Sponsors Link

Gigi Bungsu Menusuk Pipi – Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pernah mengalami pertumbuhan gigi bungsu ? Sangat tidak nyaman bukan. Hal ini dapat mengganggu dan menimbulkan rasa sakit apalagi gigi bungsu menusuk pipi, makin terasa rasa sakitnya, bahkan sampai terasa ke kepala. Berikut ini ciri-ciri gigi bungsu tumbuh yang perlu Anda ketahui.

ads

Untuk mengetahui mengenai bagaimana gigi bungsu menusuk pipi, mulai dari penyebab, gejala sampai pada cara mengatasinya, berikut ini penjelasannya untuk Anda :

Penyebab Gigi Bungsu Menusuk Pipi

Banyak penyebab yang menjadi timbulnya gigi bungsu tumbuh dan menusuk pipi Anda, berikut beberapa penjelasannya :

1. Ruang bagi Gigi bungsu tumbuh amat sempit, sehingga hal ini menyebabkan gigi bungsu tumbuh secara tidak normal. Ruang yang terbatas juga dapat menyebabkan gusi Anda terluka dan bengkak. Bahanya jika gigi bungsu tumbuh menusuk pipi, akan berakibat pada infeksi dan komplikasi penyakit mulut. Salah satu efek samping gigi bungsu tumbuh yang perlu diperhatikan.

2. Faktor gigi yang tidak rapi juga dapat menyebabkan gigi bungsu tumbuh tidak normal. Hal ini karena efek gigi yang lain tubuh tidak teratur otomatis gigi bungsu sulit mencari ruang dan pada akhirnya mengikuti arah gigi lain menumpuk pada ruang seadanya. Anda dapat mencoba cara mengobati sakit gigi bungsu yang berkhasiat.

3. Terjadinya komplikasi penyakit lain seperti masalah gigi bermasalah dan mulut yang tidak sempurna. Jika Anda memiliki masalah gigi seperti gigi yang maju kedepan atau gigi tonggos dan juga mulut cacat hal ini juga dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi bungsu menjadi terhambat. Susunan gigi bungsu menjadi sulit untuk tumbuh secara normal sesuai dengan pola gigi yang teratur. Berikut ini ciri gigi bungsu bermasalah yang perlu diperhatikan.

4. Akibat pemakaian behel yang terlalu menekan, hal ini juga akan berakibat pada struktur gigi bungsu akan sulit tumbuh dengan baik. Pemakaian behel yang tidak sesuai dengan aturan dokter akan berakibat buruk pada kesehatan gigi lainnya. Adanya pendarahan dan juga gigi bungsu akan sulit tumbuh secara normal. Inilah penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur  yang harus diwaspadai.

5. Faktor keturunan yang berakibat pada pertumbuhan gigi bungsu terhambat, bagi Anda yang memiliki riwayat gigi tidak bagus secara bentuk dan ruang tata gigi, maka hal ini juga dapat menimbulkan masalah pada pertumbuhan gigi bungsu Anda. Akan sulit bagi gigi bungsu untuk tumbuh secara normal jika secara turunan Anda memiliki kondisi bentuk gigi yang buruk. Bahaya dan dampak gigi geraham bungsu tumbuh miring yang perlu diperhatikan.

6. Perawatan dan cara menggosok gigi yang salah, hal ini terjadi selama Anda melakukan hal yang tidak benar. Tentu jika tidak segera diperbaiki akan mengganggu struktur tumbuh gigi dan juga menghambat gigi bungsu tumbuh secara normal. Oleh karenanya perhatikan bagaimana Anda melakukan gosok gigi dan merawat gigi dengan baik dan benar. Berikut ini penyebab dan mengatasi gigi geraham bungsu tumbuh tidur  yang perlu diperhatikan.

Gejala Gigi Bungsu Tumbuh Menusuk Gigi

Gejala awal yang perlu diwaspadai saat gigi bungsu Anda mulai tubuh, terutama tumbuhnya dalam posisi yang tidak normal. :

1. Jika gigi geraham bungsu tumbuh pada gusi, dengan ruang yang cukup dan pada posisi yang benar biasanya tidak akan ada rasa sakit atau terjadi pembengkakan. Namun jika gigi geraham bungsu tumbuh hanya sebagian saja, dan tidak memiliki ruang yang cukup maka akan menyebabkan gigi tumbuh miring dan menusuk gigi dan terjadinya. Salah satu tanda-tanda gigi geraham bungsu tumbuh yang dapat Anda ketahui.

Sponsors Link

2. Terjadinya sakit pada gusi, rahang dan sekitar daerah gigi bungsu tumbuh. Perhatikan adanya rasa nyeri ringan, rasa tertekan, atau denyut kecil pada gusi di dekat bagian tenggorokan Anda atau di dekat tulang rahang. Pertumbuhan gigi dapat menyebabkan iritasi pada jaringan pembentuk gusi Anda yang memagn sensitif, rasa nyeri akan lebih terasa jika gigi geraham bungsu menjadi padat dan tumbuh pada posisi yang salah, karena gigi bungsu dapat memotong jaringan gusi yang halus dan syaraf lainnya. Rasa nyeri ini bersifat subyektif, sebagian orang akan merasakan nyeri ringan, tetapi sebagian yang lain merasakan nyeri serius yang tidak tertahankan. Berikut ini bahaya dan resiko gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi.

3. Muncul ruam merah dan pembengkakan pada gigi, seperti merasakan gusi yang bengkak dan pembengkakan ini membuat Anda sulit atau tidak nyaman saat mengunyah makanan.  Anda akan melihat ada sedikit darah di sekitar gigi geraham bungsu yang sedang tumbuh, atau air liur Anda terlihat berwarna merah. Adanya lapisan robekan gusi di dekat gigi geraham bungsu yang sedang tumbuh, saat jaringan gusi bagian belakang membengkak, Anda akan sulit membuka mulut. Perlu Anda ketahui inilah efek gigi geraham tumbuh yang beresiko.

4. Pertumbuhan gigi bungsu menusuk pipi akan meningkatkan risiko infeksi. Gigi geraham bungsu yang terbentur dan miring membuat kantung kecil di bawah flap perikoronal menjadi tempat berkumpulnya dan berkembangnya bakteri.

ads
Tanda-tanda umum infeksi gigi bungsu yaitu, bengkak pada gusi, nyeri, flu ringan, pembengkakan kelenjar getah bening pada leher Anda sampai ujung rahang Anda, nanah di sekitar jaringan yang bengkak, bau mulut tidak sedap dan rasa pahit pada mulut Anda. Berikut ini penyebab sakit gigi geraham karena goyah dan cara mengobatinya.

Berikut Efek Samping yang Timbul Akibat Gigi Bungsu Menusuk Pipi

Untuk mengetahui efek apa saja yang timbul akibat pengaruh gigi bungsu tumbuh dan menusuk pipi, berikut dari efek samping tersebut :

1. Tanda-tanda umum infeksi gigi bungsu yaitu, bengkak pada gusi, nyeri, flu ringan, pembengkakan kelenjar getah bening pada leher Anda sampai ujung rahang Anda, nanah di sekitar jaringan yang bengkak, bau mulut tidak sedap dan rasa pahit pada mulut Anda. Inilah salah satu penyebab gigi geraham cepat berlubang yang perlu diperhatikan.

2. Efek samping akibat tumbuhnya gigi bungsu akan timbul rasa nyeri dan pembengkakan yang kronis berkepanjangan adalah tidak normal. Gigi bungsu yang telah tumbuh biasanya akan menimbulkan rasa nyeri atau pembengkakan setelah beberapa minggu. Rasa nyeri dan pembengkakan serius yang berakhir lebih dari beberapa minggu biasanya terjadi akibat pembenturan gigi bungsu pada tulang rahang. Dimana gigi bungsu yang terbentuk danmengakibatkan gejala-gejala serius atau kronis. Dampak dan pengonatan gigi geraham patah setengah.

3. Perhatikan rasa nyeri ringan, rasa tertekan, atau denyut kecil pada gusi di dekat bagian tenggorokan Anda atau di dekat tulang rahang. Pertumbuhan gigi dapat menyebabkan iritasi pada jaringan pembentuk gusi yang memang sensitif. Rasa nyeri akan lebih terasa jika gigi bungsu menjadi padat dan tumbuh pada posisi miring dan sampai menusuk pipi, hal ini terjadi karena gigi bungsu dapat memotong jaringan gusi yang halus dan syaraf lainnya. Rasa nyeri ini pada sebagian orang akan merasakan nyeri ringan, tetapi sebagian yang lain merasakan nyeri serius yang tidak tertahankan. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam di gigi geraham yang tepat.

4. Gigi bungsu tumbuh juga dapat menimbulkan kemerahan dan pembengkakan (inflamasi/peradangan) di dalam mulut. Dapat dirasakan gusi yang bengkak dengan menggunakan lidah Anda. Pembengkakan ini membuat Anda sulit dan tidak nyaman saat mengunyah makanan dan menelan. Bahkan sampai pada tahap kronis dan berbahaya. Penyebab dan memgobati gigi geraham goyang sakit.

Cara Mengatasi Gigi Bungsu Menusuk Pipi yaitu :

Untuk mengetahui cara yang aman dan tepat untuk mengatasai masalah gigi bungsu Anda, berikut ini pengobatan yang dapat Anda lakukan :

1. Es batu dengan efek dingin yang akan membuat jaringan di sekitar gigi bungsu yang tumbuh mati rasa selama kurang lebih lima menit. Anda dapat menggunakan es batu sebanyak 3-5 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan. Atau dengan memijat lembut dengan jari yang bersih ke depan dan ke belakang atau berputar-putar pada gusi yang sakit dapat memberikan kelegaan sesaat. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok terlalu keras, karena Anda dapat menghancurkan atau merusak jaringan lunak dan gigi atau justru menimbulkan iritasi, pembengkakan, dan pendarahan. Inilah manfaat cabut gigi geraham. 

Sponsors Link

2. Gunakan bbat-obatan jenis ibuprofen contohnya, Advil atau Motrin yaitu obat antibengkak yang baik untuk mengatasi rasa nyeri dan pembengkakan karena gejala gigi bungsu. Atau juga obat-obatan jenis asetaminofen seperti Tylenol adalah obat penahan nyeri yang baik dan mengandung bahan antipiretik yang tinggi, sehingga dapat mengatasi flu, meski tidak berdampak pada pembengkakan. Dosis dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau petunjuk dokter gigi Anda. Berikut ini cara mengobati sakit gigi belakang 

3. Menggunakan obat kumur antiseptik atau antibakteri juga dapat membantu mengatasi dan mencegah infeksi serta nyeri pada gusi dan gigi. Obat kumur dengan kandungan bahan chlorhexidine dapat membantu meredakan rasa nyeri dan bengkak, dan membuat rongga mulut Anda bebas dari infeksi dan terjaga kebersihannya. Salah satu bahaya gigi geraham tumbuh miring yang harus diwaspadai

4. Konsultasikan dan mintalah dokter gigi Anda untuk melakukan tindakan medis seperti uji rontgen. Rontgen akan menunjukkan hasil, apakah gigi  bungsu Anda sangat bermasalah, menekan saraf, atau mempengaruhi gigi lainnya sehingga perlu dilakukan pencabutan atau atau tidak.

Demikian penjelasan mengenai gigi bungsu menusuk gigi, semoga menjadi manfaat dan perhatiann, jangan anggap sepele masalah gigi Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi