Sponsors Link

Waspada Masalah Gigi Busuk Penderita Diabetes

Sponsors Link

Tingginya kadar gula yang dialami pengidap diabetes membuat semua anggota tubuh termasuk gigi dan mulut mengalami risiko gangguan yang lebih tinggi seperti salah satunya masalah gigi busuk termasuk penyebab gigi busuk pada anak. Semakin tinggi kadar gula darah, maka risiko gigi busuk penderita diabetes juga semakin meningkat. Tingginya kadar gula darah akan meningkatkan kadar pati dan juga gula pada makanan yang dikonsumsi lalu berinteraksi dengan banyak jenis bakteri yang sudah ada secara alami di area mulut. Kadar asam plak pada gigi juga bisa berisiko merusak permukaan gigi paling luar yakni dentin gigi dan enamel gigi sehingga bisa menyebabkan lubang pada gigi.

ads

Plak pada gigi yang tidak dibersihkan secara teratur nantinya akan mengeras dan menyebabkan iritasi pada gingiva atau gusi di sekitar gigi sehingga bisa menyebabkan gingivitis. Dalam kondisi tersebut, gusi akan mudah berdarah dan bengkak di tahap tertentu. Jika tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan periodontitis yang kemudian menghancurkan tulang serta jaringan lunak.

Penderita Diabetes VS Infeksi

Tubuh pengidap diabetes memiliki kemampuan kurang dalam menyerang infeksi sehingga periodontitis bisa berkembang semakin buruk dan akhirnya berisiko mengalami gigi busuk serta gangguan mulut lainnya. Ini disebabkan karena infeksi yang terjadi tidak akan sembuh dengan mudah.

Selain itu, air liur pada pengidap diabetes juga bisa mengandung banyak glukosa dan memiliki mulut kering yang lebih tinggi sehingga bisa menyebabkan gigi berlubang akibat penumpukan plak pada gigi. Dalam perkembangannya, mulut kering dan kandungan glukosa yang tinggi juga semakin mempermudah terjadinya kandidiasis atau infeksi jamur pada mulut yang ditandai dengan timbulnya bercak berwarna kemerahan atau putih di kulit sekitar area mulut.

Tidak sampai disitu, sakit gusi pada pengidap diabetes juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk penanganan dan sifatnya bisa lebih kronis. Sebaliknya, sakit gusi juga bisa menyebabkan kadar gula tinggi semakin sulit untuk dikontrol.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Pengidap Diabetes

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan penderita diabetes untuk mencegah risiko gigi busuk serta gangguan mulut yang lain. Anda harus memastikan jika dokter gigi sudah mengetahui jika anda mengidap diabetes supaya bisa ditangani dan langkah pencegahan yang diberikan juga tepat. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara lain yang bisa dilakukan.

  • Pantau selalu kadar gula supaya terkendali sehingga risiko gigi busuk bisa dikurangi. Pastikan anda memantau kadar gula darah sesuai dengan petunjuk dari dokter.
  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari yakni pagi dan juga menjelang tidur. Akan lebih baik lagi jika gigi juga dibersihkan beberapa menit sesudah makan.
  • Hindari menyikat gigi dengan keras karena bisa menyebabkan iritasi pada gusi.
  • Pakai sikat gigi dengan bulu halus serta pasta gigi yang mengandung fluoride ketika menyikat gigi dengan teratur dan ganti sikat gigi anda setiap tiga bulan sekali.
  • Pakai dental floss atau flossing gigi untuk menghilangkan = plak pada gigi.
  • Waspada terhadap gejala awal gigi busuk serta gangguan gusi lain seperti kemerahan, pendarahan, bengkak, keluar cairan dari gusi, gigi longgar, timbul bau tidak sedap yang harus ditangani secepatnya.
  • Kurangi risiko mulut kering dengan cara minum air dalam jumlah cukup dan kunyah permen bebas gula untuk memproduksi air liur lebih banyak.

Selain bisa menyebabkan gigi busuk, pengidap diabetes juga bisa mengalami beberapa masalah mulut lain, seperti oral burning. Oral burning adalah sensasi terbakar yang terjadi di dalam mulut akibat kadar gula dalam darah yang tinggi. Rasa panas pada mulut tersebut bisa diatasi dengan cara menurunkan kadar gula darah tubuh. Beberapa gejala yang biasanya terjadi adalah:

  • Gigi copot atau tanggal.
  • Gigi berlubang.
  • Sakit ketika sedang mengunyah.
  • Bau mulut.
  • Rasa makanan berubah jadi kurang enak. 
    Sponsors Link

Dengan selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi secara tepat, maka sebenarnya risiko gigi busuk juga bisa dihindari dan pengidap diabetes juga bisa hidup lebih sehat. Sedangkan bagi anda perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut karena bisa meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini