Sponsors Link

Gigi Geripis Pada Orang Dewasa – Penyebab – Pengobatan – Perawatan

Sponsors Link

Gigi geripis bukan hanya terjadi pada anak-anak usia balita, melainkan para orang dewasa pun juga dapat mengalaminya. Berbagai faktor dapat menyebabkan gigi orang dewasa mengalami geripis atau sampai rusak parah, seperti kurangnya menjaga kebersihan gigi, kebiasaan meropok, minuman alkohol hingga kebiasaan mengkonsumsi makanan yang dapat merusak gigi lainnya. Berikut beberapa penyebab gigi geripis pada orang dewasa:

ads
  1. Malas Menyikat Gigi

Kebiasaan malas menyikat gigi bisa menjadi salah satu faktor yang paling dapat berpengaruh pada terjadinya gigi geripis. Dimana penumpukan plak pada gigi yang terjadi akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan menjadi awal mulanya kerusakan gigi pada orang dewasa. Plak akan membuat daerah mulut memproduksi asam yang terlalu tinggi. Saat mulut terasa asam maka bakteri pun akan lebih mudah berkembang dan masuk ke bagian jaringan gigi untuk merusaknya.

  1. Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis

Diketahui jika makanan manis dan makanan yang dapat merusak gigi merupakan musuh utama bagi gigi. Bukan hanya anak kecil saja yang harus menghindari makanan manis agar gigi susu mereka tidak rusak parah. Melainkan orang dewasa pun juga harus menghindari makanan manis jika terdapat kerusakan pada gigi. Saat gigi sudah menunjukan kerusakan di salah satu bagiannya dan anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi makanan manis. Maka kerusakan akan bertambah parah hingga menyebabkan gigi geripis.

  1. Kurang Minum Air Putih

Air putih yang dikonsumsi setiap hari bukan hanya memperlancar proses pencernaan saja. Melainkan juga dapat membantu produksi air liur di dalam mulut. Saat tubuh kekurangan asupan air, maka mulut kering dan produksi air liur menjadi menurun. Dimana jika hal ini terus terjadi dalam waktu yang lama, maka gigi akan lebih mudah mengalami kerusakan seperti gigi geripis, keropos, bahkan dapat menyebabkan gigi berlubang parah busuk.

  1. Suka Minuman Bersoda

Minuman yang mengandung soda menjadi salah satu minuman yang harus dihindari bagi para pemilih gigi rusak. Dimana kandungan yang terdapat di dalam soda dapat mengikis lapisan email gigi dan membuat kerusakan bertambah parah. Bahkan minuman ini juga dapat menyebabkan gigi seseorang menjadi geripis jika dikonsumsi terlalu sering.

  1. Merokok

Merokok menjadi penyebab gigi orang dewasa geripis. Dimana asap rokok yang dikeluarkan melalui mulut sebagian akan menempel pada gigi dan membuatnya menjadi plak yang menebal. Ditambah jika anda malas menggosok gigi, maka kemungkinan terjadinya gigi geripis dan keropos hitam pun akan terjadi meskipun usia masih sangat muda.

Sponsors Link

  1. Jarang Melakukan Perawatan Gigi

Melakukan perawatan gigi bukan hanya dilakukan saat gigi sudah mengalami kerusakan yang parah. Melainkan perawatan ini sangat penting dilakukan untuk menjaga dan mencegah gigi agar tidak mengalami kerusakan. Jika anda jarang melakukan perawatan gigi ke dokter, maka kemungkinan terjadinya gigi geripis bisa saja terjadi dengan cepat apalagi jika anda tidak rutin membersihkan gigi setiap hari.

  1. Kebiasaan Mengemil di Malam Hari

Untuk yang memiliki kebiasaan mengemil di malam hari, mungkin aktivitas semacam ini bisa menjadi teman saat anda kesulitan untuk tidur. Namun kebiasaan ini justru dapat menyebabkan masalah pada gigi termasuk gigi geripis. Saat anda ngemil di malam hari dan langsung tidur tanpa membersihkan gigi terlebih dahulu. Maka sisa makanan akan menempel dan menjadi plak pada gigi.

ads

  1. Meninggalkan Kebiasaan Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Menyikat gigi di malam hari sebelum tidur memang terdengar sangat sepele. Namun banyak orang yang justru meninggalkan kebiasaan ini dengan berbagai macam alasan mereka. Bahkan jika anda tidak terbiasa menyikat gigi sebelum tidur, maka masalah gigi sangat cepat sekali untuk anda alami.

  1. Suka Makanan yang Terlalu Panas atau Dingin

Makanan yang terlalu panas dan dingin bukan hanya menjadi penyebab gigi sensitif. Melainkan juga dapat memperburuk kekuatan enamel gigi. Saat enamel gigi mulai rusak, tentu gigi akan lebih cepat mengalami kerusakan hingga menyebabkan gigi geripis bahkan gigi keropos hitam.

  1. Penggunaan Obat-Obatan

Penyebab gigi geripis pada orang dewasa juga dapat disebabkan karena penggunaan obat-obatan yang anda konsumsi. Bahkan penggunaan obat antibiotik pun dapat memperburuk kesehatan gigi yang berujung pada kerusakan.

Cara Merawat Gigi Geripis

Gigi geripis memang dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada orang dewasa yang kurang menjaga kebersihan giginya. Untuk mencegah kerusakan pada gigi geripis bertambah parah, berikut cara merawat gigi geripis yang benar:

  • Rutin Membersihkan Gigi

Jika sebelumnya anda termasuk orang yang malas menyikat gigi. Maka agar kerusakan gigi tidak bertambah parah. Mulailah untuk rutin menyikat gigi setiap hari. Cara ini sebenarnya cukup mudah anda lakukan. Sayangnya, sebagian orang justru malas melakukan hingga gigi mereka mengalami kerusakan parah. Lakukan sikat gigi setiap hari 2 – 3 kali, terutama di pagi setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur.

  • Lakukan Kebiasaan Berkumur Setelah Makan

Mungkin kebiasaan berkumur setelah makan sangat jarang dilakukan bagi mereka yang memiliki gigi geripis rusak parah. Sebenarnya kebiasaan berkumur setelah makan dapat mencegah gigi agar tidak rusak. Saat anda berkumur, maka sisa makanan yang menjadi penyebab plak pada gigi akan terangkat hingga ke sela-sela gigi yang sulit dijangkau sekalipun. Biasakan untuk selalau berkumur setelah makan agar kerusakan gigi tidak bertambah parah.

  • Melakukan Perawatan Gigi Secara Berkala

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan perawatan ke dokter spesialis gigi. Anda dapat melakukan perawatan gigi secara berkala minimal 1 – 2 kali selama 6 bulan. Hal ini untuk menjaga gigi agar tetap sehat agar gigi geripis pada orang dewasa tidak semakin parah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi