Sponsors Link

Gigi Busuk Akibat Sisa Makanan

Sponsors Link

Gigi adalah salah satu bagian paling penting dalam proses pencernaan. Gigi berfungsi untuk melumatkan makanan secara bebas agar mudah ditelan dan dicerna dalam usus sebab itu terdapat bahya mengunyah makanan dengan satu sisi mulut. Tetapi tidak jarang sehabis makan, ada kalanya sisa makanan menyelip di sela-sela gigi Anda.

ads

Makanan yang terselip di gigi biasanya mudah dikeluarkan dengan berkumur, menyikat gigi, atau dibersihkan dengan menggunakan dental floss atau dengan tips mengeluarkan selilit gigi tanpa tusuk gigi. Tetapi ada beberapa makanan yang terselip sulit untuk dikeluarkan.

Partikel makanan  yang menumpuk tersebut bisa mempercepat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang, dan timbullah bau busuk pada mulut anda karena adanya interaksi dengan lapisan biofilm pada gigi dan gusi. Berikut ini beberapa penyebab makanan terselip di gigi, antara lain:

  • Adanya celah antara gigi

Terjadinya celah di antara gigi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya adanya pemasangan tambalan yang tidak baik, mahkota gigi tiruan yang tidak tepat, pergeseran gigi yang disebabkan karena adan gigi yang dicabut.

  • Adanya lubang pada gigi

Pada kondisi ini sangat rentan menyebabkan sisa makanan masuk ke lubang gigi, dan tidak jarang tekanan pada sisa makanan yang masuk ke lubang gigi tersebut menyebabkan rasa sakit yang membuat tidak nyaman.

  • Penyakit jarigan pendukung gigi

Kerusakan pada gusi, yang merupakan jaringan pendukung gigi, seperti gusi turun, akan menyebabkan timbulnya ruangan yang membuat sisa makanan dapat terselip. Selain itu, penyakit jaringan pendukung gigi yang sudah parah, seperti gigi goyang, juga memiliki kemungkinan untuk menyebabkan makanan terselip.

Kenapa bisa bau busuk?

Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak

yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.

Perlu anda ketahui juga bahwa bakteri, sisa makanan, dan plak akan membentuk asam yang mendemineralisasi email luar gigi. Lama kelamaan, gigi akan menghasilkan titik halus dan berkembang menjadi lubang. Jika lubang kian dalam, bakteri mulai menembus lapisan dalam gigi yang lebih halus.

Sponsors Link

Begitu juga denggan bakteri dan plak yang mencapai pulpa dan kerusakan semakin parah hingga terasa sakit atau bahkan kehilangan gigi. Jangan menyepelekan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi anda, karena jika dibiarkan akan menyebabkan masalah yang serius yang akan mengancam kesehatan gigi anda.

Oleh sebab itu cobalah untuk mengatasinya dengan sikat gigi yang baik dan benar sehingga tidak ada lagi sisa-sisa makanan membusuk di sela-sela dan celah-celah gigi. Coba juga dengaan berkumur dan dan benang gigi. Pastikan seluruh

area gigi sudah terbebas dari sisa makanan. Anda bisa mencoba berkumur dengan air garam yang hangat untuk membunuh bakteri penyebab gigi anda bau busuk. Dengan begitu anda akan terbebas dari bau mulut yang busuk dan memiliki mulut segar harum sepanjang hari.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi