaan Membuka Kemasan dengan Gigi

Ada juga orang-orang yang sering membuka kemasan menggunakan gigi, bahkan membuka tutup botol. Anda yang sering melakukannya beresiko gigi patah dan kemudian meluas lubang patahnya.

Saat anda mengalami penyebab yang disebutkan sebelumnya, maka resiko anda untuk mengalam gigi bungsu atas menjadi berlubang semakin meningkat. Sangat mudah untuk kemudian anda mengalami gejala-gejala akibat gigi berlubang sebagai kelainan gigi bungsu. Berikut ini informasi mengenai gejala-gejala tersebut untuk membantu anda mendeteksi penyakit ini lebih cepat dan dapat segera menanganinya.

Sponsors Link

  • Nyeri di sekitar gigi berlubang
  • Gusi bengkak dan berdarah
  • Sakit kepala dan migrain di bagian gigi berlubang saja
  • Bau mulut karena pembusukan gigi
  • Kematian saraf gigi dan bisa mengancam keselamatan nyawa
  • Kesulitan mengonsumsi makanan karena gigi berlubang
  • Akar gigi sensitif dan kemudian menyebabkan masalah gigi hingga membahayakan
    ads

Setelah anda mendeteksi adanya gejala akibat gigi bungsu atas yang berlubang pada diri anda, maka selanjutnya anda harus segera melakukan upaya untuk mengatasinya. Anda perlu segera mengatasinya dengan teknik pengobatan yang tepat. Bedakan mana gigi berlubang parah dan yang masih awal. Ada beberapa teknik pengobatan berikut ini yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah gigi berlubang anda.

  1. Tambal Gigi Segera

Upaya paling awal dalam mengobati gigi bungsu yang berlubang di atas adalah dengan menambalnya. Teknik pengobatan ini sangat ampuh untuk lubang yang sangat kecil. Jadi pastikan untuk segera menambal gigi sebelum lubang besar.

  1. Pembuatan Crown Gigi

Crown gigi adalah bagian atas permukaan gigi yang akan rusak jika gigi sudah berlubang. Padahal crown gigi sangat penting fungsinya untuk mengunyah. Jadi pastikan untuk melakukan pembuatan crown gigi jika lubang sudah besar dan merusak permukaan.

  1. Pencabutan Gigi

Terakhir, jika gigi sudah terlanjur lubang besar dan membusuk maka cara satu-satunya adalah dengan mencabut gigi. Cabut gigi dilakukan dengan operasi untuk menghindari perluasan pembusukan dan menimbulkan bau. Namun ada kemungkinan efek operasi gigi bungsu ini.

Jika anda tidak ingin mengalami masalah berupa gigi atas berlubang dan sakit, maka anda harus segera melakukan upaya pencegahan. Pencegahan dari gigi berlubang ini dapat anda lakukan dalam beberapa cara. Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini:

  • Jaga Kebersihan Gigi dengan Rutin

Pencegahan yang pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memastikan gigi selalu bersih. Gigi yang bersih ini akan mengusir bakteri penyebab gigi berlubang dari mulut.

  • Gunakan Pasta Gigi mengandung Flouride

Pemilihan pasta gigi juga penting untuk memastikan gigi tidak mudah berlubang. Jadi pastikanlah untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride, karena flouride baik untuk menjaga kesehatan gigi.

  • Kurangi Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Ada beberapa makanan yang baik untuk anda konsumsi. Pilihlah makanan yang mengandung kalsium tinggi karena kalsium dapat menguatkan gigi agar tidak mudah berlubang dan terkikis lapisannya.

Terakhir anda perlu melakukan perawatan untuk gigi agar tetap terjaga kesehatannya, bentuk perawatan gigi yang paling sederhana yang dapat anda manfaatkan adalah rutin memeriksakan gigi. Pemeriksaan gigi ke dokter harus anda jadwalkan dengan rutin, misalnya 1x sebulan atau 2x sebulan. Setiap datang ke dokter mintalah dokter merawat gigi anda mulai dari memeriksa apakah ada gigi bungsu berlubang, karang gigi, dan masalah lainnya. Jika ada segeralah anda melakukan perawatan untuk mengendalikannya.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai gigi bungsu atas berlubang dan perlu anda ketahui segera. Seluruh informasi yang telah dijelaskan di atas diharapkan dapat membantu anda untuk lebih rajin lagi dalam menjaga kesehatan gigi. Jangan sampai gigi berlubang dan membuat anda tidak dapat melakukan kegiatan anda sehari-hari dengan tenang karena sakit gigi. Semoga mulai sekarang kesehatan gigi anda selalu terjaga!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini