Sponsors Link

12 Penyebab Gigi Copot Sendiri Saat Hamil – Gejala – Resiko

Sponsors Link

Ketika hamil masalah gigi dan mulut sering kali dialami oleh mereka. Dalam dunia kesehatan gigi, gigi copot sendiri saat hamil bisa terjadi karena ada masalah periodontal. Masalah periodontal adalah keadaan di sekitar gigi yang disebabkan oleh infeksi pada gusi dan pendukung gigi. Beberapa penyebab gigi copot sendiri saat hamil akan disampaikan lebih lanjut oleh halogigi.

ads

Penyebab Gigi Copot Sendiri Saat Hamil

1. Masalah Gigi dan Mulut Sudah Ada

Masalah gigi dan mulut sudah ada sebelumnya pada ibu hamil bisa menjadi penyebab gigi copot sendiri saat hamil. Keberlanjutan gigi copot sendiri akibat masalah gigi dan mulut karena ibu hamil tidak langsung menanganinya ke dokter gigi. Beberapa masalah gigi dan mulut yang bisa menyebabkan gigi copot sendiri saat hamil adalah sakit gigi berlubang saat hamil dan penyebab karies gigi pada ibu hamil.

2. Penurunan pH Mulut Pada Ibu Hamil

Penurunan ph mulut pada ibu hamil bisa menyebabkan terjadinya pengeroposan gigi sehingga gigi akan lebih mudah untuk copot sendiri. Perubahan pH pada mulut ibu hamil dapat dipengaruhi dari produksi asam lambung dan hormon gastin meningkat sehingga menyebabkan produksi mucus meningkat.

3. Aktivitas Sehari-Hari

Selain masalah gigi dan mulut yang sudah ada, gigi copot sendiri bisa terjadi karena aktivitas sehari-hari. Saat kondisi gigi sudah tidak didukung tempat tinggalnya, maka gigi akan lebih mudah bergoyang. Ketika anda tidak menyadari gigi anda ada yang goyang saat makan dan minum kecenderungan gigi copot sendiri bisa terjadi pada saat hamil.

4. Tidak Memperhatikan Kandungan Gizi dan Nutrisi

Ibu hamil seringkali hanya memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin atau bayi yang dikandungnya saja. Keadaan tersebut memungkinkan ibu hamil tidak memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi untuk kesehatan gigi. Padahal kesehatan gigi pada ibu hamil perlu didukung sehingga tidak menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin atau bayi yang dikandung.

Seringkali penyebab gigi copot sendiri saat hamil tanpa kita sadari. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi penyebab gigi copot sendiri saat hamil, anda perlu mengetahui gejala yang akan dialami oleh penderitanya ketika mengalami gigi copot sendiri saat hamil.

Gejala Gigi Copot Sendiri Saat Hamil

1. Gusi Tidak Dapat Menyangga Gigi

Gejala dini gigi copot sendiri saat hamil adalah kemampuan gusi berkurang. Fungsi gusi adalah melindungi jaringan di bawah yang mengikat akar gigi ke tulang rahang. Apabila penyebab gigi copot sendiri saat hamil ada, maka gejala gigi copot seperti kemampuan gusi tidak dapat menyangga gigi bisa terjadi.

Sponsors Link

2. Gigi Mudah Goyang

Gigi mudah goyang adalah kelanjutan dari kemampuan gusi sebagai penyangga gigi berkurang. Gigi mudah goyang artinya gigi tidak berdiri teguh pada tempat penyangganya sehingga gigi mudah digerakkan.

Penyebab dan gejala gigi copot sendiri saat hamil, mungkin sudah anda hindari semampu anda. Namun bagi mereka yang belum mengetahui penyebab dan gejala gigi copot sendiri saat hamil akan jauh beresiko mengalaminya. Berikut ini resiko yang akan ditimbulkan apabila anda mengalami gigi copot sendiri saat hamil.

ads

Resiko Gigi Copot Saat Hamil

1. Kehilangan Gigi

Saat gigi copot tentunya anda akan kehilangan gigi anda. Kehilangan gigi pada ibu hamil menyebabkan kondisi gigi lebih terbuka, oleh karena itu ibu hamil perlu melakukan perawatan gigi yang sesuai untuk mengatasi kondisi gigi yang demikian.

2. Aktivitas Sehari-hari Terganggu

Aktivitas sehari-hari terganggu apabila anda mengalami gigi copot sendiri saat hamil terutama saat proses mengunyah dan membersihkan gigi. Saat proses mengunyah makanan, gigi copot akan menganggu anda karena makanan akan masuk ke bagian gigi copot. Sedangkan ketika membersihkan gigi, ibu hamil akan terganggu dalam melakukan aktivitas ini karena kegiatan membersihkan gigi akan jauh lebih hati-hati dibandingkan saat gigi anda tidak mengalami gejala gigi copot sendiri.

3. Potensi Tempat Tumbuh Bakteri Meningkat

Ketika gigi copot sendiri menunjukkan kondisi kesehatan gigi anda lebih tidak baik daripada gigi yang tidak mengalami gejala gigi copot. Potensi pertumbuhan bakteri akan lebih mudah meningkat karena tempat tumbuh gigi didukung dengan tingkat kesehatan gigi yang tidak baik. Selain itu jumlah bakteri yang meningkat bisa menyebabkan masalah gigi berlubang parah busuk dan penyebab karang gigi hitam.

Cara mengatasi gigi copot sendiri saat hamil bisa menjadi cara anda untuk menangani masalah gigi copot sendiri. Berikut ini cara mengatasi gigi copot sendiri saat hamil yang bisa anda lakukan.

Cara Mengatasi Gigi Copot Sendiri Saat Hamil

1. Periksa Kondisi Kesehatan Gigi

Periksa kondisi kesehatan gigi ke dokter gigi terpercaya merupakan cara awal untuk mengetahui kesehatan gigi. Pemeriksaan setiap 6 bulan sekali perlu dilakukan bagi ibu hamil sehingga ibu hamil dapat mengatasi gigi copot sendiri. Anda pun dapat mengetahui perawatan gigi yang sesuai dengan kesehatan gigi anda.

2. Konsumsi Makanan Mengandung Gizi dan Nutrisi

Ibu hamil memerlukan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi. Fungsinya selain bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin atau bayi dan dikandungnya. Selain itu, makanan yang bergizi dan bernutrisi mampu menjaga kesehatan gigi pada ibu hamil. Kecukupan gizi dan nutrisi yang mendukung perkembangan gigi seperti makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi.

Sponsors Link

3. Jaga Kebersihan Gigi

Tidak hanya untuk ibu hamil yang memiliki masalah gigi dan mulut saja tetapi menjaga kebersihan gigi perlu dilakukan oleh ibu hamil yang belum mengalami masalah gigi dan mulut. Kebersihan gigi dapat terjaga dengan menyikat gigi dengan baik dan benar, berkumur dengan obat kumur, dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

Demikian informasi yang dapat halogigi sampaikan mengenai, penyebab, gejala, resiko dan cara mengatasi gigi copot sendiri saat hamil. Semoga bermanfaat. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini