Sponsors Link

Gigi Bungsu Tumbuh Tidur – Penyebab, Gejala dan Efek Samping

Sponsors Link

Anda pernah mengalami masalah gigi geraham bungsu tumbuh tidur ?, tentu hal ini begitu menyebalkan, rasanya sakit sekali, tidak bisa makan, susah mengunyah bahkan untuk beristirahat saja sulit.

ads

Untuk mengetahui secara rinci penyebab, gejala sampai cara mengatasinya berikut ini beberapa ulasan lengkap mengenai masalah gigi geraham bungsu Anda yang bermasalah. Contoh dari bahaya gigi geraham tumbuh miring yang harus diwaspadai

Penyebab Gigi Bungsu Tumbuh Tidur

Gigi geraham bungsu biasanya tumbuh pada usia di atas belasan tahun sekitar 17 – 20 an tahun. Hal ini juga menjadi penyebab kenapa amat sakit dan sangat mengganggu. Berikut ini penyebab yang bisa Anda waspadai :

1. Ruang Tumbuh Gigi yang Sempit

Terjadinya tumbuh gigi geraham bungsu memang sangat tidak enak, hal ini disebabkan dengan adanya ruang tumbuh gigi yang sempit bahkan terhimpit oleh gigi yang lain. Hal ini dapat berakibat gigi geraham tumbuh menjadi tidak normal, bisa tumbuh miring dan tidur. Karena posisinya yang tidak sesuai membuat gigi geraham bungsu Anda tumbuh tidak rapi dan menyebabkan rasa sakit teramat sangat. Berikut ini gigi bungsu menusuk pipi yang harus Anda ketahui.

2. Terjadinya Masalah Gigi dan Daerah Sekitarnya

Tumbuh gigi geraham bungsu tidak hanya disebabkan oleh ruang yang sempit, hal ini juga dapat terjadi akibat adanya masalah serius pada gigi dan daerah sekitarnya. Seperti masalah cacat bibir ( bibir sumbing ), juga pada penderita gigi jarang dan juga gigi tonggos. Semakin Anda memiliki riwayat tersebut, maka pertumbuhan gigi geraham bungsu Anda akan terhambat. Hal ini tentu sangat berbahaya dan sedikit meresahkan. Inilah tanda dan ciri-ciri gigi bungsu tumbuh yang wajib diketahui

3. Riwayat Gigi Bermasalah

Masalah gigi juga dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan, walaupun sedikit sekali persentasenya. Namun tidak boleh dianggap remeh dan sepele, jika Anda memiliki riwayat gigi bermasalah sedari kecil hal ini jika tidak ditangani dan diobati dengan tepat akan berdampak pada pertumbuhan gigi yang tidak rapi bahkan gigi tersusun menindih. Khususnya pada pertumbuhan gigi geraham bungsu Anda akan tumbuh tidak normal bahkan berantakan, miring, tidur dan tumbuh menusuk pipi. Berikut ini penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur yang perlu diperhatikan.

4. Perawatan Gigi Tidak Optimal

Anda yang jarang merawat gigi, terutama jarang menggosok gigi, hal ini dapat menjadi masalah di kemudian hari. Yaitu pada saat mengalami pertumbuhan gigi geraham bungsu timbul, faktor perawatan yang salah bisa membuat gigi geraham bungsu Anda tumbuh tidak normal. Bahkan pada kasus yang lain hanya mengendap di dalam daging. Akibatnya bisa fatal dan berbahaya, akan menimbulkan infeksi dan kerusakan gigi lainnya. Yang perlu diketaui tentang gigi geraham bungsu tumbuh miring.

5. Pemakaian Behel

Anda yang memiliki gigi tidak rapi tentu bisa memilih cara menggunakan behel sebagai alat untuk merapikan gigi Anda. Namun, apakah Anda tahu bahwa penggunaan behel yang tidak efektif dan tanpa petunjuk dokter gigi akan bermasalah pada pertumbuhan gigi geraham bungsu Anda ?. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, lebih baik sebelum menggunakan behel konsultasikan hal tersebut pada dokter gigi Anda. Jika tidak pertumbuhan gigi geraham bungsu Anda akan tumbuh tidak normal bahkan merusak jaringan lunak lainnya. Ini penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur  dan cara mengatasinya.  

Sponsors Link

6. Asupan Makanan

Jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan berat seperti daging, buah dan sayuran yang sifatnya keras dan kelot, maka hal ini menjadi salah satu penyebab gigi geraham tumbuh tidur atau tidak normal. Hal ini karena rahang Anda terlalu sering mengunyah makanan yang keras sehingga akan mengalami pembesaran dan pada akhirnya membuat ruang gigi geraham bungsu tumbuh terjepit.Inilah salah satu tanda-tanda gigi geraham bungsu tumbuh yang perlu diperhatikan.

Gejala Gigi Bungsu Tumbuh Tidur

Selain penyebab, ada juga tanda – tanda dari gigi geraham bungsu Anda tumbuh tidak normal. Hal ini biasanya di tandai dengan beberapa faktor, diantaranya yaitu :

1. Muncul Rasa Sakit di sekitar Ujung Gigi Geraham

Rasa sakit yang teramat sangat dapat terjadi pada setiap orang yang mengalami tumbuh gigi geraham bungsu, apalagi tumbuhnya tidak normal. Hal ini bersifat lama tergantung dari pengobatan dan pencegahannya. Jika dirasa sangat sakit dianjurkan untuk konsultasi ke dokter gigi Anda. Waspadai bahaya gigi geraham tumbuh miring yang harus diperhatikan. 

ads

2. Muncul Bengkak dan Ruam Merah

Selain rasa sakit, hal lain yang menjadi gejala tumbuh gigi geraham bungsu tidur yaitu timbul bengkak dan ruam merah di sekitar gigi dan gusi geraham bungsu. Sangat wajar terjadi selama ini masih dirasa normal, akibat rasa nyeri dan radang maka bengkak dan ruam merah pasti timbul. Berikut ini tandan dan ciri-ciri gigi bungsu tumbuh yang wajib diketahui.

3. Timbul Infeksi Pada Gusi dan Gigi

Akibat dari bengkak dan radang yang hebat, maka hak ini dapat menimbulkan adanya infeksi pada bagian gigi dan gusi geraham bungsu. Jika tidak ditangani segera akan menjalar pada bagian lain, bisa jadi akan berdampak serius. Salah satu efek samping gigi bungsu tumbuh dan gejalanya.

4. Sakit Kepala dan Adanya Gejala Flu

Selain infeksi dan radang, jika tumbuh gigi geraham bungsu akan dirasakan pada bagian kepala Anda. Hal ini akan berlangsung lama selagi gigi Anda belum diatasi maka gejala sakit kepala akan terus terasa. Hal ini juga dapat menyebabkan gejala flu pada diri Anda. Segera tindak lanjuti dengan pergi ke dokter atau konsumsi obat medis. Berikut ini cara mengobati sakit gigi bungsu  ampuh untuk dicoba.

5. Rahang, Pipi, Leher akan Bengkak

Akibat terjadinya infeksi, rasa sakit, dan radang akibat pertumbuhna gigi geraham bungsu tidur maka berimbas pada pembengkakan pada bagian leher, pipi dan juga rahang Anda. Akibat adanya jaringan lunak dan syaraf yang terluka dan menjalar pada bagian tersebut.Hal ini sering terjadi pada kalangan umumnya, segera obati dan periksa kondisi Anda ke dokter gigi. Inilah manfaat cabut gigi geraham  yang perlu Anda ketahui.

Efek Samping Gigi Bungsu Tumbuh Tidur

Adapun efek samping yang dapat Anda rasakan pada saat gigi geraham bungsu tumbuh secara tidak normal akan berdampak pada kesehatan Anda. Salah satunya yaitu :

1. Kepala Pusing

Karena rasa sakit tak tertahankan, dan akibat luka yang terjadi hal ini menimbulkan rasa sakit kepala yang sangat mengganggu. Syaraf dan jaringan lunaj sekitar gigi menjalar sampai kepala sampai pada tingkat intesintas yang tinggi. Tanda dan ciri gigi bungsu bermasalah dan cara mengatasinya.

2. Sulit Makan dan Mengunyah

Efek lain yang terjadi jika Anda mengalami masalah gigi geraham tumbuh tidur, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam mengunyah dan makan – makanan berat. Hal ini akibat luka dan bengkan yang diderita. Anda harus tahu pantangan setelah operasi gigi bungsu yang harus dihindari.

3. Makanan Mudah Nyelip

Gigi geraham tumbuh tidur dapat memudahkan sisa makanan terselip, karena ruang yang ada dan juga posisi terletak di ujung gigi. Makan hal ini sering terjadi, jika tidak diperhatikan dengan baik dan seksama. Anda perlu tahu anatomi gigi geraham dan fungsinya.

4. Menimbulkan Plak Gigi

Karena posisinya di ujung dan juga sukar untuk dijangkau, maka tidak jarang akan menimbulkan timbunan plak gigi di daerah sekitar gigi geraham bungsu Anda. Dengan sering membersihkan gigi secara teratur dan menjaga kebersihannya makan dapat mengurangi timbunan plak gigi. Berikut ini efek gigi geraham tumbuh  yang perlu Anda ketahui.

5. Adanya Infeksi pada Gusi

Jika pertumbuhan gigi geraham bungsu tidak normal akan berefek pada gusi sekitarnya akan mengalami radang, bengkak dan juga infeksi. Hal ini karena syaraf jaringan lunak luka dan menimbulkan adanya rasa sakit. Contoh penyebab gigi geraham goyang  dan cara mengatasinya.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Tidur

Untuk mengatasi dan mengobati masalah gigi geraham bungsu Anda tumbuh tidak normal, berikut ini pilihan yang dapat Anda coba :

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan rajin menjaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi dengan kuas halus dan perlahan dan berkumur. Hal ini dapat mencegah adanya pembengkakan dan juga infeksi kuman yang berkembang. Jika memang dirasa tidak membaik lakukan tindakan medis. Berikut ini penyebab gigi bungsu menusuk gigi dan cara mengobatinya.

2. Kompres dengan Es Batu dan Larutan Garam

Jika hal ini membuat rasa yang tidak nyaman lakukan tindakan sementara dengan berkumur dengan air garam, setelah itu kompres dengan es batu yang dilapisi dengan kain atau handuk kecil. Agar rasa sakit dan bengkak bisa terhenti. Yang harus Anda hindari yaitu  bahaya cabut gigi geraham atas.

3. Gunakan Obat Medis

Bagi Anda yang merasa tidak ingin berlarut – larut dalam masalah rasa sakit akibat gigi geraham bungsu tumbuh, dapat mencoba dengan mengkonsumsi obat apotik untuk penghilang rasa sakit dan juga bengkak. Dosis dan resep harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Patut Anda coba cara mengobati sakit gigi belakang  aman dan cepat.

4. Kurangi Makanan Pemicu Sakit Gigi

Jangan karena Anda mengalami sakit gigi geraham bungsu tumbuh, Anda boleh seenaknya mengkonsumsi makanan yang tidak baik. Pilih asupan makanan yang baik untuk kesehatan gigi, agar tidak menimbulkan dampak lainnya.

5. Konsultasi ke Dokter Gigi

Akibat dampak dan pengaruh yang amat serius, maka Anda harus mau berkonsultasi ke dikter gigi, agar dapat terhindari dari masalah gigi yang fatal. Dan lakukan tindakan medis sesuai dengan saran dan petunjuk dokter gigi Anda.

Demikian penjelasan mengenai gigi geraham bungsu tumbuh tidur, semoga menjadi manfaat dan perhatian Anda untuk menjaga gigi menjadi lebih sehat dan terawat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini