Sponsors Link

Penyebab Gigi Geraham Bungsu Atas Tumbuh Tidur

Sponsors Link

Pada umunya gigi geraham bungsu merupakan gigi akhir yang berada di ujung posisi gigi, dan sering terjadi pertumbuhan yang tidak normal. Hal ini terjadi oleh karena beberapa faktor dan terkadang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman yang luar biasa menyiksa. Berikut ini masalah gigi bungsu tumbuh tidur penyebab, gejala dan efek samping.

ads

Untuk menghindari timbulnya gejala yang semakin parah dan menimbulkan efek samping yang serius, berikut ini beberapa penyebab gigi geraham bungsu atas tumbuh tidur lengkap dengan gejala dan cara mengatasinya.

Penyebab Gigi Geraham Bungsu Atas Tumbuh Tidur

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya pencetus masalah gigi geraham bungsu tumbuh tidur, untuk mengetahuinya berikut beberapa contoh berikut :

1. Kondisi Rahang Yang Sempit

Karena rahang Anda terlalu sempit atau bisa jadi karena keturunan yang memiliki rahang dengan ukuran kecil, hal ini dapat memicu terjadinya gigi geraham bungsu tumbuh tidur. Karena pada saat geraham bungsu Anda tumbuh mereka tidak memiliki ruang tumbuh yang memadai, sehingga ruang sempit tersebut menjadi masalah dan akhirnya geraham tumbuh mirin tidak norma. Penyebab dan gejala gigi bungsu menusuk pipi dan cara mengatasinya.

2. Susunan Gigi Yang Tidak Teratur

Gigi manusia memiliki susunan gigi yang rapih dan juga teratur, namun ada juga sebagian orang yang memiliki hal sebaliknya. Apabila hal tersebut tidak ditangani dengan baik akan berakibat pada pertumbuhan geraham bungsu tumbuh tidur dan hal ini berefek pada bengkak dan luka pada sekitar daerah gigi dan gusi. Berikut tanda dan ciri-ciri gigi bungsu tumbuh yang wajib diketahui.

3. Pemakaian Alat Gigi

Penggunaan alat gigi seperti behel dan gigi palsu menjadi pencetus terjadinya geraham bungsu tumbuh tidur. Karena jika pemakaian alat tersebut tidak dikontrol dan dilakukan pengecekan secara berkala, maka tidak khayal masalah akan menjadi serius, sampai pada gangguan gigi geraham bungsu yang tidak normal. Salah satu efek samping gigi bungsu tumbuh beserta gejalanya.

4. Makanan Yang Terlalu Keras

Jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan tekstur keras dan terlalu kelot akan berakibat rahang Anda akan bekerja keras untuk mengunyah dan mengigit. Hal ini tentu dampak berkepanjangannya dapat menyebabkan gigi geraham Anda tumbuh tidur dan tidak normal. Alangkah baiknya untuk menjaga makanan dan kesehatan gigi sedini mungkin. Berikut ini cara mengobati sakit gigi bungsu paling ampuh dan aman.

5. Riwayat Penyakit Lain

Jika Anda mengalami sejarah penyakit bawaan seperti gigi bertumpuk, gigi tonggos atau masalah gusi dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi geraham bungsu Anda menjadi tidak normal seperti miring atau tidur. Hal ini tentu sangat berdampak pada timbulnya luka dan rasa nyeri gigi. Salah satu ciri gigi bungsu bermasalah dan cara mengatasinya.

Sponsors Link

Gejala Gigi Geraham Bungsu Atas Tumbuh Tidur

Gejala dan tanda dari pertumbuhan gigi geraham bungsu tidur dapat dirasakan sebelumnya, hal apa saja yang bisa menandai gejala tersebut ?. Berikut beberapa gejala yang harus diperhatikan. Contoh pantangan setelah operasi gigi bungsu yang harus dihindari.

  • Timbul rasa sakit dan seperti ada yang menganjal pada geraham gigi bungsu.
  • Timbul ruam merah dan adanya rasa nyeri seperti luka.
  • Menimbulkan bengkak akibat luka dan rasa sakit, bahkan bisa sampai pada bagian pipi, rahang, leher dan gusi.
  • Menimbulkan peradangan pada daerah gigi dan jaringan lunak sekitar gigi geraham. Salah satu penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur dan cara mengatasinya.
  • Merasakan rasa sakit kepala akibat rasa sakit dari gigi geraham yang menjalar ke bagian syaraf kepala dan otak.
  • Mulut menjadi sukar untuk dibuka, bahkan terasa kering dan perih.

Efek Samping Gigi Geraham Bungsu Atas Tumbuh Tidur

Berikut ini beberapa efek dan dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya pertumbuhan gigi geraham bungsu tumbuh. Berikut penyebab gigi geraham bungsu tumbuh miring dan cara mengatasinya.

  • Menimbulkan rasa sakit dan nyeri hebat.
  • Terjadinya pembengkakan pada gusi, gigi dan jaringan lunak di sekitar mulut.
  • Adanya infeksi sehingga membuat gigi Anda menjadi meradang.
  • Rasa ngilu jika memakan makanan atau minuman yang terlalu berat.
  • Menyebabkan sakit kepala dan sakit pada rahang dan juga leher.
  • Bengkak pada bagian pipi, leher dan juga rahang. Inilah penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur dan cara mengatasi.
  • Kesulitan untuk mengunyah makanan.
  • Menyebakan terjadinya infeksi dan bahkan menimbulkan pendarahan dan nanah.
  • Memicu penyakit lain serti sinusitis dan penyakit berbahaya lainnya kanker, tumor dan jantung. Berikut ini tanda-tanda gigi geraham bungsu tumbuh yang perlu diketahui.
  • Terjadi gangguan pada mata.
  • Menimbulkan efek samping pada kesehatan gigi lainnya.
    Sponsors Link

Cara Mengatasi Masalah Gigi Bungsu Anda

Untuk mengatasi dan mencegah timbulnya gigi geraham bungsu tumbuh miring, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Inilah salah satu resiko gigi bungsu tumbuh miring ke arah atas pipi.

  • Gunakan kompres es batu pada daerah gigi geraham bungsu yang sakit.
  • Untuk mencegah bengkak dan sakit gunakan larutan garam untuk berkumur dan menggosok gigi.
  • Sebelum timbul gejalanya lebih baik rajin merawat gigi dan membersihkannya minimal 2 kali dalam sehari.
  • Hindari mengkonsumsi makanan keras yang memicu pertumbuhan gigi geraham bungsu tidak normal. Penyebab gigi bungsu gejala, efek samping, pengobatan.
  • Lakukan pemeriksaan kondisi gigi gerahan bungsu pada dokter gigi Anda untuk mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan.
  • Melakukan tindakan medis seperti pencabutan gigi gerahan bungsu sampai pada operasi gigi geraham. Berikut ini bahaya gigi geraham tumbuh miring yang harus diwaspadai.

Semoga penjelasan di atas mengenai gigi geraham bungsu tumbuh tidur dapat menjadi perhatian agar Anda dapat menghindari masalah gigi tersebut. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi