Sponsors Link

Apakah Gigi Hitam dan Keropos Sampai Dewasa Bisa Terjadi?

Sponsors Link

Sebagai orang tua tentunya selalu ingin anaknya memiliki gigi bersih dan juga putih. Akan tetapi tidak sedikit anak yang sering mengalami masalah gigi seperti gigi hitam dan keropos sebab masalah gigi keropos pada orang dewasa juga bisa terjadi pada anak anak. Hal yang sering mengkhawatirkan lainnya adalah masalah gigi yang hitam dan keropos ini apakah bisa terus terjadi hingga anak beranjak dewasa. Lalu, apakah gigi hitam dan keropos sampai dewasa ini memang benar benar bisa terjadi?, silahkan anda membaca artikel berikut ini untuk mengetahui jawaban selengkapnya untuk anda.

ads

Penyebab Gigi Hitam dan Keropos Anak

Gigi yang hitam dan juga gigi yang keropos merupakan masalah gigi yang sangat umum terjadi pada anak anak. Penyebab paling umum dari 2 masalah gigi ini diantaranya adalah:

  • Tidak menjaga kebersihan gigi: Pada saat anak tidak menyikat gigi secara baik, maka bakteri yang ada di dalam mulut bisa membentuk plak dan kemudian menempel pada gigi. Semakin lama, ini bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi anak sehingga gigi mereka akan terlihat kuning dan akhirnya jadi menghitam.
  • Cedera gigi dan gusi: Ketika anak terjatuh saat bermain dan sampai membuat gusi mereka berdarah namun darah tersebut tidak keluar dan juga penyebab gusi bengkak, maka darah bisa menggumpal dalam gusi yang kemudian akan berpengaruh pada warna gigi yakni menjadi biru sampai kehitaman.
  • Mengkonsumsi obat obatan tertentu: Jenis obat yang dikonsumsi oleh anak juga harus diperhatikan dengan baik. Beberapa obat anak yang mengandung zat besi sebenarnya bisa menyebabkan noda pada gigi anak. Selain itu, mengkonsumsi antibiotik tetrasiklin selama masa kehamilan atau menyusui juga bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi keropos pada anak.
  • Bawaan lahir: Penyebab gigi keropos di usia muda dan hitam juga bisa terjadi karena bawaan lahir yakni anak terlahir dalam kondisi terlalu banyak bilirubin dalam darah sehingga membuat gigi anak berubah menjadi hijau atau kekuningan.

Apakah Bisa Terjadi Hingga Dewasa?

Kemungkinan gigi hitam dan keropos sampai dewasa sebenarnya tergantung dari jenis gigi apakah terjadi pada ciri ciri gigi susu atau gigi permanen. Jika gigi keropos dan gigi hitam pada anak adalah gigi susu, maka kemungkinan tidak akan terjadi hingga usia dewasa karena gigi susu tersebut nantinya akan digantikan dengan gigi permanen yang sehat.

Gigi susu pada anak secara bertahap akan tanggal atau copot yang kemudian akan digantikan dengan gigi permanen. Gigi susu tersebut umumnya sudah mulai tanggal di usia 6 hingga 7 tahun dan akan berhenti pada usia 11 hingga 12 tahun. Gigi susu yang copot tersebut akan segera diganti dengan gigi permanen dalam waktu 1 mingu hingga 6 bulan.

Dalam fase gigi copot pada anak ini umumnya masalah gigi hitam atau keropos juga bisa terjadi. Akan tetapi bedanya, gigi permanen akan tumbuh lebih lama ketika menggantikan gigi yang bermasalah jika dibandingkan dengan gigi susu yang sehat. Menurut seorang dokter gigi asal Amerika Serikat, masalah gigi hitam dan gigi keropos pada anak tidak hanya bisa menginfeksi 1 gigi saja namun juga bisa menginfeksi gigi permanen yang akan tumbuh sehingga ciri ciri gigi akan keropos bisa terjadi. Apabila ini dibiarkan, maka membuat gigi susu akan copot dalam waktu yang cepat. 

Sponsors Link

Gigi tanggal atau copot yang terlalu cepat tersebut bisa membuat gigi permanen tumbuh mendesak gigi susu yang lain. Dengan kata lain, gigi permanen bisa tumbuh dengan tidak simetris atau penyebab gigi berubah posisi sehingga akan sulit dibersihkan. Akhirnya, gigi permanen tersebut akan lebih rentan terhadap pengeroposan seperti masalah pada gigi susu yang terjadi sebelumnya. Namun sebaliknya, jika gigi hitam atau keropos pada anak termasuk gigi permanen, maka kemungkinan masalah ini juga bisa terus terjadi sampai dewasa sehingga membutuhkan perawatan lebih lanjut. 

Sponsors Link

Cara Mengatasi Gigi Keropos Anak

Masalah gigi hitam atau keropos pada anak sebenarnya tidak akan terjadi hingga dewasa apabila memang terjadi pada gigi susu. Ini mengartikan jika gigi susu yang rusak akan segera terganti dengan gigi permanen sehat. Namun sehat atau tidaknya gigi permanen juga tergantung dari perawatan yang diberikan. Jika anda membiasakan anak untuk menyikat gigi mereka dengan teratur, maka gigi permanen akan akan terbebas dari risiko kerusakan gigi. Selain itu, lakukan perawatan ke dokter gigi dengan teratur jika masalah gigi keropos dan menghitam sudah terlalu parah, maka dokter nantinya bisa melakukan strain atau pewarnaan gigi atau mencabut gigi untuk menghentikan rantai infeksi pada gigi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini