Sponsors Link

Gigi Depan Anak Lama Tumbuh – Penyebab – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Saat gigi susu mulai tanggal, maka gigi akan mengalami proses pertumbuhan kembali yang disebut dengan gigi permanen atau gigi tetap. Dimana gigi ini akan mulai tumbuh saat gigi susu mulai tanggal, sekitar usia 6 – 10 tahun. Namun pertumbuhan gigi permanen tidaklah sama pada setiap anak. Ada anak yang mengalami proses pertumbuhan gigi permanen dengan cepat ada pula yang lambat, misalnya seperti gigi depan anak yang lama tumbuh dibandingkan gigi lainnya.

ads

Pertumbuhan gigi depan memang dapat dikatakan paling lambat dibandingkan gigi lainnya. Bahkan ada sebagian orang tua yang sangat kwuatir pada gigi anaknya yang tak kunjung tumbuh. Padahal gigi lainnya sudah sempurna. Lantas, apa penyebab gigi depan anak lama tumbuh? Apakah pertumbuhan gigi depan yang lama dapat dikatakan sebagai hal yang normal?

Penyebab Gigi Depan Anak Lama Tumbuh

Lama tidaknya muncul gigi permanen anak setelah tanggalnya gigi susu setiap anak memanglah berbeda-beda. Ada yang prosesnya cepat namun ada juga yang lambat. Berikut adalah penyebab gigi depan anak lama tumbuh setelah gigi susu tanggal:

  1. Jaringan Gigi Depan yang Tertutup

Salah satu penyebab gigi susu tanggal lama tumbuh adalah adanya masalah di jaringan gigi yang menutupi bagian gigi yang ingin tumbuh. Saat bagian tersebut tertutup oleh jaringan gigi, maka gigi tidak dapat tumbuh secara sempurna. Hasilnya, pertumbuhan gigi sedikit lebih lama dibandingkan bagian gigi lain yang tidak tertutup oleh jaringan gigi lainnya dan dapat menyebabkan gigi anak tumbuh berantakan.

  1. Gigi Susu Tanggal Sebelum Waktunya

Saat gigi susu tanggal sebelum waktunya, beberapa orang percaya jika hal tersebut akan membuat pertumbuhan gigi permanen lebih lama. Dimana dari perhitungan waktu hal tersebut memang benar. Namun di samping itu, lamanya pertumbuhan gigi depan anak juga dapat disebabakan manakala gigi depan mengalami gigis atau geripis. Saat gigi anak mengalami rusak parah, maka gigi tersebut akan lepas dan tanggal sebelum waktunya. Dan hal tersebut akan membuat akar gigi susu semakin pendek dan tidak dapat merangsang pertumbuhan gigi permanen.

  1. Tumbuhnya Jaringan Perut

Meskipun tidak banyak dialami oleh anak-anak, namun tumbuhnya jaringan perut pada masa pertumbuhan gigi permanen juga dapat menjadi salah satu penyebab gigi depan anak lama tumbuh. Dimana jaringan perut seperti ini dapat tumbuh akibat adanya trauma gigi yang pernah dialami, seperti tindakan bedah mulut dan gigi, benturan gigi yang sangat keras, dan lain sebagainya.

  1. Faktor Asupan Gizi dan Nutrisi

Makanan yang mengandung gizi dan nutrisi bukan hanya dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan badan. Melainkan juga dapat mempercepat pertumbuhan gigi permanen yang sempat mengalami masalah. Dimana makanan ini memiliki peran yang cukup besar bagi pertumbuhan gigi anak-anak. Biasanya lamanya gigi permanen tumbuh disebabkan oleh asupan gizi dan nutrisi anak tidak tercukupi atau pada saat mereka masih berada di dalam kandungan.

  1. Faktor Sistemik

Selain dari faktor asupan gizi dan nutrisi yang kurang tercukupi. Gigi depan anak yang tak kunjung tumbuh juga dapat disebakan oleh faktor sistemik. Faktor sistemik tidak jauh berbeda dengan kebutuhan gizi dan nutrisi bagi gigi. Faktor ini dapat disebabkan ketika anak tidak memiliki asupan seperti vitamin D yang cukup. Dimana vitamin D memiliki peran yang cukup besar untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi.

Sponsors Link

  1. Keturunan

Lama tidaknya pertumbuhan gigi permanen ternyata juga dapat disebabkan dari faktor genetik atau segi keturunan. Jika anda adalah orang tua yang memiliki anak dengan masalah gigi depan yang tak kunjung tumbuh. Mungkin salah satu dari orang tuanya memiliki riwayat yang sama, yaitu gigi depan tumbuh dalam waktu yang lebih lama dibandingkan gigi lainnya. Bahkan jaraknya bisa cukup lama.

  1. Gigi Gigis

Umumnya anak-anak akan mengalami gigi gigis jika kebersihkan gigi mereka kurang dijaga dan diperhatikan. Masalah gigi gigis memang sangat umum terjadi pada anak-anak apalagi jika mereka suka mengkonsumsi makanan manis dan memiliki kebiasaan minum susu sebelum tidur hingga usianya menginjak besar.

Saat gigi gigis terjadi dengan kerusakan yang teramat parah, biasanya gigi bagian depan akan mengalami geripis dan habis hingga ke bagian gusi. Saat gigi anak geripis, maka saat gigi tersebut sudah memasuki bahaya gigi ompong. Gigi tak kunjung tanggal dan lepas. Biasanya para orang tua memilih untuk mencabut gigi depan anak. Dimana cara tersebut dapat menghambat perangsangan untuk tumbuhnya gigi permanen bagian depan.

Sponsors Link

  1. Tidak Cukup Ruang Untuk Tumbuhnya Gigi Depan

Tumbuhnya gigi depan memang dapat dikatakan lebih lama dibandingkan gigi lainnya. Saat gigi lain sudah mengalami pertumbuhan hingga wujudnya sempurna. Maka kemungkinan gigi depan yang lama tumbuh disebabkan karena tidak cukupnya ruang untuk proses pertumbuhan gigi depan. Gigi yang seharusnya tumbuh jadi terhalang oleh gigi lainnya. Hal inilah yang membuat gigi depan jadi lama tumbuh dibandingkan gigi-gigi lain dan bisa menyebabkan gigi anak tumbuh di belakang gigi susu.

Itulah beberapa penyebab gigi depan anak lama tumbuh. Jika pertumbuhannya tidak kunjung nampak padahal usia anak sudah semakin dewasa. Maka anda harus segera mengkonsultasikannya dengan pihak dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini