Sponsors Link

Gigi Bungsu Berlubang – Penyebab, Gejala, Efek Samping dan Pengobatan

Sponsors Link

Mengalami gigi berlubang ?, biasanya gigi yang sering mengalami masalah berlubang yaitu gigi bungsu atau gigi geraham. Banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah gigi ini terjadi. Penyebab dan gejala masalah gigi bungsu tumbuh tidur.

ads

Untuk mengetahui bagaimana penyebab, gejala, efek samping sampai cara mengatasinya berikut ini penjelasannya mengenai gigi bungsu berlubang.

Penyebab Gigi Bungsu Berlubang

Faktor yang dapat menyebabkan gigi bungsu Anda berlubang bisa terjadi seperti beberapa penyebab seperti di bawah ini.

1. Kurang Menjaga Kesehatan Gigi

Anda mungkin menganggap sepele akan kebersihan gigi Anda, jarang merawat gigi dan bahkan tidak rutin membersihkan gigi Anda. Jika hal ini berlangsung lama dan tidak segera diperbaiki maka alhasil gigi Anda akan mengalami masalah yaitu berlubang, terutama gigi bungsu Anda. Akibatnya akan bertambah parah kalau saja Anda tidak segera bertindak. Berikut ini penyebab dan gejala gigi bungsu menusuk pipi.

2. Adanya Plak Pada Gigi Bungsu Anda

Penyebab lain gigi bungsu berlubang yaitu terdapat timbunan plak yang terlalu berkerak. Alhasil dampaknya akan memudahkan gigi bungsu Anda manjadi berlubang. Jika tidak dibersihkan maka kemungkinan akan menyebabkan masalah lain yang serius lagi. Oleh sebab itu rutin menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur antiseptik dan antibakteri. Salah satu tanda dan ciri-ciri gigi bungsu tumbuh yang wajib diketahui.

3. Bakteri dan Kuman

Bakteri dan kuman juga termasuk sebagai penyebab terjadinya gigi berlubang. Akibat gigi yang tidak dirawat dan dibersihkan secara rutin maka bakteri dan kuman berkembang biak dan akhirnya memicu lubang kecil sampai pada lubang besar yang jika hal ini terinfeksi oleh bakteri lain mengakibatkan rasa sakit dan nyeri teramat sangat. Berikut ini tanda dan efek samping gigi bungsu tumbuh beserta gejalanya.

4. Asupan Makanan

Makanan yang banyak mengandung asam, karbohidrat juga menjadi pemicu gigi bugsu berlubang. Oleh karena itu hindari makanan seperti cokelat, permen, gula, minuman bersoda, makanan bertepung seperti keripik, roti, pretzel, biskuit, dan makanan mengandung zat asam tinggi, obat – obatan mengandung gula dan lain sebagainya. Jadi kalau bisa kurangi asupanan makan pemicu gigi Anda berlubang. Inilah cara mengobati sakit gigi bungsu paling ampuh dan aman.

Gejala Terjadinya Gigi Bungsu Berlubang

Sebelum Anda mengalami masalah gigi bungsu berlubang tentu akan mengalami gejala yang dapat memicu kondisi gigi Anda semakin parah. Untuk menghindari hal tersebut berikut gejala yang harus diwaspadai : berikut ciri gigi bungsu bermasalah dan cara mengatasinya.

Sponsors Link

  • Timbul rasa nyeri dan sakit apabila ada makanan yang masuk ke dalam lubang gigi bungsu.
  • Timbul bau mulut yang kurang sedap, akibat kuman dan bakteri yang berkembang biak di dalam gigi bungsu yang berlubang.
  • Terjadinya rasa ngilu pada gigi berlubang Anda saat mengunyah makanan tertentu seperti makanan manis, minum es dan makanan yang terlalu panas. Yang perlu Anda ketahui, berikut pantangan setelah operasi gigi bungsu yang harus dihindari.
  • Terjadinya pembengkakan pada gusi akibat adanya infeksi gigi bungsu berlubang, hal ini sangat dirasa sakit dan nyeri.
    ads
  • Timbul sakit kepala akibat rasa sakit dan nyeri, sehingga gejala tersebut menjalar pada bagian syaraf lain di sekitar kepala.
  • Terjadinya pembengkakan pada pipi, rahang dan leher Anda akibat infeksi dan radang yang berkepanjangan. Salah satu akibat dan penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur dan cara mengatasinya.
  • Dapat memicu gejala deman seperti flu akibat rasa sakit yang teramat sangat dan infeksi yang mulai akut.
  • Keluar darah dari lubang gigi bungsu, bahkan bisa semakin parah sampai keluar nanah akibat infeksi dan radang yang dibiarkan begitu saja.
  • Warna gigi bungsu Anda berubah menjadi kecoklatan lalu timbul lubang kecil dan pada akhirnya menimbulkan rasa sakit pada bagian gigi.
  • Muncul timbunan plak pada sebagian gigi bungsu Anda, pertanda bahwa gejala gigi bungsu berlubang akan terjadi. Penyebab dan dampak gigi geraham bungsu tumbuh miring dan cara mengatasinya.

Efek Samping Gigi Bungsu Berlubang

Selain gelala , bahaya lain dari sakit gigi bungsu berlubang yaitu seperti beberapa contoh di bawah ini : salah satu penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur  dan cara mengatasi masalah tersebut.

  • Bakteri yang menumpuk di dalam mulut akan menyebar ke seluruh pembuluh darah dan bisa mengakibatkan system kekebalan tubuh menurun dan komplikasin penyakit lainnya.
  • Timbul rasa sakit dan nyeri pada bagian gigi dan gusi akibat infeksi dari bakteri dan kuman. Penyebab dan gejala gigi bungsu yang perlu Anda perhatikan.
  • Memicu radang dan pembengkakan pada bagian sekitar gigi, mulut, rahang, leher dan pipi.
  • Nafas Anda menjadi tidak sedap akibat dampak infeksi dan juga radang.
  • Memicu penyakit lain seperti radang sinusitis, sakit kepala berat, penyakit tumor gigi, kanker gigi dan penyakit berbahaya lainnya.
  • Bagi Anda pemakai bahel dan gigi palsu hal ini dapat menjadi terganggu bahkan terasa tidak nyaman. Berikut ini bahaya gigi geraham tumbuh miring yang harus diwaspadai.
  • Sulit untuk mengunyah makanan apalagi untuk menelan akibat radang dan bengkak pada gusi yang menjalar ke bagian lainnya.
  • Efek lain dari gigi bungsu berlubang akan berakibat pada gangguan mata dan otak akibat rasa sakit dan infeksi yang menjalar ke organ tubuh lain.

Cara Mengatasi Gigi Bungsu yang Berlubang

Bagi Anda yang merasakan dampak dan efek samping akibat gigi bungsu berlubang, dapat mencoba beberapa tips berikut untuk mencegah dan mengatasi rasa sakit dan gejala yang timbul akibat masalah gigi tersebut. Inilah cara mengobati sakit gigi belakang dengan cepat dan aman.

  • Rutin merawat gigi dan menjaga kebersihan gigi secara teratur.
  • Lakukan pemeriksaan gigi minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi atau pusat kesehatan terdekat, agar kondisi gigi Anda sehat dan terjaga.
  • Gunakan obat kumur antiseptic, antibakteri yang aman untuk kesehatan gigi Anda. Salah satu cara mengobati sakit gigi berkepanjangan dengan ampuh yang dapat Anda coba.
    Sponsors Link

  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, asam dan terlalu bertekstur keras.
  • Obati sakit gigi berlubang Anda dengan cara alami seperti penggunaan es batu, larutan garam dan obat lain yang aman dan mujarab untuk mencegah gigi berlubang. Penyebab dari gigi geraham berlubang dan hitam penyebab dan cara mengatasinya.
  • Obati sakit gigi bungsu Anda dengan obat medis dengan aman dan dengan resep dokter.
  • Jika memang sudah semakin parah segera tindaklanjuti dengan melakukan tambal gigi atau cabut gigi. Penjelasan penyebab dan efek samping gigi geraham hitam dan cara mengatasinya.

Demikian pemaparan mengenai dampak gigi bungsu berlubang yang dapat Anda hindari sedari dini. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan gigi dengan tepat dan teratur.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi