Sponsors Link

Gigi Bungsu Tumbuh Saat Hamil (#Anda Wajib Waspada)

Sponsors Link

Pada saat berlangsungnya kehamilan, kesehatan gigi dan mulut memerlukan perhatian ekstra. Hal ini disebabkan karena ibu hamil memiliki resiko tinggi terhadap kerusakan gigi dan dampaknya yang dapat mempengaruhi kehamilan. Namun bagaimanakah jika bukan kerusakan gigi yang terjadi, malainkan tumbuhnya gigi bungsu pada saat kehamilan berlangsung?

ads

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga atau gigi molar yang biasanya tumbuh pada usia 16 – 25 tahun. Jika gigi bungsu tumbuh normal, maka tidak akan menjadi suatu permasalahan. Tetapi apabila gigi bungsu tumbuh tidak normal, misalnya tumbuh miring atau bahkan terjadi impaksi, maka harus dilakukan suatu tindakan untuk dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkannya. Anda dapat membaca artikel terkait penyebab gigi impaksi dan efek samping gigi impaksi.

Apakah impaksi gigi itu? Impaksi gigi adalah gigi yang akan tumbuh terhalang jalan tumbuhnya hingga mengakibatkan gigi tersebut tidak dapat keluar dan terjebak didalam gusi. Keadaan ini dapat mengakibatkan rasa nyeri, sulit membuka mulut, sulit mengunyah, gusi bengkak, hingga dapat juga menimbulkan sakit kepala dan demam. Impaksi gigi biasanya lebih sering terjadi pada gigi graham bungsu (gigi molar tiga), dan lebih banyak terjadi pada posisi rahang bawah (mandibula), namun dapat juga terjadi pada posisi rahang atas (maksila). Lalu apakah yang harus dilakukan jka gigi bungsu tumbuh saat sedang dalam kondisi hamil?

Beberapa hal mungkin membantu, yang dapat anda lakukan bila gigi bungsu tumbuh pada saat anda sedang dalam kondisi hamil.

Gigi Bungsu Tumbuh Saat Hamil

  1. Menjaga Kebersihan Gigi

Jika gigi bungsu tumbuh normal, maka anda tidak perlu risau. Tetaplah menjaga kebersihan gigi dan mulut anda dengan melakukan cara menyikat gigi dengan benar dan teratur dengan pasta gigi untuk ibu hamil. Gosoklah gigi dua kali sehari, pada pagi hari sehabis sarapan dan malam hari sebelum anda tidur. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut sehingga dapat menjangkau sela – sela gigi, dan gantilah sikat gigi anda setiap tiga bualan sekali. Lakukan dengan perlahan – lahan, karena pada ibu hamil biasanya beresiko terjadi gusi berdarah. Hal ini disebabkan karena terjadi perubahan hormon pada saat kehamilan.

  1. Mengatasi dengan Obat Tradisional

Jika dengan tumbuhnya gigi bungsu ini anda mengalami nyeri atau sakit gigi, maka anda dapat mencoba beberapa cara tradisional yang dapat anda lakukan dirumah, antara lain:

  • Menjaga pola makan

Hindari makanan yang dapat merusak gigi seperti makanan yang manis – manis dan mengandung gula. Selain itu hindari mengkonsumsi makanan yang keras, karena akan membuat mulut dan rahang bekerja lebih keras sehingga gigi akan menjadi tambah sakit. Konsumsilah makanan yang menyehatkan gigi.

Sponsors Link

  • Perbanyak minum air putih

Air putih selain untuk mengatasi masalah dehidrasi, juga dapat merangsang produksi air liur yang berguna sebagai anti septik alami yang dapat membunuh bakteri di dalam mulut.

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang telah dicampur dengan sedikit garam dapur dapat membunuh bakteri yang ada pada gigi dan dapat mengatasi rasa nyeri. Lakukan beberapa kali sampai anda merasa lebih nyaman.

ads

  • Pengobatan dengan bahan alami

Beberapa pengobatan dengan bahan – bahan alami sepert daun jambu biji, bawang putih, daun mint, dll. yang mudah didapat dan tidak mempunyai efek samping juga bisa anda coba. Misalnya dengan mengunyah daun jambu biji, atau daun mint, atau bawang putih, di percaya dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi. Anda dapat membaca juga artikel terkait obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil dan cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil.

  • Mengompres dengan Es

Jika anda tidak menderita gigi sensitif, untuk meredakan rasa sakit anda juga bisa mengompres area gigi yang sakit dengan es yang terlebih dahulu di bungkus dengan kantong es.

  1. Konsultasi Ke Dokter

Cabut gigi pada saat hamil adalah hal yang beresiko untuk dilakukan, karena diyakini dapat mengakibatkan komplikasi masalah kehamilan. Apalagi jika si ibu memiliki kehamilan risti atau resiko tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya anda konsultasikan keadaan anda secara terbuka dan terus terang kepada kedua dokter yang menangani anda, yaitu dokter kandungan dan dokter gigi. Jika memang tindakan cabut gigi impaksi saat hamil harus dilakukan, maka harus berdasarkan persetujuan dari kedua dokter tersebut.

  1. Konsumsi Obat Penghilang Nyeri

Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri dengan rekomdasi yang diberikan oleh dokter gigi. Biasanya paracetamol, amoxylin dan acetaminophen adalah obat pereda nyeri yang diperkirakan aman selama masa kehamilan. Selain itu obat ibuprofen diperkirakan juga aman hingga kandungan berusia 32 minggu kehamilan.

  1. Melakukan Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup akan membuat pikiran anda releks dan tidak stress. Selain itu istirahat yang cukup juga akan membuat anda lebih nyaman sehingga perlahan – lahan nyeri pada gigipun tidak anda rasakan lagi.

Nah, lima langkah diatas dapat anda lakukan jika terjadi gigi bungsu tumbuh pada saat anda sedang dalam kondisi hamil. Anda tidak perlu merasa takut dan panik jika akhirnya gigi bungsu yang tumbuh harus segera di cabut, konsultasikan ke dokter gigi dan dokter kandungan anda untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Gigi bungsu tumbuh saat hamil dan beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya seperti yang telah kita bahas diatas, semoga saja dapat membantu mengatasi masalah yang sedang anda hadapi.

Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan semoga dapat menambah wawasan anda dan mendatangkan manfaat kepada para pembaca. Nantikan artikel – artikel informatif  kami lainnya, hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi