Sponsors Link

Penyebab Gigi Geraham Cepat Berlubang dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi berlubang tentu menjadi sangat mengganggu, karena Gigi Berlubang Besar akan sering menciptakan masalah. Entah itu rasa sakit, atau potensi peradangan di gusi sekitarnya. Permasalahan gigi berlubang mungkin memang bukan permasalahan baru. Ada banyak orang yang mengalaminya. Namun jika diperhatikan, kebanyakan kasus gigi berlubang terjadi pada gigi geraham. Mengapa demikian? Mengapa gigi geraham cepat berlubang jika dibanding gigi yang lainnya? Berikut beberapa penjelasannya.

ads

Penyebab

Gigi geraham memang salah satu jenis gigi yang paling cepat berlubang dan rusak. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya.

  1. Struktur anatomi yang berbeda

Penyebab utama mengapa gigi geraham menjadi gigi yang paling cepat rusak dan berlubang adalah karena struktur anatominya yang sedikit berbeda dengan gigi yang lainnya. Perlu diketahui bahwa gigi geraham di bagian atasnya memiliki lekukan-lekukan. Tidak seperti gigi taring atau gigi depan, gigi geraham memiliki lekukan di bagian atas yang dapat meningkatkan risiko sisa makanan menempel, sulit dibersihkan, dan sebagainya. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap kesehatan gigi itu sendiri sehingga menyebabkan gigi geraham lebih rentan terkena masalah.

  1. Posisi yang lebih masuk

Seperti yang diketahui bersama, gigi geraham posisinya adalah di bagian yang bisa jadi sulit dijangkau oleh sikat gigi saat membersihkan gigi. Posisi gigi geraham memang ada di dalam, tidak seperti gigi depan atau gigi seri. Hal ini mengakibatkan gigi menjadi lebih sulit untuk dijangkau sikat gigi. Sehingga bisa jadi ketika gosok gigi, gigi geraham tidak disikat dengan sempurna. Hal ini menjadikan gigi dalam sering bermasalah, seperti gigi geraham cepat berlubang.

  1. Kerja yang lebih berat

Penyebab lainnya mengapa gigi geraham menjadi lebih cepat berlubang adalah karena kerjanya yang lebih berat jika dibandingkan dengan gigi lainnya. Seperti yang diketahui bersama, fungsi dari gigi geraham adalah untuk menghaluskan makanan. Sehingga dengan kata lain, gigi geraham ini lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan gigi lainnya. Hal ini juga menjadikan gigi geraham lebih sering dihinggapi sisa makanan dan pada akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

  1. Faktor usia

Faktor lain yang menyebabkan gigi geraham menjadi cepat berlubang adalah karena usia gigi geraham itu sendiri. Gigi geraham adalah gigi permanen pertama yang tumbuh ketika anak-anak. Saat gigi susu mulai tanggal, gigi geraham adalah gigi yang pertama tumbuh. Sehingga usia gigi geraham itu sendiri tentu lebih tua dari gigi lainnya. Dan hal ini tentu dapat meningkatkan risiko kerusakan yang lebih parah di gigi geraham jika dibanding gigi lainnya.

Itulah beberapa penyebab mengapa gigi geraham menjadi cepat berlubang dan rusak.

Penanganan

Gigi berlubang memang mengganggu. Gigi berlubang adalah penyebab sering sakit gigi yang utama. Dan tentu hal ini perlu untuk segera diatasi. Namun mengonsumsi Obat Pereda Sakit Gigi Berlubang saja tidak cukup karena sakit gigi bisa kambuh kapan saja. Berikut beberapa cara penanganan gigi berlubang yang bisa dilakukan.

Sponsors Link

  1. Memulihkan enamel gigi

Kasus gigi geraham cepat berlubang memang banyak terjadi. Hal ini sebenarnya dapat ditangani sejak dini, yaitu ketika kerusakan pada gigi geraham belum menjadi sangat parah. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fluoride. Tujuannya adalah untuk memulihkan enamel pada gigi sebelum menjadi gigi berlubang. Biasanya dokter akan menggunakan fluoride jenis cair, jel, busa, atau pernis selama beberapa menit. Perawatan ini akan berguna untuk mencegah gigi menjadi berlubang besar.

  1. Penambalan

Cara penanganan lain untuk gigi geraham yang berlubang adalah dengan penambalan gigi berlubang. Cara ini biasa dilakukan pada kasus gigi berlubang yang sudah membusuk dan menciptakan berbagai masalah. Penambakan bisa dilakukan dengan bahan-bahan seperti porselen atau resin komposit.

Sponsors Link

  1. Crown

Teknik lain untuk mengatasi gigi geraham berlubang adalah dengan crown. Cara ini cocok digunakan pada kasus gigi berlubang yang lebih parah lagi. Crown gigi ini bisa dibuat untuk menggantikan mahkota gigi yang alami.

  1. Perawatan saluran akar

Perawatan saluran akar merupakan salah satu jenis perawatan gigi yang sering direkomendasikan untuk Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang yang sudah mengganggu saraf atau pulpa gigi. Perawatan ini akan bertujuan untuk membuang atau mematikan saraf gigi yang sudah mengalami pembusukan. Nantinya gigi akan diberikan crown juga dan tidak perlu dicabut.

  1. Cabut gigi

Penanganan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pencabutan gigi. Hal ini dilakukan jika kasus gigi berlubang sudah sangat parah dan tidak bisa diselamatkan lagi, karena Akibat Gigi Berlubang Tidak Dicabut juga cukup mengganggu dan bisa jadi berbahaya. Namun biasanya dokter juga akan memberikan rekomendasi pemasangan Implan Gigi setelah gigi lama dicabut. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu posisi gigi di sebelahnya yang bisa saja bergeser.

Pencegahan

Karena gigi geraham cepat berlubang, tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegahnya, di antaranya sebagai berikut.

  • Rutin menggosok gigi secara benar dan tepat untuk mengurangi risiko gigi berlubang
  • Menggunakan obat kumur dan pasta gigi yang tepat. Gunakan juga pasta gigi yang mengandung fluoride untuk pencegahan gigi berlubang
  • Sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari
  • Membersihkan karang gigi secara rutin
  • Memperbanyak buah dan sayur

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab gigi geraham cepat berlubang dan beberapa cara mengatasinya yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi