Sponsors Link

Gigi Hitam Pada Orang Dewasa – Penyebab, Efek Samping dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan suatu hal yang sangat penting, mengingat gigi bukan hanya sebagai alat untuk mengunyah makanan saja, melainkan gigi juga mempengaruhi penampilan yang bisa menambah ataupun mengurangi rasa percaya diri.

ads

Penyebab gigi hitam bisa dari beberapa hal, baik dari segi kebiasaan sehari – hari, pola makan dan minum, maupun dari penyakit. Kali ini Halogigi.com akan membahas mengenai Gigi Hitam Pada Orang Dewasa.

Penyebab

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah penyebab yang paling utama dari gigi hitam dan kerusakan gigi lainnya. Akibat malas menggosok gigi akan terjadi penumpukan plak yang menjadi penyebab karang gigi hitam. Karang gigi membuat gigi menjadi hitam dan keropos.

  1. Kebiasaan Buruk Merokok

Selain buruk untuk kesehatan tubuh, efek rokok juga sangat tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Merokok dapat merusak enamel gigi dan asapnya masuk ke pori – pori gigi, mengendap dan membuat gigi menjadi hitam, rokok juga bisa membuat gigi keropos. Selain itu merokok menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

  1. Makanan Manis dan Minuman Berwarna

Salah satu penyebab gigi hitam adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, karena makanan manis merupakan makanan yang dapat merusak gigi. Makanan manis sangat disukai bakteri gigi untuk membentuk asam yang dapat merusak gigi. Minuman beralkohol dan minuman berwarna seperti kopi, teh, dan minuman soda juga berakibat buruk pada gigi.

  1. Penyakit Karies Gigi dan Pulp Necrosis

Karies gigi tidak lain merupakan kerusakan gigi. Jika gigi sudah rusak seperti berlubang, lalu dibiarkan dan tidak segera di rawat maka gigi cendrung akan berwarna kehitaman.

Sedangkan pulp necrosis atau pulpa nekrotik merupakan matinya pulpa gigi, yang kemungkinan disebabkan oleh trauma gigi. Jika pulpa gigi mati maka gigi akan terlihat berwarna abu – abu kehitam – hitaman.

  1. Pengaruh Obat – obatan

Pengaruh obat – obatan seperti obat kumur yang digunakan untuk megatasi sakit gusi (chlorohexadine), obat yang digunakan untuk menghilangkan jerawat (minocycline), suplemen zat besi, dan beberapa obat antibiotik juga dapat merubah warna gigi menjadi gelap.

Setelah kita mengetahui penyebab mengapa gigi menjadi hitam, berikut apa saja efek samping dari gigi hitam pada orang dewasa ini.

Sponsors Link

Efek Samping

  1. Berkurang Rasa Percaya Diri

Gigi yang hitam sudah tentu akan mempengaruhi penampilan diri. Rasa percaya diri akan berkurang karenanya. Ketika rasa percaya diri berkurang, orang cendrung minder dan tidak mau bergaul. Efek psychology adalah salah satu efek yang di sebab kan oleh gigi yang menghitam.

  1. Resiko Terkena Penyakit Berbahaya

Ini adalah efek yang paling berbahaya dari kerusakan gigi, yaitu efek munculnya penyakit jantung dan strok. Bakteri dan mikroorganisme yang terdapat pada plak akan masuk ke dalam jaringan darah yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah.

ads

Mengingat betapa pentingnya gigi bagi kita, alangkah baiknya jika kita mengetahui bagaimana cara mengatasi gigi yang sudah terlanjur hitam, agar terhindar dari kerusakan gigi yang lebih parah lagi yang bahkan bisa memunculkan penyakit mulut yang lainnya.

Cara Mengatasi

  1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Kebersihan gigi dan mulut seharusnya mendapat perhatian yang serius, tetapi kita sering mengabaikannya. Kita lupa akan pentingnya menggosok gigi. Hanya menggosok gigi saja tidak dapat membersihkan gigi secara keseluruhan. Sikat gigi 2 kali sehari, sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur malam adalah waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, untuk memperbaiki enamel gigi yang rusak.

Selain menyikat gigi dengan fluoride, lakukan pembersihan gigi dengan benang gigi atau flossing untuk plak di sela – sela gigi yang tidak dapat di jangkau oleh sikat gigi. Jangan lupa bersihkan juga lidah dengan alat pembersih lidah. Sekali – sekali berkumur dengan obat kumur untuk menghilangkan plak yang menempel di pangkal gigi.

  1. Menjaga Pola Makan dan Minum

Hindari makanan yang manis – manis karena bakteri gigi yang bertemu dengan makanan manis akan cepat berkembang biak. Hindari minuman berwarna seperti kopi, teh, soda, dan alkohol, karena permukaan gigi sangat berpori, sehingga minuman berwarna mudah meresap dan mengendap pada gigi. Minumlah kopi menggunakan sedotan, dan menyikat gigi setelah minum minuman berwarna. Lebih dianjurkan minum teh hijau dari pada teh berwarna, dan jika minum kopi lebih baik tambahkan sedikit susu segar untuk membuat warna menjadi agak cerah, selain itu anda juga mendapatkan vitamin D yang terkandung di dalam susu.

Makanlah makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung kalsium, vitamin dan serat, seperti kismis, sayur – sayuran segar, dan buah – buahan. Buah strobery dan lemon mengandung serat alami yang dapat membersihkan gigi.

  1. Meninggalkan Kebiasaan Buruk Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan tubuh dan gigi, oleh sebab itu berhentilah dari kebiasaan merokok.

  1. Mengunakan Cara Alami

Beberapa cara alami, antara lain:

  • Garam dan Lemon: Peras lemon, lalu airnya campur dengan sedikit garam, kemudian gosokkan perlahan pada gigi yang hitam. Lakukan hanya seminggu sekali atau 2 kali sebulan saja.
  • Kulit Jeruk: Ambil kulit jeruk yang masih segar, cuci hingga bersih, gosokkan bagian dalamnya pada gigi yang hitam. Lakukan setiap hari.
  • Kulit Pisang: Ambil kulit pisang, cuci bersih, kemudian gosokkan kulit pisang bagian dalam pada gigi. Lakukan setiap hari.
  • Arang: Ambil arang dari kayu, gosokkan perlahan pada gigi, kemudian berkumur. Lakukan hanya seminggu sekali atau 2 kali sebulan saja.
    Sponsors Link

  • Baking Soda dan Lemon: Siapkan baking soda secukupnya dan air perasan lemon, campur hingga berbentuk pasta. Kemudian gunakan pada saat menggosok gigi. Lakukan hanya seminggu sekali.
  • Buah Strobery: Kunyah buah strobery, walaupun rasanya asam tetapi strobery mengandung asam malat yang dapat membersihkan gigi.
  • Siwak: Siwak adalah batang kayu yang lembut. Ambil dan gosokkan perlahan paga gigi. Siwak sudah sejak zaman dahulu digunakan untuk membersihkan gigi.
  1. Rutin Berkonsultasi Dengan Dokter

Mengunjungi dokter dan berkonsultasi minimal 6 bulan sekali adalah hal yang baik untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Gigi hitam yang di sebabkan oleh plak – plak yang telah menumpuk akan sangat sukar untuk dibersihkan. Hanya dokter gigilah tempat yang baik untuk membersihkan karang gigi hitam yang sudah mengeras. Dokter akan memberi saran dan merawat, bahkan mengambil tindakan yang tepat untuk kebaikan dan kesehatan gigi anda.

Gigi Hitam Pada Orang Dewasa yang telah di bahas oleh Halogigi pada artikel diatas, semoga bermafaat dan dapat menambah pengetahuan anda. Semoga juga dapat membantu anda mengetahui penyebab, efek samping, dan cara mengatasinya bila hal ini terjadi pada anda maupun orang – orang disekitar anda. Nantikan artikel – artikel informativ kami lainnya dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini