Sponsors Link

Mengapa Terkadang Gigi Bungsu Harus Dicabut?

Sponsors Link

Gigi bungsu atau gigi molar ketiga merupakan gigi yang terakhir tumbuh. Gigi ini umumnya tumbuh diantara usia 17 sampai 20 tahun. Hampir sekitar 90% orang yang berumur 20 tahun setidaknya mempunyai 3 gigi bungsu yang sudah tumbuh dan 1 gigi bungsu yang belum tumbuh atau hanya baru tumbuh sebagian dan biasanya bisa menimbulkan rasa menyakitkan sebagai salah satu efek samping gigi bungsu tumbuh. Selain itu gigi bungsu juga bisa tumbuh sampai seseorang berusia 30 tahun. Selain tumbuh paling akhir, gigi bungsu juga mempunyai ciri yang sedikit berbeda dengan gigi lainnya dan bahkan terkadang gigi bungsu harus dicabut lewat operasi gigi bungsu. Lalu, apa itu sebenarnya gigi bungsu dan kenapa terkadang harus dicabut?.

ads

Karakteristik Gigi Bungsu

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, karakteristik gigi bungsu memang berbeda dengan jenis gigi lainnya.

  • Gigi bungsu biasanya berjumlah 4 buah dan hanya 2% orang di seluruh dunia yang lahir tanpa gigi bungsu.
  • Gigi bungsu bisa menimbulkan gangguan jika pertumbuhannya miring sebagai salah satu ciri gigi bungsu bermasalah.
  • Dalam gigi bungsu terdapat stem cells atau sel punca yang bisa berguna untuk beberapa pengobatan.
  • Mencabut gigi bungsu tidak menimbulkan rasa sakit apabila disertai dengan obat penenang namun proses pemulihannya yang bisa menimbulkan rasa sakit. Sakit ini merupakan proses pemulihan yang bisa terjadi selama beberapa hari atau beberapa minggu sehingga ikuti saran dari dokter gigi agar rasa sakit bisa hilang secepatnya yang biasanya juga diberikan antibiotik untuk sakit gigi.
  • Penelitian dilakukan untuk mengetahui kenapa banyak orang yang harus melakukan operasi gigi bungsu sekaligus juga dilakukan penelitian untuk mencegah gigi bungsu tumbuh secara bersamaan.
  • Sakit bungsu merupakan alasan utama penderita ke dokter gigi. Nantinya gigi bungsu, gusi di sekitar gigi bungsu dan gigi di sekitar gigi bungsu akan diperiksa dengan cara nodus limfa pada leher untuk melihat pembengkakan dalam atau luar mulut.
  • Manfaat penting rontgen gigi biasanya dilakukan untuk memeriksa gigi bungsu apakah terinfeksi baik pada gigi bungsu, akar dan juga jaringan sekitar gigi bungsu.

Kapan Gigi Bungsu Harus Dicabut?

Gigi bungsu memang merupakan gigi yang paling sering dicabut karena beberapa gangguan yang terjadi di gigi bungsu. Berikut adalah beberapa masalah yang bisa membuat gigi bungsu harus dicabut.

  1. Perikoronitis

Perikoronitis merupakan peradangan yang terjadi pada jaringan sekeliling gigi bungsu yang baru tumbuh sebagian selain periodontitis. Sekitar 95% perikoronitis terjadi pada gigi bungsu bagian rahang bawah. Gigi bungsu yang bukan merupakan gigi penting untuk menggigit makanan umumnya akan membuat gigi ini dicabut. Beberapa tanda dari perikoronitis akut diantaranya adalah pembengkakan gusi yang terjadi di sekitar gigi bungsu dan juga tidak enak di dalam mulut.

Dalam beberapa kasus yang jauh lebih serius, penderita perikoronitis juga bisa terkena demam, nanah pada jaringan yang berhubungan dengan gigi bungsu serta kesulitan membuka mulut karena bahaya gigi bengkak di area gusi. Perikoronitis umumnya terjadi karena gigi bungsu yang mulai tumbuh namun perikoronitis ini jarang terjadi pada orang berumur di atas 30 tahun.

  1. Karies Gigi, Pulpitis dan Infeksi Akar Gigi

Karies gigi merupakan masalah yang sering terjadi khususnya di gigi bungsu. Jika dibiarkan dan tidak segera diobati, maka karies gigi bisa menyebabkan pul[itis yakni peradangan di sekitar pulpa gigi. Pulpitis bisa membuat gigi sakit dan berdenyut dan jika sampai menyentuh pulpa gigi dan tidak diobati, maka bisa menimbulkan infeksi akar gigi atau apical periodontitis. Infeksi akar gigi tersebut yang menjadi alasan paling sering kenapa gigi bungsu harus dicabut. 

Sponsors Link

  1. Periodontitis

Periodontitis bisa merusak jaringan serta tulang yang menyokong gigi dan bisa menyebabkan gigi tanggal di usia muda. Pengobatan paling efektif untuk mengatasi periodontitis adalah mencabut gigi yang kemudian diganti dengan gigi palsu.

Pengobatan dan Pencegahan Sakit Gigi Bungsu

Pengobatan yang dilakukan untuk gigi bungsu cukup beragam. Namun sebagai langkah pencegahan, maka sikat gigi dengan teratur menjadi kunci penting yang harus dilakukan. Gigi bungsu memang sedikit sulit dibersihkan karena lokasinya yang berada paling belakang sehingga gigi bungsu berlubang parah serta lebih mudah bolong bisa terjadi. Jika gigi bungsu baru tumbuh sebagian, maka akan semakin sulit dibersihkan karena masih berada di dalam gusi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini