Sponsors Link

Gigi Bungsu Tumbuh Tertutup Gusi – Penyebab – Gejala – Pengobatan

Sponsors Link

Gigi bungsu tumbuh tertutup gusi atau yang dikenal dengan istilah impaksi gigi merupakan kelainan pertumbuhan gigi geraham terakhir. Kondisi impaksi gigi ini diketahui sudah cukup populer dan kini banyak ditemukan dalam masyarakat. Pastinya efek dari impaksi sangat terasa sakit bagi penderitanya, mengingat gigi yang akan tumbuh terhalang gusi dan menyebabkannya tumbuh miring menabrak gigi lain. Masalah pada gigi geraham bungsu yang baru tumbuh ini penting untuk anda ketahui secara menyeluruh. Artinya anda mengetahui apa yang menjadi penyebab kondisinya, apa saja gejala yang dimunculkannya, serta bagaimana cara pengobatan, pencegahan dan perawatannya.

ads

Anda yang saat ini sedang mengalami gigi bungsu tumbuh tertutup gusi, pun mungkin sedang sakit-sakitnya merasakan efek masalah gigi ini. Namun anda tidak perlu merasa terlalu khawatir dan bingung bagaimana caranya anda dapat mengatasinya, mengobatinya, dan mencegahnya. Lalu untuk anda yang belum mengalami masalah ini, tentu anda pun ingin tahu apa yang merupakan penyebabnya dan bagaimana gejala yang ditunjukkannya. Itulah alasannya mengapa pembahasan berikut ini dibuat. Bagian berikutnya akan menjelaskan seluruh informasi mengenai masalah gigi bungsu yang tumbuh tertutup gusi untuk membantu anda memahaminya. Jadi simak terus penjelasannya.

Hal pertama dari setiap masalah kesehatan gigi yang perlu anda ketahui adalah penyebabnya. Mengetahui penyebabnya dapat membuat anda menjadi lebih waspada pun dapat segera menghindarinya. Berikut ini akan dijelaskan sekitar 4 kondisi yang menyebabkan gigi bungsu tumbuh dengan tertutup gusi:

  1. Ruang Rahang yang Terlalu Kecil

Pertama, rahang yang menyediakan ruang terlalu kecil adalah penyebab gigi impaksi yang utama atau gigi bungsu tidak dapat tumbuh. Efeknya, gigi bungsu tersebut tumbuh dalam ruang yang sempit dan tidak bisa muncul ke permukaan.

  1. Ukuran Gigi Geraham yang Terlalu Besar

Kedua, kondisi berupa gigi bungsu yang tidak dapat tumbuh menembus gusi dapat juga disebabkan oleh gigi geraham yang ukurannya terlalu besar. Ukuran gigi tidak cukup dimuat dalam rahang anda.

  1. Kelainan Arah Pertumbuhan Gigi

Ketiga, gigi bungsu yang terperangkan di bawah gusi pun dapat terjadi karena arah tumbuhnya yang bermasalah. Arah tumbuh gigi ini biasanya miring dan tidak menuju ke atas. Sehingga akhirnya terjadi impaksi.

  1. Gigi Terperangkap dalam Gusi

Terakhir, lapisan gusi yang tebal dan ujung gigi geraham yang tidak runcing pun dapat menjadi penyebab kelainan pertumbuhan gigi bungsu ini. Jadi pastikan untuk segera mengatasinya dengan cara yang tepat.

Seperti kondisi penyakit lainnya, pastinya gigi bungsu tumbuh tidur dan tertutup gusi ini akan mengalam berbagai tanda dan gejala. Tanda dan gejala ini akan menunjukkan ciri-ciri bahwa anda memang sedang mengalami masalah dengan pertumbuhan gigi bungsu. Berikut ini beberapa gejala tersebut:

Sponsors Link

  • Lokasi gusi sekitar rahang terasa nyeri dan nyut-nyutan.
  • Gusi di geraham belakang mengalami pendarahan.
  • Mengalami demam yang tidak kunjung sembuh.
  • Mengunyah makanan tidak nyaman dirasakan.
  • Pipi di sisi mana gigi tumbuh mengalami pembengkakan.
  • Mengalami kesulitan untuk membuka dan mengunyah dengan mulut.

Jika anda mengalami satu dari ciri gigi bungsu bermasalah yang sudah disebutkan di atas, artinya anda sedang menderita masalah gigi bungsu yang tumbuh tertutup gusi ini. Jadi anda harus segera melakukan upaya pengobatannya. Banyak yang sudah melakukan pengobatan pada kondisi gigi seperti ini yaitu dengan melakukan operasi.

Operasi dilakukan untuk mencabut gigi bungsu yang tumbuh di bawah gusi karena efeknya yang tidak baik untuk kesehatan gigi yang lain. Operasi ini kemudian dikenal dengan nama operasi impaksi. Jenis operasi ini diketahui cukup besar dan lama pemulihannya.

Bagi anda yang belum mengalami pertumbuhan gigi bungsu, tentunya mengetahui bagaimana anda dapat mencegah kelainan dalam pertumbuhannya menjadi sangat penting. Sebenarnya anda perlu melakukan beberapa perawatan agar pertumbuhan gigi bungsu dapat berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa cara mencegah kondisi gigi bungsu sulit tumbuh menembus gusi atau impaksi.

  1. Pemeriksaan Gigi secara Berkala

Pastikan selama gigi bungsu anda belum tumbuh, anda harus selalu melakukan pemeriksaan gigi secara berkala. Pemeriksaan ini akan membantu anda mengetahui bagaimana kondisi gigi bungsu apakah tumbuh dengan posisi yang tepat atau tidak. 

Sponsors Link

  1. Lakukan Pencegahan dengan Mengangkat Akar Gigi Lebih Awal

Selain itu, setelah mengetahui kondisi pertumbuhan gigi bungsu lebih awal dokter yang mendeteksi kelainan pertumbuhan dapat mengangkat akar gigi lebih awal. Hal ini dilakukan agar gigi bungsu yang tumbuh tertutup gusi tidak menimbulkan semakin banyak masalah.

Setelah anda mengetahui bahwa gigi bungsu anda sulit tumbuh karena tertutup gusi, maka anda harus melakukan berbagai perawatan. Perawatan ini dilakukan baik sebelum operasi impaksi ataupun setelahnya. Anda pertama disarankan untuk sering mengunyah ke arah berlawanan gigi bungsu tumbuh. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan gigi kembali ke arah normalnya.

Selanjutnya, anda juga dapat melakukan perawatan pasca operasi dengan menjaga luka operasi sampai sembuh benar, baru dapat mengunyah di daerah tersebut agar terhindar dari resiko efek operasi gigi impaksi. Pastikan juga untuk mengonsumsi obat-obatan yang dapat mempercepat proses pemulihan pasca operasi dilakukan.

Berikut tadi penjelasan lengkap mengenai gigi bungsu tumbuh tertutup gusi yang sangat mungkin menyebabkan masalah kesehatan gigi anda. Pembahasan di atas sudah membahas secara menyeluruh mulai dari penyebab, gejala, pengobatan, pencegahan, hingga perawatan dari masalah gigi yang satu ini. Semoga dengan penjelasan yang lengkap anda menjadi semakin memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan memastikan pertumbuhannya berjalan dengan sempurna.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi