Sponsors Link

Gigi Depan Keropos dan Patah: Penyebab dan Pencegahannya

Sponsors Link

Gigi keropos nampaknya tidak hanya dialami oleh kalangan manula saja. Kalangan pemuda pun juga dapat memiliki masalah yang serupa. Penyebab gigi keropos pada usia muda diantaranya adalah malas menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, mengkonsumsi makanan yang sembarangan serta membiarkan karies gigi. Gigi Depan Keropos dan Patah mungkin terdengar seperti bukan masalah serius bagi kalangan pemuda. Namun kondisi ini tentu akan merusak estetika wajah, terutama bagian gigi si penderitanya. Tentu tidak ada yang menginginkan hal tersebut. Berikut adalah penjelasan lengkap dari Gigi Depan Keropos dan Patah.

ads

Penyebab Gigi Depan Keropos

Dikutip dari laman webmd.com, ada beberapa kegiatan yang dapat berperan dalam pengikisan enamel gigi. Enamel pada gigi sendiri berfungsi untuk membantu ketika menggigit, mengunyah ataupun kegiatan lainnya. Selain itu, enamel juga berfungsi mengurangi resiko nyeri akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Meskipun berperan dalam melindungi gigi, enamel juga bisa retak dan terkikis. Berikut adalah penyebabnya.

  • Minum soft drink yang berlebihan (kadar fosfor dan asam sitratnya terlalu tinggi)
  • Minum minuman rasa buah (beberapa asam di dalam minuman rasa buah lebih tinggi dari battery acid)
  • Mulut kering atau air liur yang sedikit (xerostomia)
  • Memakan makanan tinggi gula
  • Acid reflux disease (GERD)
  • Masalah saluran pencernaan
  • Obat-obatan (aspirin, antihistamines)
  • Genetik (kondisi yang diwariskan)
  • Faktor lingkungan (attrition, abrasi, abraction, korosi).

Pencegahan Terhadap Gigi Keropos

Jika enamel gigi menipis, gigi akan mengalami demineralisasi dan akhirnya muncul karies pada gigi. Jika demineralisasi gigi memburuk, gigi akan mengalami erosi dan keropos. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mencegah gigi keropos menurut steemit.com.

  • Menjaga kebersihan gigi. Hal ini dapat dilakukan dengan menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari, terutama setelah makanan dan sebelum tidur. Bila perlu lakukan flossing untuk membersihkan sela-sela gigi. Berkumurlah dengan obat kumur sebanyak sekali dalam seminggu untuk mencegah pembentukkan plak dan tartar.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat berpotensi menimbulkan lubang di gigi seperti susu, kue, permen dan makanan-makanan manis lainnya. Selain itu hindari juga minuman-minuman yang bersifat asam seperti minuman rasa buah atau soft drink.
  • Perbanyak minum air putih untuk mendukung produksi liur di dalam mulut dan menetralkan asam di dalam mulut.
Sponsors Link

  • Setiap sekali selama enam bulan lakukanlah pemeriksaan kepada dokter gigi. Dokter gigi akan membersihkan plak dan tartar yang menempel di gigi untuk mencegah munculnya lubang di gigi. Dokter gigi juga mampu mendeteksi ada atau tidaknya lubang gigi, sehingga tindakan lebih lanjut dapat diambil. Menangani lubang gigi sejak dini sangat penting untuk mencegah dampak yang mungkin timbul akibat lubang tersebut, seperti gigi keropos misalnya.

Demikianlah penjelasan mengenai Gigi Depan Keropos dan Patah. Gigi keropos kemungkinan besar disebabkan oleh kebiasaan makan makanan yang terlalu manis atau minum minuman yang terlalu asam. Sedangkan gigi yang patah disebabkan oleh faktor fisik seperti benturan yang menyebabkan gigi patah, trauma dan yang lainnya. Cara mengatasi gigi keropos di usia muda diantaranya adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut. Banyak minum air putih agar tidak kekurangan air liur dan kurangi konsumsi makanan-makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Bila perlu, Anda dapat berkonsultasi ke dokter gigi terutama jika Anda memiliki lubang di gigi.

Sponsors Link
, ,
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini