Sponsors Link

Resiko Gigi Bungsu Tumbuh Miring Ke Arah Atas Pipi

Sponsors Link

Gigi geraham bungsu atau yang biasa disebut dengan gigi molar ketiga adalah salah satu bagian gigi yang tumbuh paling akhir di antara gigi-gigi lainnya. Jika gigi muncul saat usia balita, maka berbeda dengan gigi geraham bungsu yang justru tumbuh saat usia 17 – 21 tahun. Bagian gigi ini akan mengalami proses kemunculan seperti halnya gigi lainnya. Dimana jika dapat tumbuh sejajar maka akan menjadi satu aset tambahan untuk gigi anda di masa yang akan datang. Namun bagaimana jika gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi dan justru melukai area sekitarnya?

ads

Kemunculan gigi geraham bungsu seringkali menjadi satu persoalan baru yang tidak sedikit dikeluhkan pada orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh adanya rasa sakit yang berlebih saat gigi bungsu akan menampakan wujudnya. Kebanyak rasa sakit dipengaruhi oleh struktur gigi yang menggeser bagian gigi lain untuk ditempatinya. Selain akan menimbulkan rasa sakit, biasanya area sekitar gusi bengkak tapi tidak sakit hingga terjadi luka iritasi.

Selain permasalahan gigi geraham goyang sakit, masalah lain seperti gigi bungsu yang tumbuh miring ke atas pun juga menjadi persoalan yang sangat mengganggu anda. Dimana rongga pipi anda akan terasa sakit dengan tusukan gigi geraham yang melenceng dari posisi aslinya. Hal ini tentu disebabkan oleh beberapa faktor, untuk itu berikut ada penjelasan lengkap mengenai penyabab gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi dan resiko yang terjadi dan cara mengatasinya.

  1. Tidak Adanya Ruang yang Cukup Untuk Tumbuhnya Gigi Bungsu

Saat gigi geraham bungsu akan mencul biasanya gigi ini akan menjejal di bagian gusi yang paling belakang. Biasanya permasalahan yang paling umum terjadi adalah tidak terlalu banyaknya ruang untuk meletakan gigi geraham bungsu dibagian gusi belakang sehingga posisinya akan membengkok dan miring ke arah atas pipi. Jika hal ini sudah terjadi tentu bentu dan struktur gigi geraham bungsu pun tidak rapi dan justru menimbulkan rasa sakit di area sekitarnya.

Baca juga:

  1. Bentuk dan Susunan Gigi yang Kurang Rapi

Bentuk dan struktur gigi yang kurang rapi baik itu terlalu maju atau justru terlalu masuk ke dalam pun seringkali menjadi penyebab gigi goyang dan gusi bengkak. Dimana letak dan posisi gigi yang seharusnya menempati ruang gusi yang disedaiakan, menjadi lebih sempit akibat bentuk dan susunan gigi yang berantakan. Jika anda memiliki susunan gigi yang kurang rapi, maka cara merapikan gigi tanpa behel dapat menjadi pilihannya.

  1. Adanya Permasalahan Pada Organ Gigi dan Mulut

Permasalahan pada organ gigi dan mulut juga bisa menjadi penyebab gigi bungsu tumbuh miring ke atas pipi. Adanya masalah seperti gigi tonggos parah atau posisi gigi yang terlalu maju ke depan pun sering kali menyebabkan posisi susunan gigi geraham bungsu berubah dari posisi umumnya. Permasalahan lain juga dapat disebabkan oleh pemasangan behel yang menggeser posisi gigi lain untuk menempati ruang gigi bungsu geraham ini.

Sponsors Link

  1. Faktor Makanan dan Minuman

Dalam studi yang dilakukan oleh dokter ahli gigi Dr. Anitha Anchan yang dilakukan di Health India menyebutkan bahwasanya faktor makanan dan minuman juga dapat menjadi penyebab gigi geraham bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi yang menyebabkan susunannya menjadi tidak rapi. Hal ini juga diperkuat dengan bentuk rahang keturunan nenek moyang yang memiliki bentuk lebih besar dengan susunan gigi yang lebih padat.

Bentuk rahang yang besar disebabkan karena seringnya seseorang mengunyah makan-makanan yang bersifat keras, seperti daging, daun, buah, dan beberapa makanan bersifat keras lainnya. Jika hal ini terus dilakukan maka bentuk rahang akan semakin membesar dan menyebabkan ruang untuk gigi geraham bungsu pun menjadi lebih sempit.

Baca juga:

ads
  1. Cara Perawatan Gigi yang Salah

Penyebab gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi juga sering dikaitkan dengan cara merawat gigi balita yang rusak. Dimana perawatan gigi yang salah akan menyebabkan struktuk dan komponen pembentuk gigi pun akan berubah dan hal tersebut dapat menjadi masalah baru akan kemunculan gigi bungsu geraham.

Gejala

Tumbuhnya gigi bungsu geraham atau molar ketiga yang lebih lambat dibandingkan gigi-gigi lainnya, menjadikan beberapa masalah pun kerap muncul dalam pertumbuhan gigi ini. Beberapa gejala mungkin akan dirasakan jika posisi gigi geraham bungsu tidak menempati ruang yang semestinya. Dimana susunan gigi bungsu akan tumbuh miring ke arah atas pipi yang menyebabkan beberapa gejala yang bisa saja mengganggu aktivitas anda.

Berikut adalah gejala akibat gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi rahang dan dapat menimbulkan beberapa masalah baru di area sekitar gusi dan mulut, seperti :

  • Menimbulkan rasa sakit dan nyeri secara berlebih
  • Terjadinya luka di sekitar area gusi
  • Gusi bengkak dan gigi berdarah terus
  • Tidak bisa digunakan untuk mengunyah makanan seperti sediakala
  • Terjadinya gesekan antara permukaan pipi yang menjadi penyebab gigi dan gusi ngilu
  • Sulit membuka mulut dengan lebar
  • Bau mulut yang dirasakan di area sekitar mulut saja. Atasi dengan cara mencegah bau mulut.

Beberapa gejala di atas akan terjadi bila gigi bungsu geraham tumbuh miring ke arah atas pipi. Biasanya seseorang akan mengeluhkan beberapa gejala umum di atas akibat kemunculan gigi bungsu geraham yang tidak pada posisi umumnya.

Cara Mengatasinya

Apabila gejala-gejala tumbuhnya gigi geraham bungsu sudah sangat mengkuatirkan, dimana anda merasakan sakit yang begitu hebat. Maka cara dan tindakan medis pun menjadi solusi terbaik untuk menangani kemunculan gigi bungsu geraham yang tidak pada posisinya. Biasanya cara medis akan menganjurkan anda untuk melakukan operasi bedah mulut guna membentuk susunan gigi geraham bungsu ke posisi yang lebih tepat. Selain itu cara mencabut gigi geraham pun juga akan dilakukan untuk menggeser posisinya agar lebih pas dan tidak melukai area di sekitar gusi dan mulut. Namun ingat, bahaya mencabut gigi yang sedang sakit dan perhatikan efek mencabut gigi yang sedang sakit.

Namun apabila kemunculan gigi bungsu tidak terlalu mengkuatirkan hingga mengganggu aktivitas anda sehari-hari, maka pengambilan tindakan medis seperti ini tak perlu dilakukan. Hanya saja anda perlu mengkonsultasikan kepada dokter spesialis gigi untuk mengurangi resiko dan gejala tumbuhnya gigi bungsu yang miring ke arah atas pipi.

Tumbuhnya gigi bungsu geraham seringkali menyebabkan beberapa masalah yang dapat mengganggu aktivitas anda. Dengan adanya informasi seputar gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi serta gejala dan cara mengatasinya. Maka anda pun jauh lebih tahu mengenai pertumbuhan gigi bungsu atau gigi molar tiga ini.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi