Sponsors Link

5 Penyebab Gigi Geraham Berlubang Parah dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi geraham adalah bagian gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Tak heran jika sejumlah masalah kerap kali terjadi pada bagian gigi ini. Misalnya saja seperti terjadinya karies gigi atau lubang pada gigi geraham. Mengingat hal tersebut sering terjadi, tentu segala upaya harus dilakukan agar gigi geraham tidak sampai berlubang parah.

ads

Apabila gigi geraham sudah terlanjur berlubang dan rusak parah. Tentu berbagai masalah akan timbul seperti rasa sakit saat digunakan untuk mengunyah makanan, rasa ngilu yang datang tiba-tiba, bahkan gusi bengkak saat sakit gigi. Berbagai faktor tentu bisa menjadi penyebab gigi geraham cepat berlubang. Untuk itu, berikut penyebab gigi geraham berlubang dan rusak parah.

  1. Kurangnya Menjaga Kebersihan Gigi

Umumnya gigi berlubang disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan gigi yang anda lakukan setiap hari. Gigi menjadi bagian penting yang digunakan untuk mengunyah makanan setiap hari. Apabila tidak rutin dibersihkan, sisa makanan yang menempel di sela gigi akan menyebabkan penumpukan plak yang menjadi sarang berkembangnya sejumlah kuman dan bakteri. Lama kelamaan kuman dan bakteri akan melemahkan lapisan pelindung gigi yang dapat menyebabkan gigi geraham hitam berlubang.

  1. Struktur Anotomi Gigi

Mengapa gigi geraham lebih cepat berlubang dibandingkan gigi lainnya? Hal tersebut dikarenakan struktur anatomi gigi geraham dan fungsinya yang memang sedikit berbeda dibandingkan gigi lainnya. Jika gigi depan dan gigi taring memiliki struktur yang lebih halus dan lurus. Maka berbeda dengan gigi geraham manusia. Dimana gigi ini memiliki lekukan yang terdapat dibagian ujungnya. Hal tersebut tentu menyulitkan pembersihan gigi sehingga tumpukan sisa makanan tidak bisa terangkat dengan sempurna.

  1. Posisi Gigi yang Masuk Ke dalam

Dapat diketahui jika posisi gigi geraham ini lebih masuk dibandingkan dengan gigi lainnya. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan mempersulit jangkauan sikat gigi saat gigi dibersihkan. Tumpukan sisa makanan yang terjadi terus menerus dan tidak bisa dibersihkan dengan sempurna. Maka akan menyebabkan gigi geraham akan lebih cepat mengalami kerusakan dibandingkan gigi lainnya. Anda bisa melakukan cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar.

  1. Fungsi Gigi Geraham Lebih Berat Dibandingkan Gigi Lain

Fungsi utama gigi geraham adalah digunakan untuk mengunyah makanan. Gigi geraham akan bekerja lebih berat dibandingkan gigi lainnya. Saat makanan dikunyah tentu sisa makanan akan cepat terselit ke dalam gigi geraham yang memiliki struktur lekukan khusus. Jika hal ini dibiarkan tentu sisa makanan yag terus tertimbun secara terus-menerus akan akan berubah menjadi plak gigi. Tidak menutup kemungkinan jika sejumlah kuman dan bakteri akan bersarang disana dan dan melakukan perusakan di lapisan gigi geraham. Hindari masalah tersebut dengan cara membersihkan karang gigi.

  1. Usia Gigi Geraham Lebih Tua Dibandingkan Gigi Lainnya

Faktor penyebab gigi geraham berlubang dan hitam adalah karena usia gigi ini lebih tua dibandingkan gigi lainnya. Dimana gigi geraham adalah gigi permanen yang tumbuh pertama saat gigi susu mulai tanggal. Hal tersebut yang menyebabkan gigi geraham lebih rentan terjadi kerusakan dibandingkan gigi lainnya.

Sponsors Link

Cara Mengatasi dan Pencegahan

Dari sejumlah penyebab gigi geraham berlubang parah di atas, tentu ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kerusakan yang semakin parah. Berikut cara mengatasi gigi geraham berlubang parah dan pencegahannya:

  • Dengan Rutin Menggosok Gigi

Kesehatan gigi geraham tentu tidak lepas dari kebersihan yang anda lakukan. Menggosok gigi secara rutin bisa menjadi cara untuk mengatasi gigi geraham berlubang parah. Anda cukup rutin membersihkan gigi dengan cara menyikatnya setelah makan saja. Minimal menggosok gigi 2 – 3 kali sehari, yaitu di pagi, siang dan malam hari sebelum tidur. Perhatikan juga cara menyikat gigi dengan benar.

  • Melakukan Penambalan Pada Gigi Geraham

Penambalan gigi menjadi alternatif untuk mencegah terjadinya gigi berlubang yang semakin parah. Cara ini bisa anda lakukan untuk gigi geraham yang sudah berlubang besar dan sering menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Anda cukup pergi ke dokter spesialis gigi untuk dilakukan penambalan. Atau bisa juga dengan cara menambal gigi berlubang sendiri atau cara menambal gigi berlubang secara alami.

Sponsors Link

  • Gigi Geraham Berlubang Dicabut

Selain beberapa cara mengatasi gigi berlubang parah di atas, cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi gigi geraham berlubang yang hitam adalah dengan melakukan pencabutan. Cara ini bisa anda lakukan sendiri dengan cara mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit atau bisa juga dengan cara pergi ke dokter gigi yang lebih aman.

  • Melakukan Pemulihan Enamel Gigi

Cara ini bisa anda lakukan tatkala gigi geraham belum berlubang parah. Dimana enamel gigi yang sudah mulai terkikis dan menyebabkan terjadinya karies gigi, anda bisa melakukan pemulihan terhadap lapisan pelindung gigi tersebut. Biasanya dokter gigi akan menggunakan bahan fluoride untuk mengembalikan enamel gigi yang sudah mulai rusak.

Dari penyebab gigi geraham berlubang parah yang sudah anda ketahui di atas. Maka anda bisa melakukan cara mencegah gigi geraham berlubang parah. Lakukan cara di atas untuk mengurangi terjadinya gigi berlubang besar yang semakin parah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi