Sponsors Link

Gigi Copot Saat Remaja Apakah Bisa Tumbuh Lagi?

Sponsors Link

Gigi copot atau tanggal dari gusi biasanya memang terjadi ketika masih anak anak. Akan tetapi pada anak remaja dan orang dewasa juga bisa mengalami masalah gigi copot baik karena terlepas dengan sendirinya atau karena penyebab lainnya. Untuk gigi copot yang terjadi pada anak anak nantinya bisa langsung digantikan dengan gigi yang baru. Namun, bagaimana dengan gigi copot saat remaja?, apakah gigi yang tanggal tersebut bisa kembali tumbuh?.

ads

Gigi Susu dan Gigi Permanen

Manusia memiliki dua kali masa pertumbuhan gigi yakni gigi susu atau primer dan juga pertumbuhan gigi permanen atau gigi sekunder.

  • Gigi susu atau gigi primer: Salah satu dari macam macam gigi igi ini mulai tumbuh ketika bayi berusia 6 bulan hingga 2 sampai 3 tahun. Ketika masuk usia 3 tahun, maka anak anak sudah memiliki sekitar 20 gigi susu. Gigi susu ini akan tanggal secara bertahap yang kemudian digantikan dengan gigi primer dimulai dari usia 5 hingga 6 tahun dan selesai pada masa awal remaja.
  • Gigi permanen atau gigi sekunder: Gigi ini akan menggantikan gigi susu dimana fase pergantian akan membuat rahang penuh dengan kombinasi ciri ciri gigi susu dan gigi permanen. Gigi permanen umumnya sudah menggantikan gigi susu secara menyeluruh pada usia 12 hingga 13 tahun. Gigi susu yang copot akan digantikan dengan gigi permanen dalam waktu 1 minggu sampai 6 bulan. Akan tetapi apabila gigi copot karena pembusukan atau fraktur, maka akan butuh waktu lebih lama dari proses gigi permanen untuk tumbuh kembali.

Penyebab Gigi Copot Usia Remaja dan Dewasa

Ada beberapa penyebab gigi copot pada usia remaja, gigi tanggal di usia muda dan dewasa dan beberapa diantaranya disebabkan karena kecelakaan dan juga penyakit.

  1. Trauma Gigi

Gigi copot yang terjadi karena pukulan keras di area kepala atau langsung pada gigi serta kebiasaan yang dilakukan sehari hari bisa menyebabkan kerusakan gigi dan gigi copot. Terpukul di area kepala atau mulut, membuka botol dengan gigi atau merobek bungkus makanan dengan gigi bisa menyebabkan gigi copot sebab gigi tidak dirancang untuk berbagai kegiatan tersebut sehingga harus dihindari.

  1. Periodontitis

Periodontitis atau penyakit gusi adalah penyakit lanjutan dari gingivitis yang terlihat dari infeksi pada gusi, tulang rahang dan juga jaringan penghubung gigi dan gusi. Periodontitis juga bisa menyebabkan gigi merenggang dan gigi copot saat remaja.

  1. Penyakit Lain

Selain karena kebiasaan atau penyakit gusi seperti infeksi gigi, beberapa penyakit kronis seperti kanker, diabetes, osteomielitis dan juga penyakit autoimun juga bisa menyebabkan gigi copot pada usia remaja dan dewasa sehingga ketika ini terjadi sebaiknya segera periksakan ke dokter juga benar benar terjadi. 

Sponsors Link

Gigi Copot Saat Remaja Apa Bisa Tumbuh Lagi?

Bisa atau tidaknya gigi copot saat remaja untuk kembali tumbuh tergantung dari jenis gigi yang copot, apakah gigi susu atau gigi permanen. Jika gigi yang copot adalah gigi susu, maka kemungkinan masih bisa digantikan dengan pertumbuhan gigi permanen. Akan tetapi gigi susu biasanya jarang bertahan sampai usia 17 tahun.

3 gigi dari tengah ke kanan dan kiri biasanya sudah copot ketika usia 6 hingga 12 tahun. Sedangkan untuk gigi seri tengah umumnya sudah copot ketika usia 6 hingga 7 tahun. Untuk gigi seri sudah copot saat usia 7 hingga 8 tahun dan untuk gigi taring sudah copot saat usia 10 hingga 12 tahun. Sedangkan untuk gigi geraham akan copot antara usia 9 hingga 12 tahun. 

Sponsors Link

Jika gigi yang copot merupakan gigi permanen, maka kemungkinan tidak ada lagi benih gigi yang bisa menggantikan gigi copot tersebut. Namun, ada sebagian orang yang masih memiliki gigi susu menetap dan belum pernah tanggal bahkan hingga usia dewasa. Jika dibalik gigi susu tersebut masih ada benih gigi permanen yang belum tumbuh, maka kemungkinan besar pertumbuhan gigi masih dapat terjadi. Sebagian orang lainnya juga tidak memiliki benih pertumbuhan gigi sehingga jumlah gigi mereka akan lebih sedikit dari orang pada umumnya sehingga macam macam gigi palsu atau implan gigi menjadi cara terbaik untuk menggantikan gigi yang sudah copot tersebut.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi