Sponsors Link

Gigi Geraham Hitam : Penyebab, Efek Samping dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Hello sobat semua, kembali lagi bertemu dengan penulis pada kesematan kali ini ya sobat. Pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai kesehatan mulut, tepatnya membahas mengenai masalah gigi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, manusia mempunyai beberapa jenis gigi yang sudah diciptakan oleh Tuhan bagi tubuh kita sendiri.

ads

Gigi sendiri merupakan suatu alat atau sistem pencernaan mekanik yang terdapat pada mulut manusia yang berfungsi untuk merobek, memotong, dan mengolah makanan yang anda masukkan ke dalam mulut. Selain itu gigi juga berfungsi sebagai penunjang dalam penmailan anda ya sobat, karena gigi yang indah biasanya juga akan mendatangkan senyum yang indah juga. Setuju ya sobat.

Salah satu jenis gigi yang dimiliki manusia adalah gigi geraham. Gigi geraham merupakan gigi yang berfungsi untuk menggiling, mengunyah, menggilas serta menghaluskan makanan sebelum masuk ke saluran mulut yang lainnya, yang kemudian akan berlangsung di proses pencernaan tubuh manusia.

Tetapi pada aktualnya, sering sekali ditemukan gigi geraham dalam keadaan tidak sehat atau tidak dirawat sehingga gigi geraham tersebut berwarna hitam yang mendatangkan kesan jijik atau jorok. Selain itu jika dibiarkan dalam waktu yang lama tanpa adanya tindakan perbaikan akan memengaruhi gigi yang lainnya juga. Nah sobat semua bagaimana kondisi gigi geraham anda sekarang ini?

Penyebab Gigi Geraham Hitam

Adapun penyebab gigi geraham berwarna hitam adalah sebagai berikut:

  • Karena memang letaknya yang susah Dijangakau

maka seringkali walaupun sudah menyikat gigi, gigi geraham ini tidak sepenuhnya bersih artinya masih ada sisa – sisa makanan yang masih menempel sekalipun sudah dibersihkan dengan cara menyikat gigi. Sehingga lama kelamaan sisa makanan tersbeut akan berubah menjadi flag atau karang gigi yang mengakibatkan warna gigi geraham itu sendiri lama kelamaan akan berubah menjadi warna hitam.

  • Dilihat Dari Fungsinya

gigi geraham dan fungsinya sendiri adalah untuk menggilas, menggiling, dan mengunyah makanan, maka aktivitas pengolahan makanan paling banyak dilakukan oleh gigi geraham ini. Oleh sebab itu sisa makanan pun tentunya lebih banyak yang tersisa di gigi geraham tersebut. Dengan demikian potensi untuk berubah warna menjadi hitam karena banyaknya sisa makanan yang menempel pun akan terbuka lebar.

  • Penyikatan Gigi yang Tidak Rata

Pada banyak orang, ketika menyikat gigi hal yang paling penting baginya adalah menyikat bagian gigi yang cenderung terlihat atau berada di depan saja. Sering kali mengabaikan menyikat gigi geraham ini dengan sempurna, karena memang selain letaknya yang cukup sulit dijangkau, juga tidak terlalu terlihat ketika berbicara atau tersenyum kepada lawan bicaranya.

Efek Samping Gigi Geraham Hitam

Selain penyebab gigi geraham hitam tersebut, penulis juga kaan memberikan informasi kepada sobat semua tentang efek samping gigi geraham yang hitam ya sobat. Berikut ulasannya.

Sponsors Link

  • Jika dibiarkan dalam waktu yang lama tanpa adanya perbaikan atau perawatan pada gigi geraham yang berwarna hitam, tentunya selain mengenai gigi geraham perlahan namun pasti juga akan menimbulkan efek yang sama terhadap gigi didekatnya, yang mungkin saja bisa terjadi kasus yang sama yaitu berwarna hitam. Sungguh terlihat jijik dan kotor ya sobat.
  • Selain akan berpengaruh terhadap gigi yang lainnya, jika dibiarkan terlalu lama, maka bakteri atau kuman yang ada pada gigi geraham anda yang membuat gigi tersebut hitam, lama kelamaan akan membuat gigi anda berlubang. Hal ini disebakan oleh perkembangbiakan kuman yang ada pada gigi anda, sehingga dapat berakibat lebih fatal nantinya. Untuk itu sgera lakukan perawatan ya sobat.
ads

Cara Mengatasi Gigi Geraham Hitam

Adapun langkah yang sobat semua bisa lakukan untuk mengatasi masalah gigi geraham berwarna hitam ini adalah sebagai berikut :

  • Proses Pembersihan

cara menghilangkan flek hitam di gigi geraham ialah dengan rajin membersihkan. Jika gigi geraham anda berwarna hitam karena penumpukan flag dan karang gigi, maka langkah yang perlu sobat lakukan adalah dengan cara pembersihan karang gigi tersebut. Setelah itu lakukanlah perawatan yang lebih dalam untuk membersihkan bagian – bagian gigi geraham lainnya agar benar – benar bersih dan terhindar dari kuman yang dapat merusak gigi anda nantinya.

  • Menggunakan Obat Kumur

Seperti yang kita ketahui bersama, jika hanya menyikat gigi saja tidak cukup efektif untuk membersihkan gigi geraham anda, yang memang banyak terdapat sisa – sisa makanan. Untuk itu dianjurkan menggunakan obat kumur ya sobat agar hasilnya lebih maksimal.

  • Baking Soda dan Lemon

Menggunakan baking soda dan lemon dipercaya dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang membuat gigi berwarna hitam. Dengan menggunakan baking soda dan air lemon ini, diharapakan kuman dan bakteri pada gigi anda akan hilang sehingga gigi geraham anda tidak berwarna hitam lagi.

  • Menambal Gigi Geraham Anda

Jika warna hitam pada gigi geraham anda dirasa sudah cukup serius sehingga mengakibatkan gigi anda keropos atau bahkan berlobang, sebaiknya anda perlu melakukan penambalan saja ya sobat, agar tidak tambah parah nantinya. Selain itu jika gigi geraham berlobang maka anda akan kesusahan dalam mengunyah makanan.

Oke sobat, itulah beberapa tips yang penulis bagikan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semua. Salam hangat, salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi