Sponsors Link

Gigi Geraham Patah Setengah : Efek Samping dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi adalah bagian dari organ pencernaan yang perlu dijaga kesehatannya. Namun mungkin ada beberapa kejadian dan keadaan yang menyebabkan gigi menjadi bermasalah. Salah satunya jika gigi mengalami cedera seperti gigi patah. Gigi patah bisa terjadi pada bagian manapun dari gigi, termasuk gigi geraham patah setengah. Kondisi ini tentu bisa menciptakan berbagai efek samping untuk kesehatan.

ads

Efek Samping

Gigi yang tidak lagi utuh, bisa mengakibatkan berbagai efek samping bagi kesehatan, misalnya sebagai berikut.

  • Muncul rasa tidak nyaman di gigi yang patah
  • Muncul rasa nyeri mendadak, terutama ketika mengunyah sesuatu
  • Dapat mengakibatkan gigi sakit karena susunan syarafnya sudah terganggu
  • Rasa nyeri dapat hilang timbul
  • Gigi patah adalah salah satu Penyebab Gigi Ngilu
  • Menyebabkan peradangan atau luka di gusi, lidah, atau bagian pipi dalam akibat gigi yang menjadi tajam

Tentunya kondisi gigi geraham yang patah setengah perlu untuk ditangani, mengingat gigi geraham merupakan salah satu jenis gigi yang berperan penting dalam proses mengunyah makanan di dalam mulut.

Pertolongan Pertama

Ketika gigi patah setengah, termasuk gigi geraham, mungkin ada hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk pertolongan pertama. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan.

  1. Menyimpan gigi yang patah

Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah jangan membuang potongan gigi yang patah. Gigi yang patah dapat disimpan di dalam wadah yang berisi susu. Potongan gigi ini bisa dibawa ketika menemui dokter gigi. Kadang, memang ada mekanisme pengobatan yang membutuhkan patahan gigi untuk disatukan kembali. Namun jangan pernah mencoba menempekan sendiri potongan gigi tersebut.

  1. Berkumur dengan air garam

Ketika gigi geraham patah setengah, dengan atau tanpa disertai rasa sakit, berkumur dengan air garam akan membantu Anda untuk mencegah indeksi. Seperti yang diketahui bersama bahwa di dalam rongga mulut memang ada banyak bakteri. Jika ada masalah di gigi, bakteri akan dengan mudah menginfeksi. Sehingga berkumur dengan air garam dapat meminimalisir terjadinya infeksi di sekitar gigi.

  1. Obat pereda rasa sakit

Jika gigi geraham yang patah setengah disertai dengan rasa sakit, Anda bisa membeli obat pereda rasa sakit yang umum digunakan dan aman dikonsumsi tanpa resep dari dokter. Obat pereda rasa sakit ini akan membantu meredakan rasa nyeri yang ada akibat gigi patah. Beberapa obat yang bisa dibeli adalah jenis ibuprofen atau asetaminofen.

Sponsors Link

  1. Jika terjadi pendarahan

Kadang gigi patah juga bisa menyebabkan pendarahan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya gunakan kasa steril untuk mengatasi pendarhan tersebut. Jika sulit menemukan kasa, tekan dengan kain lembut yang sudah dicelupkan ke air dingin untuk mencegah pendarahan parah dan pembengkakan. Bisa juga dengan mengompres dengan ice pack di bagian pipi luar.

  1. Makan dengan hati-hati

Selama Anda belum sempat mengunjungi dokter gigi untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dengan hati-hati. Sebaiknya pilihlah makanan yang teksturnya lunak untuk mencegah rasa sakit atau luka di lidah dan bagian dalam pipi. Hindari konsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin karena gigi geraham yang patah bisa jadi akan menjadi sangat sensitif. Dan sebaiknya kunyahlah makanan di sisi lain gigi yang tidak cedera.

Penanganan dengan Dokter Gigi

Jika gigi geraham patah setengah terjadi kepada Anda, jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi. Hal ini penting, apalagi jika patahnya gigi tersebut memang menciptakan rasa sakit. Berikut beberapa cara menangani gigi patah yang bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien.

Sponsors Link

  1. Perbaikan kontur gigi

Biasa digunakan untuk patahan gigi yang tidak begitu parah. Cara kerjanya adalah dengan menghaluskan tepian gigi yang terlalu tajam untuk mencegah luka di gusi, lidah, dan bagian dalam pipi.

  1. Penambalan

Jika kasus gigi geraham yang patah setengah belum begitu parah, atau patahnya masih berada di bagian luar pulpa, maka penambalan bisa dilakukan seperti perawatan gigi berlubang.

  1. Pemasangan mahkota gigi tiruan

Perawatan ini cocok untuk dilakukan pada gigi geraham yang patah cukup lebar. Mahkota gigi tiruan atau Implan Gigi bisa dipasang untuk memperbaiki struktur gigi. Bahan yang digunakan biasanya keramik atau logam, yang akan dibuat seperti gigi asli.

  1. Perawatan saluran akar

Perawatan saluran akar bisa dilakukan untuk mengatasi kasus gigi patah yang sudah masuk ke syaraf atau pulpa gigi. Perawatan ini juga sering dilakukan pada kasus Gigi Berlubang Besar yang sudah mengganggu pulpa. Cara ini dilakukan jika gigi geraham masih bisa diselamatkan. Selanjutnya, mahkota tiruan juga bisa jadi dipasang.

  1. Pencabutan gigi

Pencabutan gigi biasa dilakukan jika kasusnya sudah sangat parah dan tidak bisa diselamatkan. Namun jangan mencabut sendiri, karena Efek Mencabut Gigi yang Sedang Sakit secara sembarangan juga berbahaya.

Pencegahan

Untuk mencegah gigi geraham patah setengah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Hindari mengunyah benda yang terlalu keras
  • Hindari menggertakkan gigi (Bruxism), karena itu termasuk kebiasaan buruk
  • Selalu rawat gigi dengan cara yang benar. Ketahui cara menyikat gigi yang benar agar gigi tetap bersih dan terbebas dari gangguan
  • Hindari kegiatan ekstrem yang dapat meningkatkan risiko gigi patah

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai gigi geraham patah setengah yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi